Bangek Nihan

Blog berbagi tips menarik dan beragam informasi

Wednesday, January 16, 2019

Nasi Tiwul Lengkap

Sarapan pagi nasi tiwul lengkap, kadang suka bosen juga sarapan pagi dengan menu yang itu itu saja. Biasanya sarapan pagi dengan segelas kopi tanpa pendampingnya terasa kurang asyik gitu, kalau aku sih. Untuk menemani kopi ada sajalah yang penting murah dan praktis penyajiannya, maklumlah karena pagi cepat sekali berlalu kalau tak cekatan penyiapannya bakal nggk sempat untuk sarapan sebelum beraktifitas. Lah, kalau cuma di rumah saja mungkin tidak apa-apa, lain lagi ceritanya kalau yang beraktifitas di luar rumah rasa nggk mungkin deh beraktifitas dengan perut keroncongan. Meskipun malam hanya digunakan untuk tidur tetap saja mesin di dalam perut bekerja karenanya kita sebaiknya tidak boleh melewatkan sarapan pagi sebelum memulai pekerjaan harian kita.

Terlepas kamu sebagai orang kantoran, pelajar atau mahasiswa/i, karyawan atau ibu rumah tangga biasa tetap saja sebaiknya tidak melewatkan sarapan pagi, itu menurut aku sih, soalnya ada temanku yang tidak biasa sarapan pagi.

Pagi ini aku sarapan pagi juga loh, baru kali ini aku sarapan pagi dengan menu yang beda dari biasanya, apakah itu? Sarapan pagi nasi tiwul lengkap, tapi aku bukan mau berbagi resep melainkan ingin menginformasikan terdiri dari apa saja nasi tiwul ini dan bagaimana dengan rasanya, kalau kamu ingin tahu, ayo lanjutkan membaca ya ....

Perlu juga aku informasikan bahwa nasi tiwul lengkap ini aku dapat beli di pedagang keliling yang biasa keliling di komplek gang perumahan yang aku tempati. Selain menjual nasi tiwul beliau juga menjual jamu yang dibuat sendiri olehnya. Aku nggk biasa minum jamu, tapi kapan-kapan deh aku beli jamunya biar tahu rasanya dan akan kuceritakan di blog ini, siapa tahu bisa menginspirasi pembaca buka usaha, mungkin saja ya ....

Baik kita lanjut ke nasi tiwul dan teman-temannya yang membuat aku ingin berbagi info padamu teman.

1. Nasi tiwul

Sesuai dengan namanya nasi tiwul ini terdiri dari nasi putih biasa yang di campur dengan tiwul. Rasanya hambar hampir tidak ada rasa. Mungkin memang begitu atau karena nasi putihnya kurang banyak, tapi secara keseluruhan nasi tiwul ini enak kok, meski di campur dengan tiwul tetap pulen maksudku tidak buyar. Pokoknya pas banget, lunak tidak membuat kesal sangat mengunyahnya, tampilannya bersih tidak ada hal yang membuatku ragu untuk menikmatinya.

2. Urap.

Yes, ada urapnya. Urap adalah sayuran yang direbus kemudian di beri bumbu-bumbu, ada kencur, bawang putih, kelapa muda parut, cabe, garam pas paduan bumbunya. Rasa urapnya enak tidak terlalu pedas bawang putih dan kencurnya cukup menonjol.

Tampilannya segar terdiri dari daun singkong, daun kenikir, daun pepaya atau kates. Sayurannya lunak dan menggunakan pucuk daun yang masih muda, hem .... juara deh urapnya.

3. Ikan asin

Yey, ada ikan asin yang digoreng dengan sangat cantik pas tidak gosong tapi garing banget dan juga tidak terlalu asin.

Aku teliti lagi ada empat ekor ikan asin guna melengkapi nasi tiwul hambar dengan ikan asin ini hambarnya tertutupi, orang daerahku menyebutnya ikan asin bulu ayam.

Tampilannya cantik, bersih tidak ada isi perutnya. Jujur aku tidak bisa makan ikan yang masih terlihat isi perutnya meskipun jenis ikan kecil, seperti ikan teri. isi perut ikan yang membuatku geli dan tak sanggup untuk menikmatinya. Ini sangat garing, bersih dan aku suka.

4. Sambal tahu tempe membuat mulut membara

Ini sempat membuatku tertipu. Awalnya aku tidak menyangka bahwa sambal tahu tempe ini sangat pedas. Tampilannya tidak menunjukkan bahwa tahu tempe ini akan membuat mulutku membara. Umumnya sambal yang aku tahu berwarna merah dan tidak dengan tahu tempe pelengkap nasi tiwul ini.

Tampilannya adem ternyata pedesnya luar biasa, aku nggk kuat untuk melanjukan mengeksekusi habis karena pedas, yaps .... aku nggak kuat makan yang pedas-pedas, tapi secara keseluruhan sambal tahu tempe ini enak sih terutama untuk yang memang suka makanan pedas, hem selera pedasmu akan terbayarkan dengan memangsa sambal tahu tempe pelengkap nasi tiwul ini.

5. Harganya

Kamu ingin tahu harganya?

Kalau menurut aku tergolong murah banget untuk satu porsi dengan kelengkapannya hanya 10.000 rupiah. Porsinya jumbo aku nggk habis kenyang banget. Untuk orang dua cukup menurut aku satu porsi saja.

Nah itu dia sarapan pagiku untuk pagi ini. Meskipun penjual nasi tiwul tiap hari lewat depan rumahku, tapi hari baru pagi ini aku membeli dan merasakannya.

Dan sekarang aku tidak penasaran lagi dengan nasi tiwul lengkap jualan pedagang yang kerap lewat depan rumahku.

Hampir aku lupa. Nasi tiwul lengkap ini dijual sudah dalam keadaan dibungkus dengan kertas nasi dan teman-temannya di bungkus terpisah-pisah tidak tercampur aduk, jadi awet bisa juga buat bontot kalau tidak sempat sarapan pagi di rumah.

Mungkin ada yang menispirasimu lewat tulisan ini? Semoga saja ya .... Salam hangat dari ku.
Jangan sedih terlalu lama bahagialah dan nikmati hidupmu dengan semangat bye bye ....


Gambar nasi tiwul lengkap koleksi IG @ummihanniblog

1 comment:

  1. saya bimbang kalau makan nasi ini keluar api kerana kepedasan mbak ummi hahahahaha

    ReplyDelete