Bangek Nihan

Blog berbagi tips menarik dan beragam informasi

Showing posts with label ragam informasi. Show all posts
Showing posts with label ragam informasi. Show all posts

Friday, August 3, 2018

Landasan Hukum Tujuan dan Sasaran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)


Logo Usaha Kesehatan Sekolah(UKS)


Apakah Landasan Hukum Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Indonesia?

Usaha Kesehatan Sekolah atau yang disingkat dengan UKS mempunyai landasan hukum yang menjadi Peraturan baku sebagai kekuatan tempat terpijak atau titik tolak dalam melaksanakan kegiatan ini, yaitu :

1. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1992 Pasal 45, yaitu

Tentang Kesehatan sekolah ditegaskan bahwa “Kesehatan Sekolah” diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik dalam lingkungan hidup sehat sehingga peserta didik dapat belajar, tumbuh, berkembang secara harmonis dan optimal sehingga diharapkan dapat menjadikan sumver daya manusia yang berkualitas.

2. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 3 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu :

Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, beriman, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

3. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1992 bab V Tentang Kesehatan dalam Pasal 45 ayat (1), menjelaskan bahwa

"kesehatan sekolah diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan hidup peserta didik dalam lingkungan hidup sehat sehingga peserta didik dapat belajar tumbuh berkembang secara harmonis dan optimal menjadi sumber daya manusia yang lebih berkualitas."

4. Undang-undang nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan

5. TAP MPR No. II Tahun 1988

Tentang Tujuan Nasional dilaksanakan dalam rangka pembangunan manusia seutuhnya dan pembangunan seluruh masyarakat Indonesia.

6. Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri, Menteri Kesehatan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri dalam Negeri Republik Indonesia Nomor: 0408a/U/84/319/Menkes. SKB/1984, 74/tahun 1984 dan Nomor 60 Tahun 1984 :

Tentang Pokok-pokok Kebijakan Pembinaan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), yang diperbaharui menjadi :

nomor 6/X/PB/2014, Nomor 73 Tahun 2014, Nomor 41 Tahun 2014, dan Nomor 81 Tahun 2014.

6. Nomor 2/P/SKB/2003 ; Nomor 1068/Menkes/SKB/VII/2003 ; Nomor MA/230/B/2003, Nomor 445-404 tahun 2003 tanggal 23 Juli tentang Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah

Apa tujuan dan sasaran dari kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah?


Pihak Sekolah sangat menyambut baik kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (dokumen pribadi)


Tujuan dari kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah :

Meningkatkan mutu dari pendidikan dan juga prestasi belajar para peserta didik melalui peningkatan perilaku hidup yang bersih dan sehat serta mengangkat derajad kesehatan peserta didik atau warga sekolah dan juga untuk menciptakan lingkungan yang sehat sehingga tercapainya pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal dalam rangka membentuk manusia Indonesia seutuhnya.

Sasaran dari kegiatan Usaha Kegiatan Sekolah (UKS) adalah :

Peserta didik di sekolah, satuan pendidikan luar sekolah, guru, pamong belajar, pengelola pendidikan, pengelola kesehatan dan masyarakat.


Dokumen pribadi saat Tim Evaluasi Kabupaten Lampung Barat "mengadakan evaluasi sekaligus pembinaan ke sekolah"


Monday, May 28, 2018

Belanja Nyaman di Chandra Supermarket Bandar Lampung

Belanja nyaman di chandra supermarket Bandar Lampung. Belanja nyaman di "chandra supermarket". Sampai saat ini tempat belanja keperluan rumah tangga dan kebutuhan lainnya, seperti pakaian serta kebutuhan lainnya merasa nyaman belanja di chandra supermarket. Lokasinya sangat strategis ada di pusat kota Bandar lampung.

Sebenarnya chandra supermarket lainnya ada di Teluk Betung Lampung. Chandra supermarket Untuk saat ini telah memiliki banyak cabang di berbagai kota penting di provinsi Lampung, Metro, Pringsewu, Bandar Jaya, dan Kota Agung di Kabupaten Tanggamus.

Karena Ummi ada di Bandar Lampung sudah pasti chandra supermarket Bandar Lampung yang menjadi target belanja saya. Minggu saatnya belanja-belanja untuk keperluan harian keluarga. Karena sebentar lagi hari raya Fitri jadi sekalian belanja untuk keperluan hari raya Idul Fitri.

Lokasi Mall Chandra Supermarket Bandar Lampun ada di :

Pusat kota Bandar Lampung.
Beralamat di jalan Hayam Wuruk Kebon jeruk, No. I Tanjung Baru Tanjung Karang Timur, Kelurahan Kedamaian Bandar Lampung, Lampung 35125. Buka dari jam 10.00 wib sampai dengan 22.00 wib.

Hari libur biasanya lebih ramai pengunjung yang ingin berbelanja di Mall ini, terlebih lagi bila menghadapi hari-hari besar seperti sebentar lagi akan hari raya Idul Fitri.

Mengapa belanja nyaman di chandra supermarket Bandar Lampung ini? Tentu saja merasa nyaman karena ada banyak fasilitas sesuai dengan kebutuhan, diantaranya :

* Halaman parkirnya luas
* Tempatnya strategis
* Kasirnya manis dan cekatan
* Ada banyak diskon di chandra supermarket departemen store.
* Ada mushallanya
* Kamar kecilnya bersih
* Tempat bermain anak banyak pilihan
* Ada banyak pilihan merk branded dari pakaian, tas, sepatu, ikat pinggang dan masih banyak lagi, kosmetik juga ada. * Lengkap untuk keperluan hari-hari, buah, sayur, lauk, bumbu-bumbu.
* Perabotan rumah tangga juga ada

Kalau sudah berada di Mall Chandra Supermarket tidak terasa waktu yang terus berjalan, tapi tidak perlu khawatir bila waktu shalat tiba karena di sini ada mushallanya yang cukup lua, buat yang kelupaan membawa perlengkapan shalat disini menyediakan perlengkapan shalat (mukena) yang selalu bersih dan tempat wudhu yang akan membuatmu tidak akan ragu untuk menggunakannya, pokoknya ok banget deh.

Belanja di Chandra Supermarket Lampung di satu tempat ini kita bisa mendapatkan semua keperluan hari-hari, karena disini juga menyediakan keperluan dapur jadi tidak membuat ribet harus pindah tempat mencari keperluan dapur lagi, kalau aku cocok banget belanja di sini apalagi di bulan Ramadhan jadi bisa berhemat energi agar tidak terlalu lelah demi belanja untuk keperluan rumah tangga.

Ada pointnya juga loh, kamu bisa kumpulkan pointnya dan tukarkan dengan hadiah-hadiah menarik.



Sambil menunggu sang Ummi menuntaskan belanja-belanjanya, gadis kecil Ummi dengan ditemani asisten aman bermain-main di zona bermain jadi nggak rewel dan Ummi tidak terganggu saat berbelanja.

Kasirnya banyak juga ramah dan cekatan jadi tidak dibuat kesal karena ngantri, ini salah satu yang mendatangkan rasa nyaman untuk belanja nyaman di chandra supermarket Lampung.

Dah ya, semoga kamu terbantu dengan postingan ini terutama buat kamu yang berada di Bandar Lampung, tidak perlu khawatir SPG nya ramah-ramah kok siap melayanimu dengan ramah. Tambahan info security atau tingkat keamanan cukup bisa dipercaya ini menurut pengalaman pribadi admin.

Saturday, May 26, 2018

Cara Allah Menggiring Menjemput Rezeki

Cara Allah menggiring menjemput rezeki. Tulisan sederhana ini terinspirasi dalam kehidupan seharian saja bukan dakwah apa lagi menggurui, sangat senang bila tulisan ini ada manfaatnya bagi orang lain.



Berawal dari Penjual Remot Parabola Keliling, sudah sangat lama remot parabola di rumah rusak. Kerusakannya pun tidak diketahui karena apa, pernah coba ganti baterainya hasilnya tetap tidak respon, akhirnya manual saja pencet-pencet langsung diservernya.

Pernah juga mau beli di toko, tapi ragu nanti tidak terpakai. Dulu banget pernah pengalaman beli remot TV ya begitu deh tidak terpakai karena tidak respon. Memang harganya tidak terlalu mahal juga sih, tapi kalau tidak terpakai jadi mubazir kan.

Sabtu pagi ini saat sedang bersih-bersih halaman ada suara yang tak biasa di gang depan rumah. Tak biasa maksudnyanya yang biasa ada tuh penjual makanan atau penjaja koran.

"Remot, .... remot parabola!" Dengan suara yang berulang-ulang dan kalimat yang sama.

Saya sempat kaget juga sih, belum pernah mendengar ada penjual remot yang keliling dan lewat depan rumah. Masih dengan perasaan heran saya panggil tuh si mamang.

"Jual apa servis remot mang?"

"Jual remot parabola neng!"

"Oh gitu, coba saya mau lihat mang!"

Si mamang penjual remot itu pun mendekat. Dengan tas ransel berwarna hitam mengenakan jaket orange ditangan kanannya memegang contoh remot yang akan dia jual. Kemudian dia mengeluarkan beberapa remot dari dalam tas ranselnya.

Sementara dia membuka salah satu remotenya dan memasukkan dua batrai ukuran kecil. Saya mengamati satu persatu. Ada beberapa tipe, warnanya hitam dan abu-abu. Dalam kotak fan terbungkus plastik dengan rapih.

"Terus, gimana saya tahu kalau remot ini cocok untuk parabola yang saya punya mang?"

"Iya kita tes dulu neng, ini ada macam-macam merk mungkin ada yang cocok, kalau tidak cocok saya tidak jual neng."

"Oh gitu, kalau gitu silahkan masuk saja mang!"

Kemudian mamang penjual remot masuk dengan membawa beberapa remot miliknya dan mulai sibuk mencoba beberapa remote sambil mengarahkan pada server parabola. Saya lihat ada empat remot yang dia coba sampai akhirnya remot kelima baru merespon.

"Mamang tinggal dimana?" Saya sekedar berbasa-basi karena dia masih terus mencoba tombol-tombol yang ada pada remot, mungkin untuk memastikan bahwa remot itu benar-benar pas atau cocok.

"Saya tinggal di pasar neng, kalau keluarga saya ada di Serang." Jarak pasar dengan tempat saya tinggal butuh waktu lima belas menit dengan kendaraan bermotor tanpa macet dan si mamang ini berjalan kaki.

"Loh, merantau ya mang?"

"Iya neng, in syaa Allah deket lebaran nanti mudik."

Sungguh ini adalah Cara Allah menggiring menjemput rezeki. Dalam hati saya salut sama mamang ini, mencari rezeki dengan cara berkeliling menjajakan remote, jauh dari keluarga. Saya sempat bertanya dalam hati saja, "kenapa dia tidak jualan di Serang aja ya? Kalau di kota mungkin pembelinya lebih banyak."

Memang Allah itu sudah menjamin rezeki seseorang tinggal bagaimana cara kita mendapatkannya. Apakah kita akan menjemput rezeki dengan cara halal yang dibenarkan oleh Allah atau kita akan menjemput rezeki dengan cara yang tidak dibenarkan oleh agama atau cara yang tidak mulia.

Berdagang keliling, seperti menjajakan remote yang dilakukkan mamang ini bukanlah hal yang hina. Cara menjemput rezeki demi memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarganya dia rela berkeliling sambil menawarkan jualannya. Cara menjualnya pun tidak asal terjual saja barang dagangannya, dia rela mencoba satu demi satu hingga benar-benar yakin cocok, kemudian dia menawarkan dulu agar saya si pembeli mencoba tombol-tombol hingga benar-benar puas dan yakin barang bisa digunakan. Dan ini semacam cara menjemput rizki yang dibenarkan oleh ajaran agama. Selain dia mendapatkan rezekinya dia juga membantu orang lain.
Contohnya saya :

* saya bisa mendapatkan remote parabola tanpa harus kecewa karena bisa langsung mencobanya , apakah bisa digunakan atau tidak

* saya tidak perlu berlelah keluar jauh dari rumah untuk memdapat remote, walau selama ini saya sudah tidak berniat untuk membeli remote parabola guna mengganti remote yang sudah lama rusak

Begitu indah cara Allah menggiring seseorang untuk mendapatkan rezekinya bagi yang ingin berusaha tentu saja. Saya yang sudah tidak punya rencana untuk membeli remote ternyata karena rezeki beliau saya jadi membeli remote jualannya. Siapa sangka pagi ini ada orang dari Serang menjemput rezeki dari Allah lewat tangan saya? Siapa pula yang menyangka bahwa pagi ini rezekinya dari Allah ada di pelosok daerah terpencil yang jauh dari tempat kelahirannya?

Sengaja saya share di blog bangek nihan dengan harapan bisa menjadi pengingat bagi diri saya pribadi bahwa jadi manusia itu harus pandai bersyukur sekecil apapun rezeki dari Allah selama kita selalu bersyukur akan cukup karena Allah akan mencukupi dan sebesar apapun rezeki yang kita dapati tak akan cukup apabila kita kufur akan nikmat Allah, nauzu billahi min zalik. Kita berlindung dengan Allah daripada perkara (perkara buruk) tersebut (daripada mengenai kita).

Selamat berpuasa dan semoga ada hikmah yang bisa dipetik dari tulisan yang sangat sederhana ini, saya kesulitan cari judulnya, akhirnya saya putuskan dengan judul Cara Allah menggiring menjemput rezeki.

Thursday, May 24, 2018

Nikmatnya Daun Singkong Maag Kumat



Nikmatnya Daun singkong maag kumat, saya punya riwayat sakit maag yang lumayan parah. Alhamdulillah sudah cukup lama tidak kumat lagi. Beberapa artikel menyebutkan bahwa penyakit maag bisa menyerang seseorang adalah karena pola makan yang tidak teratur dan hal ini saya percayai karena memang pola makan saya awalnya memang benar-benar sangat buruk.

Rasa sakit pada ulu hati atau maag ini bila sudah kambuh, masyaallah .... saya sangat tersiksa nyerinya sangat luar biasa dan sangat mengganggu aktivitas harian saya. Sambil berobat rutin pada dokter keluarga dan saya juga mengikuti saran-sarannya termasuk membawa bekal saat beraktivitas, makan sedikit-sedikit tapi sering, jam makan yang teratur pada intinya memperbaki pola hidup yang sehat, alhamdulillah saya terbebas dari penyakit maag yang sangat menyiksa.

Kejadian ini terjadi kemarin sore setelah buka puasa, hari ini saya free tidak ada jadwal safari Ramadhan jadi saya buka puasa di rumah. Saat makan malam saya mengambil daun singkong rebus. Menu lainnya biasa ada tempe goreng, pindang tulang iga, ikan mujair goreng tepung hari ini ibu jadi koki menyiapkan menu buka puasa dan makan malam, bukan saya yang memintanya melainkan beliau sendiri yang ingin melakukkannya kalau dilarang biasanya beliau tersinggung intinya beliau masih ingin dianggap bahwa masih bisa melakukkan banyak hal untuk orang lain. Saya ambil bagian juga dong nggk mungkin saya biarkan ibu bersibuk-sibuk sendiri di dapur hehe ...

Saat saya makan daun singkong tidak terpikirkan sama sekali dengan penyakit maag yang pernah saya derita dan saya sudah lama tidak makan daun singkong rebus alhamdulillah saat makan daun singkong memang nikmat sekali dicocol sambal yang tidak terlalu pedas karena ibu dan saya sendiri tidak suka pedas. Memang enak, tapi saya makan daun singkong tidak terlalu banyak hanya beberapa helai saja itupun saya ambil yang masih sangat muda karena saya lihat ibu sangat menikmati daun singkong rebus ini jadi saya memilih untuk mengalah saja.

Selesai shalat tarawih, saya shalat tarawih sendiri di rumah maksudnya tidak berjamaah di masjid karena sudah beberapa malam ini saya mengikuti kegiatan Safari Ramadhan keliling kampung jadi khusus untuk malam ini saya full menemani ibu dan gadis kecil saya di rumah. Tiba-tiba saya merasakan nyeri ulu hati yang sangat luar biasa.

Saya berusaha untuk tetap berpikir positif karena saya yakin pikiran positif bisa meringankan rasa sakit yang saya rasakan. Pikiran positif bisa juga disebut sugesti, ya saya mensugesti diri saya bahwa saya tidak akan sakit dan rasa sakit pasti akan segera hilang.

Sambil terus menghilangkan rasa nyeri ulu hati dalam pikiran saya, saya mengambil segelas air putih hangat dan saya minum seteguk demi seteguk hingga habis satu gelas air putih hangat.

Saya perhatikan ibu saya, beliau terlihat biasa saja tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan kalau beliau merasa tak enak atau tidak nyaman dalam hati saya bersyukur kepada Allah hanya saya yang merasakan nyeri di ulu hati ini.

Saya kemudian masuk kamar dan tidur lebih awal. Saat bangun sahur saya masih merasa nyeri di ulu hati yang sangat menyiksa sampai rasa tak sanggup untuk menyediakan menu makan sahur. Kemudian saya minum lagi segelas air hangat. Saya juga sempat membaluri perut dengan minyak gosok ( freshchare).

Saya sedang berusaha menghindari obat-obat maag, seperti milanta, promaag dan yang sejenisnya hanya untuk sementara waktu. Usai sahur saya minum lagi segelas air putih hangat. Saat menjelang imsyak saya sudah tidak tahan untuk BAB. Selesai BAB rasa nyeri ulu hati mulai terasa berkurang. Alhamdulillah sekarang nyeri ulu hati saya benar-benar hilang dan tak sabar untuk berbagi informasi ini kepada pembaca blog Bangek Nihan.

Sebelum saya menulis tentang Daun singkong maag kumat, saya sempat berselancar di google salah satunya yang saya dapatkan artikel yang memuat : makanan yang harus dihindari saat maag dalam artikel tersebut salah satunya menyebutkan daun singkong, akhirnya saya berpikir boleh jadi daun singkong termasuk salah satu penyebab maag saya kumat, meskipun maag saya sudah tidak kumat lagi menurut saya lebih baik saya hindari saja makanan yang disebutkan dalam artikel detik.com tersebut.

Memang penyakit itu bisa saja datang sebagai peringatan dari Allah dan atas izin Allah pulalah penyakit bisa sembuh, tapi sebagai syariat atau usaha untuk sehat lebih baik dihindari saja makanan yang bisa membuat nyeri ulu hati (khususnya saya) kumat lagi. Sakit itu memang sangat tidak enak karenanya sebelum sakit berhati-hati sajalah dalam soal makanan dan jauhi gaya hidup yang tidak baik lainnya.

Saya tidak tahu apakah informasi pengalaman pribadi ini ada manfaatnya bagi orang lain yang jelas tulus dari hati berbagi dan semoga Allah ridha agar tulisan sederhana ini mendapat kebaikan yang banyak baik di dunia maupun dikehidupan yang kekal nantinya, aamiin Allahumma aamiin.

Salam hangat dari saya selamat menjalankan ibadah puasa 1439 H, semoga ibadah kita diridhai Allah serta semoga sehat selalu dan dihindarkan dari segala macam penyakit.

Keterangan : Sumber foto google

Wednesday, May 23, 2018

Safari Ramadhan Hanya Ada di Bulan Penuh Berkah

Safari Ramadhan Hanya Ada di Bulan Penuh Berkah. Agenda tahunan yang selalu dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Lampung Barat salah satunya, yaitu Safari Ramadhan. Adalah suatu kebahagiaan bisa tergabung dalam tim safari Ramadhan, mengapa? Moment Safari Ramadhan ini punya banyak manfaat dan tujuan. Sangat sayang rasanya bila melewatkan moment kebersamaan ala Safari Ramadhan yang selalu digelar setiap tahun.

Mungkin di daerah lain juga ada acara Safari Ramadhan. Safari Ramadhan biasanya terdiri dari beberapa tim. Di Lampung Barat Safari Ramadhan dibentuk tiga tim dalam setiap tim terdiri dari beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (KOPD) atau Kepala Dinas (Kadis) dan Musyawarah Pimpinan Daerah (MUSPIDA) atau Muspida tingkat II yaitu : Bupati, Kapolres, Dandim, Kepala Kejaksanaan Negeri (Kajari), dan Ketua Pengadilan Negeri (PN).

Tim I dipimpin oleh Bapak Parosil Mabsus selaku bupati Lampung Barat.
Tim II dipimpin oleh Bapak Mad Hasnurin, wakil bupati Lampung Barat dan Sekretaris Daerah, Akmal Abdul Naser.
Tim III dipimpin oleh Ketua DPRD kabupaten Lampung Barat Edi Novial,S.kom.
Tim-tim Safari Ramadhan ini akan mengunjungi kecamatan-kecamatan yang ada di Lampung Barat selama bulan Ramadhan.

Kemudian apa saja tujuan dan manfaat dari Safari Ramadhan yang hanya ada di bulan penuh berkah ini? Tentu sangat banyak dan momen ini menjadi moment yang sangat dinanti-nantikan oleh sebagian besar masyarakat Lampung Barat, diantaranya :

1. Silaturahmi

Safari Ramadhan menjadi alat yang sangat efektif untuk menyambung tali silaturahmi dengan masyarakat yang berada di pekon-pekon. Masyarakat berbondong-bondong hadir di masjid yang ditunjuk dan berada dikecamatan tempat tinggal mereka, mereka sangat menyambut baik agenda safari Ramadhan ini karena bisa bertemu langsung dengan pemimpinnya. Tidak hanya bertemu, tapi juga melaksanakan shalat maghrib, Isya dan juga shalat tarawih bersama. Masyarakat juga diberikan waktu untuk beramah-tamah, menyampaikan hal-hal yang ingin disampaikan sambil menunggu bedug Maghrib tiba tanda berbuka puasa, tak heran bila setiap moment Safari Ramadhan masyarakat sangat antusias demi memanfaatkan kesempatan moment ini dengan sebaik-baiknya.

2. Menyalurkan bantuan

Tim Safari Ramadhan juga bertujuan untuk menyampaikan bantuan dan menyalurkan dana zakat profesi. Bantuan untuk masjid, seperti sajadah dan uang pembangunan masjid. Penyaluran zakat profesi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) serta pegawai yang berada dipemerintahan Lampung Barat.

Safari Ramadhan hanya ada di bulan penuh berkah menjadi sangat bermakna dan bermanfaat selama disikapi dengan positif akan sangat banyak manfaat yang diambil. Bapak bupati menyampaikan lewat sambutannya, bahwa :

"bila bantuan yang diberikan dihitung-hitung bisa dibilang tidak seberapa nominalnya, tapi inilah kemampuan pemerintah daerah sebagai tanda kasih kepada masyarakat Lampung Barat. Semoga bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Bupati juga mohon doa agar para penyalur zakat profesi ini diberikan keberkahan baik dalam melaksanakan tugas-tugasnya, rezekinya dan diberikan kesehatan agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Masih dalam sambutannya bupati juga sampaikan agar Safari Ramadhan ini bisa dilanjutkan ke tingkat kecamatan, kelurahan, desa atau pekon untuk mempererat tali silaturahmi terlebih di bulan penuh maghfiroh ini.

Tak lupa pula bupati menyosalisasikan program-program pemda dan juga mohon pada masyarakat untuk memberi dukungan atas program-program pemerintah daerah, karena tanpa dukungan dari masyarakat program-program yang akan dilaksanakan tidak bisa berjalan dengan sukses".

Berikut ini tayangan video saat pak bupati akan menyampaikan sambutannya yang Ummi beri gelar :Safari Ramadhan Hanya Ada di Bulan Penuh Berkah sekedar melengkapi postingan saja.

Wednesday, May 16, 2018

Keceriaan Menyambut Bulan Ramadhan

Keceriaan menyambut bulan Ramadhan. Ramadhan Semakin Dekat Apa yang Ada dalam pikiranmu? Suka cita menyambut bulan suci Ramadhan terlihat hampir disetiap penjuru kota. Aktifitas yang menunjukkan kebahagiaan umat muslim akan datangnya bulan suci Ramadhan sangat beragam.

Ada banyak keceriaan menyambut bulan Ramadhan, diantaranya berdasarkan fenomena yang terlihat di lingkungan terdekat lingkup terkecil yang berhasil Ummi soroti, ingin tahu? Berikut uraian dan harapan :

1. Pasar

Ya pasar lebih ramai dari hari-hari biasa saat jauh dari bulan Ramadhan akan tiba. Tampak sekumpulan ibu-ibu berbincang harga sembako yang mulai merangkak naik.
"Aduh, gimana ini gula merah naik, bawang naik, mengapa setiap tahun menjelang Ramadhan harga-harga melambung tinggi?" Keluh seorang ibu di pasar tradisional sambil memilih bawang merah.

Tanpa kita sadari sebenarnya bukan bulan Ramadhan penyebabnya harga kebutuhan pokok naik, tapi karena ulah kita sendirilah yang menyebab harga-harga menjadi naik. Bukankah sudah menjadi rumus umum, bahwa permintaan akan barang melonjak karena sifat konsumtif kita bisa menyebabkan naiknya harga barang-barang kebutuhan.

Kita lupa bahwa momentum bulan Ramadhan salah satunya adalah untuk menahan hawa nafsu termasuk hawa nafsu ingin ini ingin itu yang belum tentu dibutuhkan segera.

Namun kegembiraan menyambut bulan suci Ramadhan membuat pasar menjadi ramai tidak seperti biasanya. Aktifitas belanja untuk persiapan Ramadhan dari sembako hingga baju koko menjadi ciri khas yang sering terjadi. Jilbab dan gamis cantik juga laris manis. Mukena pun menjadi target pembeli, semoga ini adalah berkah bulan Ramadhan. Tapi bijaklah dalam belanja jangan sampai salah kaprah dengan kegembiraan menyambut bulan penuh berkah bulan Ramadhan.

2. Masjid bersolek

Keceriaan umat Islam dalam menyambut bulan suci yang termasuk dalam kelompok rismawan dan rismawati maupun yang tidak tampak ceria bersih-bersih masjid. Pada umumnya rasa suka cita yang positif ini hendaknya akan terus terpatri hingga Ramadhan berlalu. Masjid tetap ramai dengan jemaah yang shalat berjamaah di masjid. Memakmurkan masjid semoga tidak hanya di bulan Ramadhan saja. Sebagian besar umat muslim benar-benar tak ingin melewatkan persiapannya untuk menyambut dan memasuki bulan ke sembilan di bulan Hijriyah tersebut, yaitu bulan yang mulia yang selalu dirindukan kehadirannya setahun sekali karena di bulan ini saatnya umat muslim meraih pahala sebanyak-banyaknya, bulan Ramadhan.

3. Agenda Ramadhan

Ada yang sudah mempersiapkan agendanya sebagai jadwal aktifitas yang akan dilaksanakan di bulan Ramadhan. Ada yang akan bertilawah satu jus satu hari, bahkan ada yang akan meningkatkan tilawahnya yang sebelum Ramadhan tiba satu hari satu jus karena di bulan Ramadhan akan meningkatkan tilawahnya dua jus, tiga jus bahkan lebih, subhanallah indahnya di bulan Ramadhan.
Ada juga yang merubah penampilannya yaitu berpakaian syar'i. Masyaallah, semoga setelah Ramadhan berakhir semua yang baik-baik akan melekat dan tetap menjadi kebiasaan yang tidak musiman saja, aamiin ya Robbal'allamiin.

4. Moment silaturahim dan minta maaf

Meskipun ada sebagian ulama mengatakan tidak ada tuntunan yang sahih mengenai bermaaf-maafan dalam rangka menyambut bulan Ramadhan, karena sejatinya saling meminta maaf adalah setiap waktu namun tradisi saling mengunjungi bersilaturahim untuk meminta maaf dan mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa menjadi tradisi yang selalu ada dalam menyambut bulan penuh berkah ini. Media sosial juga dibanjiri oleh ucapan selamat menunaikan ibadah puasa, semua itu adalah ekspresi kebahagiaan dalam menyambut bulan penuh berkah.
Semoga niat mengeruk pahala di bulan Ramadhan ini tidak terhalangi oleh dosa kepada sesama makhluk-Nya dengan adanya kemaafan diantaranya. Serta sang maha pengampun sudah dan akan mengampuni dosa-dosa kita.

Bulan Ramadhan adalah bulan tarbiyah, bulan pendidikan selama satu bulan penuh. Dimana kita selama satu bulan dididik untuk sabar, untuk berbagi, untuk jujur, untuk selalu merasa diawasi oleh Allah.

Di didik sabar, sabar ketika perut lapar melihat makanan halal tersaji menunggu waktu dibolehkan untuk menyantapnya.

Di didik untuk berbagi, peduli, rasa lapar menjadikan kita untuk merasakan bagaimana orang yang kesusahan tidak mempunyai makanan sehingga lahir rasa peduli, rasa prihatin dan tumbuh rasa ingin memberi pada orang lain.

Di didik untuk jujur, jujur dalam perkataan dan perbuatan. Meskipun makanan terhidang karena sedang berpuasa dan tidak ada yang melihat, tapi orang jujur sedang berpuasa tak akan memakannya.

Di didik untuk selalu merasa diawasi oleh Allah, sehingga setiap apa yang akan dia perbuat yang akan membatalkan maupun yang akan menghilangkan pahala puasanya dia takut untuk melakukkannya, karena ia yakin Allah melihatnya.

Sedikit sharing tentang keceriaan menyambut bulan Ramadhan, semoga kita dipertemukan dengan bulan suci Ramadhan yang sebentar lagi akan kita masuki dan diberi kesehatan sehingga kita bisa menjalakan ibadah di bulan Ramadhan tahun ini lebih baik dari tahun yang lalu.

Friday, May 11, 2018

Kewajiban Seorang Blogger



Apa kewajiban seorang blogger? Kalau kata kang Djangkaru Menjadi Blogger yang Ramah itu Kewajiban, hem apa saja yang beliau katakan? Silahkan berkunjung ke blog beliau obati rasa ingin tahumu dan jangan biarkan rasa penasaran mengganggu pikiranmu sehinga tidur tak nyenyak makan pun tak enak.

Mengapa dan apa sebabnya blogger ramah itu menjadi kewajiban. Setiap blogger punya keunggulan masing-masing. Admin-admin blog juga punya tujuan yang berbeda-beda dalam mengelola blognya. Nah! Agar kamu bisa mendapatkan kejelasan yang lengkap yang tak lebih dan tak kurang apasih yang beliau katakan sebaiknya kamu segera berkunjung ke blog kang Djangkaru. Kamu tidak perlu takut dan sungkan meski beliau terkesan pendiam (sok tahu ni ye ....), tapi beliau ramah kok. Kalau tak ramah mana mungkin dia berani membuat artikel yang mengatakan kewajiban yang dimiliki seorang bloger salah satunya adalah ramah.

Tulisan ini sudah pasti terinspirasi dari tulisan sang master Djangkaru Bumi. Seorang blogger salah satunya berkewajiban untuk bersikap ramah, lalu apa lagi yang menjadi kewajiban seorang blogger :

1. Menulis

Menulis adalah kewajiban seorang blogger, menuangkan segala macam ide dan kreativitas kedalam sebuah tulisan itu adalah kewajiban bagi seorang bloger. Terlebih lagi bagi kamu yang mempunyai cita-cita dan impian besar untuk menjadi seorang blogger yang sukses memiliki banyak artikel. Terlepas kemampuan kamu untuk menerapkan tekhnik SEO (Search Engine Optimization) ke dalam tulisan-tulisanmu yang pada intinya kamu wajib menulis. Tanpa menulis di blog apa yang akan kamu sajikan untuk blog kesayangan yang kamu kelola.

Kalau berkunjung ke rumah seseorang, mungkin rumah teman kamu akan mendapat sajian, seperti minuman dan cemilan ringan atau mungkin sekedar ngobrol ringan.

Nah, blog ada yang mengibaratkannya sebagai rumah. Bila demikian adanya layaklah ada sajian di rumah tersebut.

Apa sajian yang bisa disuguhkan di blog? Sudah tentu sebagian besar tulisalah yang bisa disajikan di blog. Kamu bisa menentukan tulisan yang sesuai dengan style mu, baik itu cerita fiksi, puisi, resep-resep, yang pasti bentuk sajian tulisan sesuai dengan kemampuanmu agar kamu tidak merasa terbebani dan membuatmu bingung atau kehabisan bahan yang akan kamu sajikan di blog kesayanganmu.

2. Jangan merasa lebih unggul

Ngeblog sebagai sarana belajar menambah pengetahuan dan mengasah kemampuan, seorang blogger wajib memiliki sifat ini, yaitu jangan merasa unggul dari orang lain karena setiap orang punya keunggulannya masing-masing. Kalau kamu merasa ada teman yang lebih unggul darimu, jadikan dia sebagai penyemangat agar kamu bisa terus berbenah dan meningkatkan kemampuanmu.

3. Jangan saling ganggu

Wajib Jangan saling ganggu, sesama pemilik blog adalah teman. Masalah rezeki sudah ada yang mengatur. Rezekimu tak akan tertukar apalagi salah alamat. Kelola saja blog kita dengan baik. Kalau ada yang bertanya dan meminta bantuan jawablah dengan baik, kalau tak bisa membantu katakan pula dengan baik. Bahkan kalau tidak bisa membantu dan kamu tahu tempat bertanya yang bisa menjadi solusi dari pertanyaannya kamu bisa sarankan padanya. Dari pada saling ganggu lebih baik saling bantu.

4. Menjalin silaturahmi

Pengelola blog bukan tak mungkin orang yang super sibuk, bila ada waktu senggang manfaatkan untuk bersilaturahmi. Silaturahmi dalam media blog bisa saja dilakukan, misalnya lewat kolom komentar yang disediakan oleh pengelola blog. Komentar yang baik akan mendatangkan sambutan yang baik, mungkin saja pemilik blog yang mendapat komentar akan balik berkomentar di blog kamu sehingga terjalin silaturahmi yang baik, kalau pun tidak jangan berkecil hati yakinlah tidak ada yang sia-sia dengan niat baik, bisa saja balasan dari niat baik tanpa kita sadari sudah kita dapatkan, jadi ikhlas saja dan setiap moment blog yang kamu dapatkan adalah pengalaman terbaik yang bisa kamu dapatkan untuk disikapi dengan baik.

5. Nikmati

Menulis adalah kewajiban seorang blogger, mulailah menulis sesuai gayamu agar kamu enjoy mengelola blog. Film terbaik adalah tentang kehidupanmu, namun bukan berarti kamu menulis semua masalah pribadi dalam blogmu sehingga sudah tak ada privasi lagi sebagai prisaimu, bukan begitu bagaimanapun hidup ini butuh privasi. Jangan sampai kamu beberkan semua masalah pribadi di blog nanti bisa jadi bumerang dalam hidupmu.

Menulis akan menjadi asyik bila kita menikmatinya, sambil terus belajar bagian-bagian mana saja yang harus diperindah agar enak disantap renyah bak kacang goreng dan manis bagai kembang gula. Menulislah dan nikmati setiap sensasi kalimat yang kamu rangkai dari kata-perkata. Semakin sering kamu menulis maka akan semakin banyak keajaiban dalam kalimat-kalimat yang kamu buat.

6. Belajar dan niatkan untuk kebaikan

Jangan berhenti untuk terus memperkaya pengetahuan. Semakin banyak kita mengukir kata semakin banyak manfaat yang kita dapatkan. Niatkan untuk kebaikan setiap kamu berbagi tulisan, kita tak selamanya mengembara di dunia yang fana ini. Suatu saat kita akan kembali pada pemilik jiwa dan pengembaraan di dunia fana akan berakhir. Semoga tulisan yang kita buat menjadi salah satu tabungan kebaikan dikehidupan yang kekal kelak.

Selama nafas masih berhembus tak henti kita terus belajar, tentunya tidak sebatas menulis saja yang wajib kita pelajari. Ada banyak hal penting lainnya yang harus wajib kita pelajari. Belajar adalah kewajiban dan ibadah, kewajiban karena tak ada orang yang dilahirkan serta merta pandai menulis, pandai mengaji, pandai bernyanyi. Belajar adalah ibadah, karena dengan ibadah kita meraih kebaikan dunia dan akhirat.

Baiklah,
sahabat Ummi Hani yang baik dan berada dimana saja kewajiban seorang blogger tidak hanya yang tertulis dalam postingan ini saja, yang tidak tertulis pasti lebih banyak lagi ke enam poin tersebut hanyalah sebagian kecil saja. Semoga ada manfaatnya sampai jumpa di postingan Ummi yang akan datang.
Wassallam.

Monday, May 7, 2018

Berkunjung ke Danau Ranau Jangan Lupa Nikmati Juga Kuliner Khasnya

Berkunjung ke Danau Ranau Jangan Lupa Nikmati Juga Kuliner Khasnya.

Kalau sudah jalan-jalan biasanya satu paket dengan kulinernya ya. Tak lengkap bila tidak menimmatinya. Keindahan Danau Ranau adalah salah satu pesona yang ada di Indonesia.

Air danaunya sejuk dan bersih karena kebersihan danau sangat dijaga dan sudah menjadi budaya dari warga setempat. Danau ini berbeda dengan danau kebanyakan, pada tepiannya landai sehingga pengunjung bisa menyusuri tepiannya dan menikmati sejuknya air danau.

Ada ikan yang menjadi kebanggaan rakyat setempat, yaitu ikan mujair Danau Ranau. Bukan berarti tak ada ikan jenis lain loh, di danau ini ada banyak jenis ikan lainnya ada ikan belanak, ikan palau, ikan belida juga ikan air tawar lainnya.



Berkunjung ke Danau Ranau Jangan Lupa Nikmati Juga Kuliner Khasnya. Di danau ini ada banyak keramba yang dikelola oleh warga setempat. Dan, dipinggir menuju lokasi akan ditemui pondok santap yang menyajikan ikan bakar, ikan gulai taboh (iwak taboh), sambal halipu lengkap dengan lalapannya.

Kesegaran ikan yang disajikan tidak perlu diragukan, karena biasanya setiap pondok santap punya keramba sendiri. Jadi mereka mengambilnya bisa setiap saat. Rasa ikan mujair Ranau gurih dan sangat pulen, meskipun dengan bumbu yang sederhana soal rasa, ... hem, .... bakal ketagihan. Kita bisa pesan langsung dan ingin diolah jenis masakan apa, mau dibakar, di pepes atau di gulai taboh khas Lampung Barat.



Bagi yang ingin naik perahu juga ada, naik perahu menyusuri dan menikmati keindahan danau di atas perahu. Ada banyak perahu wisata yang bersandar dipinggir danau bisa di nego langsung saat akan menggunakannya. Mereka akan siap melayani para wisatawan dengan ramah. Untuk jasanya sangat bervariasi bila sedang beruntung bisa dapat tarif semurah mungkin.

Akan terlihat juga anak-anak kecil berlarian di pinggir danau, ada yang mandi dengan riang di sejuknya air danau kadang akan melihat nelayan yang membawa hasil tangkapannya berupa ikan asli dari danau bukan dari kerambah. Ikan di danau memang tetap dijaga kelestariannya sebagai sumber matapencaharian masyarakat di sekitar Danau Ranau.



Pemandangan danau yang indah akan dilengkapi pula oleh penjual buah segar yang pastinya buah lokal setempat seperti alpukat, pisang, pepaya, jambu yang baru dipetik dari pohon dan langsung dijajakan pada pengunjung.

Pesona Danau Ranau menanti kedatanganmu kawan, bila belum puas menikmati keindahan danau tidak jauh dari danau ada hotel yang bersih dan rapih. Bila kau datang dengan cinta maka akan kau dapati cinta alam yang engkau kunjungi. Jangan lupa ya, Berkunjung ke Danau Ranau Jangan Lupa Nikmati Juga Kuliner Khasnya.

Kuliner apa yang paling khas di Danau Ranau? Sudah pasti olahan ikan yang di ambil dari danau tentunya. Penasaran keindahan Danau Ranau? Belum puas dengan testimoni yang admin tuliskan? Cek langsung ke lokasi yuk! Atau ingin cek testimoni lainnya tentang Danau Ranau intip disini boleh Danau Ranau Pesona Lain Dari Pulau Sumatera
Semoga bisa menambah informasi pesona sekitar Danau Ranau dan membangkitkan kerinduan untuk segera datang berkunjung ke pesona dan nikmatnya kuliner khas Danau Ranau.

Saturday, May 5, 2018

Lomba Perahu Hias Danau Ranau Lumbok Seminung Lampung Barat.

Lomba Perahu Hias Danau Ranau Lumbok Seminung Lampung Barat. Hari Minggu 29 April 2018 yang lewat pemerintah daerah Lampung Barat melalui Dinas Pariwisata dan Dinas Perikanan Peternakan mengadakan hajad besar, yaitu Gebyar Lombok Seminung.



Sebagai ajang promosi wisata daerah yang ada di Kabupaten Lampung Barat. Pesona Indonesia yang memukau ciptaan Sang Maha Kuasa di Bumi Beguwai Jejama ini sangat pantas untuk dikunjungi.

Danau terbesar kedua di Sumatera, yaitu Danau Ranau yang berlokasi di perbatasan antara Kabupaten Lampung Barat dan Ogan Komering Ulu Selatan disinilah diadakan kemeriahan event bergengsi Lomba Perahu Hias Danau Ranau Lumbok Seminung Lampung Barat.

Hamparan danau yang luas dan biru bersih dikelilingi oleh hijaunya pegunungan angin berhembus terasa sejuk dan ingin berlama-lama untuk menyaksikan keindahan ciptaan-Nya.

Masyarakat yang terdiri dari beragam suku dan agama hidup rukun berdampingan saling menghormati dan menghargai.

Dalam acara ini juga dimeriahkan dengan lomba-lomba yang melibatkan seluruh masyarakat yang ada dikabupaten Lampung Barat dan diluar kabupaten.



Ada lomba bakar ikan.
Lomba ini menampilkan kreatifitas membakar ikan yang matang sempurna dengan racikan bumbu tradisional serta penyajian yang menarik hingga mengundang selera ingin menyantapnya, Tidak dari segi penyajian saja, tapi sejak dari pembakaran ikan, aroma dan sudah tentu rasanya.

Gelaran sepeda sehat.
Lokasi start ibu kota Lampung Barat komplek perkantoran Pemda Kabupaten Lampung Barat finish di area Wisata Danau Ranau. Sambutan komunitas sepeda dari dalam dan luar kabupaten sangat luar biasa ditandai banyaknya yang mengikuti event ini dari luar kabupaten luar yaitu : Lampung Tengah, Lampung Timur, Metro, Lampung Utara, Way Kanan, Lampung Selatan, Kota Agung dan dari Ogan Komering Ulu, sedang dari dalam kabupaten Lampung Barat sendiri mengikuti event dari semua kecamatan yang ada.



Lomba Nyambai.
Nyambai salah satu kesenian daerah Lampung Barat. Kesenian nyambai adalah kesenian khas dari Lampung Barat. Nyambai dilombakan untuk melestarikan budaya sekaligus memperkenalkan kepada seluruh masyarakat bahwa kesenian Nyambai adalah khas dari Lampung Barat. Tampak pak Bupati ikut bergabung dalam salah satu grup kesenian Nyambai sebagai bentuk apresiasi beliau pada event tersebut. Nyambai semacam berbalas pantun yang diiringi alat musik rebana dan alat musik tradisional lainnya. Dalam satu tim bisa berisi delapan sampai sepuluh pasang.



Acara yang dipusatkan di Lumbok Dermaga Danau. Dalam kesempatan ini juga dilakukan tabur benih ikan oleh Bupati dan wakil bupati Lampung Barat beserta Forkopinda dan OPD yang sempat hadir. Tampak ketua TP PKK dan Ketua Dharmawanita juga melakukan tabur benih ikan di Danau Ranau.

Semoga usaha mempromosikan daerah wisata ini mampu mendatangkan wisatawan dari manapun dan bisa mensejahterakan rakyat setempat khususnya dan seluruh masyarakat luas pada umumnya.

Ingin menyaksikan keindahan Danau Ranau lebih jauh lagi? Silahkan berkunjung ke Kabupaten Lampung Barat. Di Kabupaten ini tidak hanya ada Dansu Ranau, tapi ada danau lainnya juga, yaitu :Danau Asam, Danau Keramikan, Danau Lebar.
Ummi jadi teringat kalimat indah ini, tapi lupa siapa yang pernah mengatakannya kalau pembaca ada yang juga pernah mendengar kalimat yang Ummi maksudkan ini bisa ingatkan Ummi di kolom komentar ya, begini kalimatnya : "Seringlah berkunjung ke daerah kami agar kami tahu apa yang kalian inginkan untuk kemajuan dan kebaikan daerah kami."

Berikut ini adalah tayangan video Lomba Perahu Hias Danau Ranau Lumbok Seminung Lampung Barat yang sempat Ummi rekam, selamat menyaksikan.



Friday, May 4, 2018

Mars Hidup Sehat



Mars Hidup Sehat. Salam sehat untuk semuanya. Kali ini Ummi Hani sedang tidak berada di dapur. Jadi pada kesempatan di hari Jum'at penuh berkah ini Ummi Hani ingin berbagi lirik lagu dan tayangan video sederhana melalui blog Bangek Nihan.

Inginkah melihatnya? Baiklah, bagi yang ingin dan yang tak ingin melihat sama saja Ummi ucapkan banyak terima kasih.

Tayangan video ini jauh dari sempurna. Video ini secara sepontan saja Ummi merekamnya dan agak terlambat. Ummi sempat berpikir akan menghapusnya. Tapi setelah berpikir ulang Ummi memutuskan lebih baik disimpan saja di blog Bangek Nihan mungkin saja ada yang ingin melihatnya. Melalui postingan ini juga sekaligus sebagai peluncuran label baru di blog Bangek Nihan, yaitu label : ragam informasi. Label ini pada nantinya akan memuat beragam informasi yang ingin Ummi bagikan sekaligus sebagai sarana yang in syaa Allah mampu menjadi penyemangat untuk meramaikan blog yang Ummi kelola sekaligus memberi manfaat bagi Ummi khususnya dan bagi pembaca blog bangek nihan. Terima kasih pada semua pembaca atas dukungannya.

Mari kita lanjut ke judul postingan hari ini Mars hidup sehat sudah tak asing lagi bagi mereka yang berada di lembaga kesehatan dan bagi yang pernah mengikuti pendidikan kesehatan. Nah rekaman ini Ummi rekam saat sedang mengikuti Forum Komunikasi Gerakan Masyrakat Hidup Sehat di daerah tempat Ummi tinggal. Acara ini dibuka oleh Bapak Drs. M. Mansholihi sebagai staf ahli bupati Lampung Barat bidang administrasi umum.

Ummi bisa menangkap dari lirik lagu ini betapa nikmatnya hidup sehat. Bagaimana pun melimpahnya harta benda, pangkat yang tinggi sungguh tak nikmat menjalani kehidupan bila tubuh berpenyakit.

Karenanya sangat penting menjaga kesehatan sebagai anugerah Allah Subhanahuwat'alla. Menjaga kesehatan juga adalah salah satu bentuk atau wujud syukur kita kepada sang pemberi anugerah kesehatan.

Sedikit informasi hasil mengikuti Advokasi Kesehatan :
Pemerintah juga mempunyai program yang sangat penting melaui GERMAS, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dengan mengajak seluruh lapisan masyakat untuk :

Melakukan aktifitas fisik,
Mengonsumsi sayur dan buah,
Tidak merokok,
Tidak mengonsumsi alkohol,
Memeriksa kesehatan secara rutin,
Membersihkan lingkungan,
Menggunakan jamban.

Untuk tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu:

1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari,
2) Mengonsumsi buah dan sayur,
3) Memeriksakan kesehatan secara rutin.

Bagaimana dengan marsnya?
Mari kita simak bersama, semoga saja mars ini mampu menggugah dan menjadi kompor penyemangat bagi kita semua untuk mulai sekarang, mulai detik ini makin memperhatikan kesehatan jasmani juga rohani baik diri kita sendiri maupun orang-orang yang ada disekitar kita.

MARS HIDUP SEHAT


Tiada yang lebih berharga dari nikmat hidup sehat
Sehat jiwani sehat jasmani kunci hidup bahagia
Meski kaya terhormat mulia tapi pasti menderita
Jika penyakit musuh utama selalu menggoda
Bina hidup sehat diri dan keluarga
Bina lingkungan sehat masyarakat sentosa
Hidup sehat modal utama
Bagi pembangunan semesta
Sehat sejahtera makmur merata
Berdasarkan Pancasila


Di bawah ini tayangan videonya, selamat menyaksikan buat yang belum tahu semoga tayangan ini sebagai perkenalan dengan marsnya dan buat yang mungkin sudah lupa semoga mampu kembali memutar ulang memorinya sebagai penyegaran mungkin saja kan.



ragam informasi : Mars Hidup sehat