Bangek Nihan

Blog berbagi tips menarik dan beragam informasi

Tuesday, May 29, 2018

Ayam Kecap Jeruk Purut

Ayam kecap jeruk purut ala Ummi Hani, sangat serig membuat ayam kecap, tapi kali ini Ummi menambahkan irisan kulit jeruk kedalam ayam kecap, ternyata kulit jeruk purut yang ditambahkan pada masakan menjadikan masakan lebih istimewa aromanya segar dan mengundang selera.

Sebenarnya ini menu untuk makan malam setelah buka puasa kemarin. Masih jam tiga sore Ummi sudah sibuk di dapur untuk menyiapkan menu buka puasa. Cepet banget ya udah masak-masak. Ya, karena bakda Ashar sudah harus OTW menuju lokasi safari Ramadhan, mau tak mau ya harus menyiapkan menu buka puasa buat gadis kecil dan neneknya di rumah sebelum berangkat ke lokasi safari Ramadhan bersama tim yang sudah ditentukan sebelum memasuki bulan penuh berkah ini.

Sesuai request sang bidadari hari ini menu buka puasanya ayam kecap, ya udah dituruti sajalah yang penting dia suka. Oh ia, sang bidadari ini belum pernah bolong loh puasanya, dari puasa pertama sampai di hari ke 12 ini dia masih semangat puasanya.

Dah yuk, kita lihat resep ayam kecap jeruk purut ala Ummi Hani tetap di blog Bangek Nihan ya.


maaf foto diambil belum sempat dipindahkan, berpacu dengan waktu alias buru-buru banget.


Bahan-bahan :

sebelah dada ayam lebih kurang 300 gram, dipotong-potong sesuai selera dan cuci hingga berih lalu tiriskan

bumbu-bumbu :

1-2 ruas jari jahe
2 kelopak asam kandis
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
bubuk lada secukupnya
bubuk pala secukupnya
1 buah tomat besar
1 balung serai
3 lembar daun salam
lk 5 cm kulit jeruk purut
Satu ruas jari orang dewasa laos
dua sendok makan kecap
garam
minyak untuk menumis

Cara memasaknya :

1. Rebus sebentar potongan daging ayam sampei berubah warna kemudian tiriskan.
2. Haluskan bawang merah, bawang putih, lada, jahe dan kulit jeruk purut, tomat, (saya menggunakan blender).
3. Memarkan serai dan laos.
4. Siapkan wajan panaskan minyak, tumis bumbu halus, laos, serai, daun salam setelah harum tambahkan kecap masukkan potongan daging ayam tambahkan segelas air biarkan hingga mendidih, tambahkan garam biarkan hingga ayam matang dan air mengering. Matikan kompor ayam kecap jeruk purut sudah siap untuk dihidangkan, tapi makannya nanti tunggu bedug maghrib ya, ...

Bagaimana?
Tertarik untuk mencoba, silahkan di coba resepnya. Salam Ramadhan.

20 comments:

  1. wew, jadi pingin makan kalau liat photo ayam kecap he..he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih
      ini selera gadis kecil ummi hehe

      Delete
  2. Sedap nih masakan,kak ...
    Apalagi dagingnya bagian dada ayam.
    Soalnya aku doyan daging ayam cuma bagian dada saja, lainnya entah kenapa aku kurang suka ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama suka ayam bagian dada juga ya
      wah toss dulu kalau gitu hehe

      Delete
  3. Ayam kecap yang rasanya menggoda selera, yang di lelehkan sedikit kecap manis ABC, ooh sungguh bikin segera saya membuatnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sepertinya sang mastah pinter masak nih hehe

      Delete
  4. Lihat ayam kecapnya jadi ngiler nih. Hehehe apalagi masaknya dikasih jeruk purut. Wih tambah mantap kayaknya.

    Oiya, ini blognya Ummi kok jadi nggak tampil di daftar bacaan dasbor blog saya ya. Sama kayak blognya Mbak Maya. Padahal udah berkali-kali aku hapus pengikutan lalu aku tambahkan lagi. Tapi hasilnya tetap sama. Kira² kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jeruk purutnya jadi nambah aroma jadi nggak bikin nek, apalagi bulan puasa gini

      apa betul begitu? wah terima kasih untuk info ini saya nggak perhatikan ada apa ya? nanti saya cek, tapi nggak tahu juga apa masih bisa diperbaiki jadi sedih saya nih

      Delete
  5. lezat dunk ayam dibumbu kecap, dimasak apapu pasti enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini request gadis kecil Ummi
      sangat gemar makan ayam, selama masih bisa dituruti ya dituruti saja dulu hehe

      Delete
  6. wih kebayang ummi wanginya pasti mantaf banget wangi jeruk purut xixix.. pengen ah besok nyoba bikin makasih ya ummi resepnyaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya di modif dikit resep andalan koki rumah tangga

      Delete
  7. Replies
    1. Aromanya belum tercium dari dari sini mbak :D

      Delete
  8. Lihat olahan ayamnya bikin ngiler mbak... patut di coba ini, kalau ditambahi pedes-pedes dikit jadi lebih nikmat.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat yang pedas bisa tambahkan ladanya atau cabai ya
      wuh! pedes buanget aku mulut dan perutku ora kuat hehe

      Delete
  9. Saya belum tahu aroma jeruk purut itu seperti apa mbak ummi, mungkin bisa membangkitkan selera makan ya, sehingga cocok buat penambah aroma masakan termasuk ayam kecap ini yaa?

    ReplyDelete
  10. Saya suka nih Ayam Kecap mbak Ummi, apalagi dgn aroma jeruk purut...mmm...sedap.

    ReplyDelete