Bangek Nihan

Blog berbagi tips menarik dan beragam informasi

Showing posts with label aneka snack gorengan. Show all posts
Showing posts with label aneka snack gorengan. Show all posts

Saturday, March 16, 2019

Dadar Mini Jagung Special Tabur Abon

Dadar mini jagung special tabur abon. Apa specialnya? Kamu pasti suka dengan cemilan satu ini. Selain rasanya enak penuh gizi loh. Buat yang sedang masa pertumbuhan akan sangat cocok dengan cemilan ini.

Cemilan ini selain karbohidrat juga mengandung protein yang sangat penting bagi mereka yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Karbohidrat yang ada di dalam cemilan ini didapatkan dari jagung dan terigu. Ya, karena bahan utamanya adalah jagung manis dan terigu.

Sedangkan protein hewaninya dari telur dan ikan tuna yang sudah di buat abon. Abon ikan tuna sudah banyak dijual di toko-toko yang menjual makanan. Bahkan di daerah Ummi tinggal sudah ada yang membuat abon ikan tuna. Wah, mereka sangat kreatif tersedia bermacam rasa, ada original dan pedas manis. Sayangnya belum di jual keluar daerah karena masih memproduksi sedikit begitu kata mereka.

Abon ikan memang sedap dimakan dengan nasi ketan atau kamu bisa membuat lemper isi abon ikan hem, rasanya nikmat banget alias Bangek Nihan (bahasa Lampung-nya).

Kali ini Ummi akan membuat dadar mini jagung special tabur abon, yang membuat special dari abon ini adalah taburan abon ikan pada bagian atas dadar jagung ini, rasanya mix banget dengan si jagungnya.

Kok mini? Karena Ummi membuatnya mungil-mungil dadarnya. Tujuannya supaya tidak bosan saat memakannya. Kamu bakal di buat penasaran dengan bentuknya yang mini atau mungil-mungil gitu.

Penasaran bagaimana Ummi membuatnya? Ayo kita mulai resepnya.



Bahan - bahan membuat dadar mini jagung special tabur abon :

1 bonggol jagung manis sedang besarnya
2 butir telur ayam
3 sendok makan munjung tepung terigu
bawang kucai lebih kurang 10 - 15 kuntum
Merica halus secukupnya
Garam secukupnya
Abon ikan atau abon sapi
Bawang putih halus satu siung besar.
Minyak goreng

Cara membuatnya :

Sisir jagung dengan pisau untuk mendapatkan bulir-bulir jagungnya. Iris halus bawang kucai.

Mix atau aduk hingga rata semua bahan dan bumbu telur, terigu, jagung, daun bawang kucai aduk rata.

Siapkan wajan anti lengket, dadar adonan sesendok demi sesendok taburi abon ikan tutup sebentar, hingga matang.

Lakukan hingga adonan habis kemudian sajikan. Kamu yang suka saos cabe ini cocok banget kalau dinikmati dengan saus sambal.

Mudah banget ya. Rasanya bangek nihan gheno cawa Lampung ne (enak banget begitu bahasa Lampung -nya)

Ok selamat mencoba, dadar mini jagung special tabur abon buatlah cemilan yang sehat jangan asal cemilan yang bisa mengganggu kesehatan. Sayangi keluarga dengan menyajikan makanan yang memperhatikan faktor kesehatan bukan karena mahal.

Bye bye sampai jumpa di resep, tips, dan informasi lainnya. In SyaAllah.

Sunday, January 6, 2019

Cara Mudah Membuat Orak Arik Kentang Renyah

CARA MUDAH MEMBUAT ORAK ARIK KENTANG RENYAH




Cara mudah membuat Orak arik kentang renyah tetap di blog bangek nihan ya. Orak arik kentang renyah sangat cocok untuk teman makan pagi atau biasanya orang menyebutnya dengan sarapan pagi. Bagi kamu yang membiasakan untuk makan pagi sebelum memulai aktivitas harian sangat cocok untuk selalu menyediakan orak arik kentang mengingat waktu pagi berlalu sangat cepat jadi kamu tak perlu repot dan pusing lagi untuk menemani nasi hangatmu karena kamu bisa menyediakan dari hari-hari sebelumnya.

Mulai besok liburan sekolah usai nih, ada bagusnya kita menyiapkan orak arik kentang renyah hari ini untuk sarapan pagi kita dan beberapa hari kedepannya.

Tapi ada yang pernah mengalami membuat orak arik kentang tidak renyah ini tentu tak asyik dan kecewa karenanya. Nah buat kamu yang pernah mengalami hal serupa coba deh coba resep dari blog Bangek Nihan orak arik kentang renyah spesial buat kamu. Kamu ingin tahu rahasianya? Cek step-stepnya di bawah ini kuy ....

Bahan-bahan yang kita butuhkan adalah :

1. 1 kilogram kentang kupas kemudian diiris tipis atau boleh duserut dengan menggunakan serutan keripik (banyak dijual ditoko-toko yang menjual perlengkapan rumah tangga)

2. 250 gram Kacang tanah digoreng (kalau kamu tidak menggunakan kacang tanah juga tidak apa-apa opsional bukan keharusan)

3. Cuka makan atau asam cuka botol banyak dijual ditoko-toko yang menjual bahan-bahan makanan.

4. Cabe merah tergantung selera sesuaikan dengan seleramu saja.

5. 10 sampai 15 siung bawang putih (tergantung besar kecil siungnya saja)

6. Gula putih secukupnya

7. Garam secukupnya

8. Air asam jawa (direndam asam dengan air kemudian kita gunakan airnya saja)

9. Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara mudah membuat orak arik kentang renyah dalam tayangan video



Cara membuat orak arik kentang renyah :

1. Rendam kentang yang sudah diiris dengan air bersih yang sudah dicampur dengan 2 sendok makan asam cuka selama 30 menit usahakan agar kentang terendam dengan sempurna.

2. Kemudian goreng irisan kentang dalam minyak panas hingga kuning keemasan dan teksturnya renyah atau kranji dan tiriskan.

3. Kemudian Haluskan bumbu-bumbu cabe merah, garam dan bawang putih hingga halus.

4. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai matang dan kandungan airnya berkurang tambahkan air asam jawa, gula pasir. Setelah bumbu matang dan mengental serta terlihat letupan-letupan pada bumbu yang kita masak yakinkan bahwa tidak ada kandungan air lagi maka masukkan kentang dan kacang kemudian aduk-aduk hingga bumbu merata.

5. Orak-arik kentang kita sudah jadi simpan dalam toples atau wadah kedap udara agar orak arik kentang awet dan tetap renyah.

Tips membuat orak arik kentang renyah :

1. Rendam irisan kentang dalam air asam cuka hingga terendam sempurna sebelum di goreng

2. Goreng irisan kentang dalam minyak yang benar-benar panas dan gunakan minyak yang cukup banyak usahkan agar kentang terendam dalam minyak panas.

3. Masukkan kentang dalam bumbu yang benar-benar tidak mengandung air lagi ditandai dengan letupan-letupan kecil saat bumbu di tumis atau dimasak. Jangan buru-buru memasukkan kentangnya dan jangan terlalu kuat mengaduknya agar kentangnya tidak hancur.

4. Simpan orak arik kentang renyah dalam toples setelah kentang benar-benar dingin.

5. Kamu bisa mencampurkan bumbunya sesaat akan di makan. Jadi kamu bisa menyimpan bumbu dan kentang gorengnya secara terpisah.

Bagaimana resep dan tips hari ini? Semoga bermanfaat bagi kamu yang membutuhkannya selamat mencoba dan selamat berakhir pekan. See you later dear senang bila selalu bisa berbagi.

Saturday, January 5, 2019

Cara Membuat Kue Nastar yang Lembut dan Mudah

Cara membuat kue nastar yang lembut dan mudah. Kue Nastar adalah kue kering berisi selai nanas. Awal mula kue konon berasal dari negeri Belanda. Pada zaman Belanda sudah ada kue nastar tersebut yang pada aslinya berisi selai stroberi dan apel. Karena pada zaman itu untuk buah jenis itu masih sulit didapat maka dibuatlah kue nastar. Kata nastar sendiri berasal dari bahasa Belanda, yaitu ananas dan taart. Bedanya nastar zaman Belanda ukurannya sedikit lebih besar dari ukuran kue nastar zaman sekarang.



Kue nastar bahan utamanya adalah tepung terigu dan mentega beserta bahan-bahan pelengkap lainnya agar kue nastar buatan kita lebih sedap dan teksturnya lembut. Meskipun kue nastar sudah mudah didapat karena banyak yang menjual di toko-toko kue tak salah kalau kita membuatnya sendiri di rumah. Cara membuatnya mudah sekali serta bahan-bahan untuk membuat kue nastar pun sangat mudah didapatkan. Tingkat kegagalan dalam membuat kue ini pun hampir tidak pernah terjadi yang penting kita sabar dan telaten.

Setelah kemarin kita sukses membuat kue kering kacang renyah tanpa mentega maka hari ini Ummi akan berbagi resep dan bahan membuat kue nastar so pasti menggunakan mentega ya. Kalau kamu tertarik untuk mencoba mari cek dibawah ini.



Bahan dan cara membuat kue nastar yang lembut dan mudah ini persiapannya yang harus kamu sediakan :

4 butir kuning telur
500 gram mentega butter atau margarin
500 gram tepung terigu
100 gram gula halus 
1 bungkus vanili
100 gram keju Cheddar

Bahan membuat isi atau selai nanas :

300 gr gula pasir/gula putih untuk selai
1 buah nanas
1 potong kecil kayu manis

Untuk hiasan kue nastar kamu bisa menggunakan 50 gram kismis, tapi Ummi tidak menggunakan kismis karena Ummi lebih suka diolesi kuning telur saja pada bagian atas kue nastar yang Ummi buat. Jadi Ummi menyiapkan 2 butir kuning telur untuk bahan olesan yang dikocok lepas saja.

Baik kita lanjut pada Cara membuat kue nastarnya yuk!

Pertama kita buat dulu untuk isinya, yaitu Selai nanas. Nanas kita bersihkan dari kulit maupun mata-mata hitam yang menempel pada daging nanas kemudian parut.

Masukkan parutan nanas kedalam kuali atau wajan. Masak lebih dulu parutan nanas dengan kayu manis (kalau kamu suka) setelah air pada buah nanas mengering baru masukan gula putihnya masak sampai matang dan kental. Cara membuat selai nanas seperti ini akan mendapatkan selai yang berwarna kuning keemasan.

Tapi, kalau kamu memasukkan gula putih bersamaan dari awal maka kamu akan mendapatkan selai nanas yang berwarna kuning kecoklatan gelap.

Jadi, kamu tinggal pilih lebih menyukai yang berwarna kuning kecoklatan gelap atau yang berwarna kuning keemasan.

Dinginkan selai nanas hingga bisa dibulat-bulatkan buah kopi atau sebesar mutiara lebih kurangnya.

Kita beralih ke cara membuat adonan kue nastar :

Siapkan loyang berbentuk persegi panjang dan olesi dengan margarin. Loyang ini nantinya akan kita ginakan untuk mengoven kue nastar yang kita buat. Sisihkan dulu loyangnya.

Kocok 4 kuning telur dengan gula halus dan mentega hingga mengembang berubah warna menjadi lebih pucat dari warna semula.

Kemudian masukkan parutan keju chedar ke dalam kocokan adonan telur dilanjutkan dengan menambahkan tepung terigu dan vanili.

Aduk-aduk hingga membentuk adonan yang bisa dibentuk. Usahakan tidak terlalu kuat dan lama mengaduknya, kalau terlalu kuat dan lama menguleni adonan akan menyebabkan kue nastar tidak mengembang cantik nantinya saat di panggang atau di oven.

Bulatkan adonan kue dengan tangan hingga berukuran seibu jari orang dewasa pipihkan masukkan bulatan selai ke dalam bulatan kue. Atau kamu bisa juga mencetak adonan dengan cetakan yang kamu suka. Yang penting jangan lupa untuk meletakkan selainya pada bagian dalam kue buatanmu.

Potong kismis menjadi 2 atau 4 bagian kecil, letakkan sepotong kismis di atas kue nastar. Olesi permukaan kue dengan kuning telur Susun kue di dalam loyang dan panggang di dalam oven panas hingga matang.

Dinginkan kue nastar yang sudah matang kemudian simpan didalam toples kedap udara agar kue kering tetap terjaga kebersihannya dan kesegarannya.

Ok selamat mencoba ya mudah sekali ya cara membuat kue nastar, demikian yang dapat ummi bagikan hari ini cara membuat kue nastar yang lembut dan mudah.

Friday, January 4, 2019

Resep Kue Kering Kacang Renyah Tanpa Mentega

Resep Kue Kering Kacang Renyah Tanpa Mentega, Resep kue kering kacang renyah tanpa mentega. Kue kering kacang sudah bisa dipastikan bahan utamanya adalah kacang. Kacang apaya? Hem .... Kacang tanah yang sudah kita sangrai terlebih dahulu hingga matang kemudian kita tumbuk halus. Kelihatannya asyik nih untuk mengisi waktu liburan sekolah yang tinggal beberapa hari lagi. Yaps ! Betul sekali tanggal 7 Januari 2019 tepatnya hari Senin libur sekolah di daerah Ummi akan segera usai. Bijak rasanya kalau memanfaat sisa liburan sekolah dengan membuat cemilan ini karena cemilan ini tergolong awet dan bisa disajikan dalam setiap kesempatan menemani saat-saat santai bersama keluarga so rasanya manis- manis gurih minumannya cukup air putih hangat atau dingin pun cocok.

Ummi tak usah bingung karena tak punya persediaan mentega membuat kue kering kacang ini memang tidak membutuhkan mentega sedikitpun, tapi cukup dengan minyak goreng dan beberapa bahan sederhana lainnya Ummi siap beraksi di dapur kesayangan untuk mendapatkan cemilan sehat kaya nutrisi yang nantinya akan Ummi sajikan untuk keluarga tersayang.

O ya, gadis kecil Ummi paling suka kalau diajak membuat kue ini. Tuh lihat gayanya mulai sibuk mempersiapkan alat-alat dan bahan-bahan kuenya pastinya dengan panduan dari Umminya.

Kamu juga sudah tak sabarkan ingin tahu apa saja yang harus disiapkan cek disini selengkapnya ya ....

Penampakan kue kering kacang yang sudah jadi


Bahan dan Resep Membuat Kue Kering Kacang Renyah Tanpa Mentega :

* 200 gram Tepung Terigu
* 100 gram Kacang Tanah 

* 100 ml Minyak Goreng 

* 100 gram Gula Halus 

* 1 sendok teh Vanili Bubuk 

* 1/4 sendok teh Garam 

* 1 butir Kuning Telur 


Cara membuatnya :

* Sangrai kacang tanah. Hilangkan kulit arinya.

Blender kacang tanah, garam dan minyak goreng hingga halus. Kalau tidak punya blender haluskan memakai cobek atau lumpang juga bisa, hanya bedanya minyak gorengnya ditambahkan kemudian (tidak dicampur bersamaan saat menggiling kacang tanah sangrai).






* Campur tepung terigu, gula halus, vanili bubuk dan kacang yang sudah di blender. Aduk dengan spatula hingga rata dan adonan bisa dipulung (uleni dengan tangan).

* Ambil sebagian adonan, giling dengan roll kayu atau botol syrup bekas dengan ketebalan 1/2 cm. Cetak sesuai selera kita.

* Lakukan hingga adonan habis. Kemudian panggang dalam oven hingga kering lalu olesi dengan kuning telur yang sudah dikocok lepas sebelumnya. Lalu taburi dengan wijen kemudian panggang lagi hingga matang berwarna coklat keemasan.

* Dinginkan lalu simpan dalam toples kedap udara agar kue kering kacang tetap renyah. Kue kering kacang ini awet loh bisa bertahan hingga tiga bulan.

* Ok selamat mencoba ya semoga sukses dalam pembuatannya.

Tuesday, January 1, 2019

Resep Empek-empek Dos Nggak Pakai Ikan

Resep Empek-Empek Dos Nggak Pakai Ikan, tetap lembut walaupun empek-empek sudah dingin. Sebelum lanjut ke pembuatan Resep Empek-Empek Dos Nggak Pakai Ikan, ummi ingin menyampaikan rasa duka yang mendalam bagi saudara-saudara kita yang terkena Tsunami Selat Sunda yaitu Banten dan Lampung khususnya Kabupaten Lampung Selatan. Semoga korban bencana alam tsunami mendapatkan keampunan dosa-dosanya, mendapatkan ketabahan serta kekuatan dari pemilik alam semesta ini, aamiin.

Sangat sayang melewatkan masa liburan dengan tidak menemani gadis kecil, mengisi liburan asyik juga dengan membuat empek-empek, tapi sedang tidak ada persediaan ikan giling di kulkas, bagaimana ya?

Tenang Ummi akan tetap memberikan cemilan bergizi walau tanpa ikan. Betul sekali cemilan seharusnya tidak hanya asal kenyang namun juga harus memiliki nutrisi baik untuk anak-anak yang sedang dimasa pertumbuhannya.

Empek-empek termasuk cemilan yang sangat digemari dalam keluarga besar Ummi. Empek-empek bahan utamanya adalah tepung sagu dan ikan, tapi kalau sedang tidak punya ikan kita masih tetap bisa membuat empek-empek yang bergizi agar anak kenyang dan sehat karena hanya Ummi, ibu, mama, nyak, mak, bunda, yang cerdaslah yang bisa menyiasatinya.

Liburan kali ini Ummi dan gadis kecil Ummi akan membuat empek-empek yang tidak menambahkan ikan dalam pembuatannya, tapi akan menambahkan rebon dan telur. Telur yang kaya protein ini bisa berperan sebagai zat nutrisi yang baik bagi pertumbuhan buah hati bunda.

Sudah tak sabar ingin tahu Resep Resep Empek-Empek Dos Nggak Pakai Ikan ya? Yuk kita lihat resepnya!



Bahan-bahan:

👉 150 gram sagu (ummi memakai sagu tapioka tani)
👉 250 gram terigu
👉 2 sendok teh garam halus
👉 air panas secukupnya
👉 bila suka boleh tambahkan penyedap rasa
👉 4 siung bawang putih haluskan

Bahan isi:

👉 2 butir telur kocok lepas beri sedikit garam.
👉 rebon yang dihaluskan

Cara buat :

1. Masak air hingga mendidih
2. Terigu, garam, penyedap rasa letakkan dalam baskom kemudian siram dengan air panas hingg rata seperti bubur.
3. Tunggu agak dingin sampai bisa diuleni dengan tangan.
4. Setelah dingin saatnya menambahkan sagu sedikit-sedikit sambil diuleni dengan menggunakan tangan agar terkontrol kelebutan adonannya dan tambahkan satu butir telur.
5. Kemudian Didihkan air untuk merebus beri 2-3 sendok makan minyak goreng.
6. Ambil adonan sedikit lalu bulatkan dan pipihkan beri cekungan pada bagian tengahnya Isi dengan telur yang sudah dikocok lepas kemudian tutup pinggirnya dengan cara di tekan agar rekat.
7. Ambil lagi adonan kemudian isi dengan rebon yang sudah dihakuskan lakukan hingga adonan habis. Kita punya empek-empek isi telur dan isi rebon.
8. Saatnya merebus bola-bola empek-empek kita. Didihkan air beri satu hingga dua sendok minyak goreng kemudian Rebus bulatan empek-empek hingga matang ditandai bulatan mengapung lalu angkat.
9. Tunggu sesaat bulatan empek-empek dingin baru di goreng.

Nah empek-empek tanpa ikan siap disantap dengan cuka.

Cara membuat cuka :

Cabai secukupnya, bawang putih digiling halus. Kemudian rebus air hingga mendidih masukan gula merah (biasanya Ummi menggunakan gula merah aren) dan asam jawa bila tidak ada boleh diganti dengan asam kandis. Masak hingga mendidih hingga menjadi agak mengental.

Mudakan "Resep Empek-Empek Dos Nggak Pakai Ikan" selamat mencoba dan selamat berlibur sekolah.

Monday, June 4, 2018

Ceker Ayam Crispy

Ceker Ayam Crispy. Halo moms, semoga hari-hari kita penuh dengan kebaikan ya. Apapun kondisi saat ini tetap berpikir positif dan yakin saja hidup adalah anugerah yang patut disyukuri. Membiasakan diri tampil ceria walau hati sedang sedih mungkin sulit bagi sebagian orang, tapi tidak bagi moms yang smart and cantik. Betul begitu?

Ok, kadang ide masak sempat mentok meskipun punya bahan yang bisa diolah. Rasa bosan pada menu yang itu-itu saja sudah biasa terjadi. Apa lagi si kecil selera makannya sering naik turun seperti tali timba, hehe ... becanda maafkan Ummi ya.

Kita cerita-cerita dulu ya. Ceritanya begini moms, tetangga Ummi panen mantang atau ketela rambat atau disebut juga muntul. Sebagai tetangga yang baik (cie, memuji diri sendiri nie ye ....) Ummi kebagian dong mantangnya nggak tanggung-tanggung sih buanyak banget sudah di olah macam-macam masakan berbahan mantang belum habis juga.

Setelah memperhatikan si gadis kecil paling suka dengan cemilan yang garing-garing, akhirnya muncul ide ini. Sebenarnya cemilan ini pernah nemuin sih di tempat lain, tapi lupa dimana ya? Di rumah kamu kali ya hehe ...



Nama masakannya Ummi kasih gelar : Ceker Ayam Crispy

Bahan-bahannya tidak banyak kita hanya butuh :

Mantang
Terigu
Minyak goreng

Cara membuatnya juga simpel banget :

Kupas mantang, kemudian potong memanjang seperti lidi korek.

Basahi potongan mantang dengan sedikit air kemudian taburi dengan tepung terigu dan ratakan. Kalau ingin menambahkan penyedap rasa boleh, tapi Ummi lebih suka original saja soalnya mantang yang Ummi punya sangat manis.

Kemudian siapkan wajan dan panaskan minyak. Ambil potongan mantang dan satukan dengan menggunakan bubuk tepung terigu tadi goreng dalam minyak panas hingga matang keemasan.

Angkat dan sajikan selagi hangat dan garing nikmat sebagai cemilan bersama teh manis atau berbuka puasa. Rasa manis dari mantang dan garingnya membuat lidah tak henti bergoyang asyik menikmati cemilan sederhana rasa istimewa.

Setelah diperhatikan hasilnya berantakan tak berarturan bentuknya sehingga dinamakan ceker ayam. Saat digigit teksturnya kranji alias renyah maka munculah ide kata cryspi. Nah, begitulah sejarah dari hasil olahan masakan hari ini, jadi bukan berbahan ceker ayam ya. Cukup sederhana dari bahan yang juga seadanya lumayanlah. Kalau punya cuko empek-empek enak juga loh di cocol cuko.

Silahkan di coba moms kalau suka, garingnya membuat anggota keluarga menyukainya. Sampai jumpa di postingan yang akan datang, barrakallah aamiin.

Sunday, June 3, 2018

Pergedel Kentang Abon Ikan

Pergedel Kentang Abon Ikan rasanya nagih. Punya kentang dan abon moms, buat pergedel yuk! Membuat pergedel pasti sering ya moms, tapi kali ini Ummi membuat pergedel dengan menambahkan abon ikan mujair. Sebenarnya ini karena stok di dapur mulai menipis, belum sempat belanja bahan-bahan masakan. Cek kulkas masih ada sedikit kentang lebih kurang setengah kiloan, daun seledrinya metik di kebun mini pojok halaman, alhamdulillah koki rumahan mulai beraksi deh!

Biar kurang enak badan harus tetap menyediakan sajian di atas meja demi sang buah hati tersayang yang masih terus semangat menjalankan ibadah puasanya. Bangganya Ummi padamu sayang.

Pergedel selain nikmat untuk lauk cocok juga sebagai lauk teman makan nasi. Kalau ingin dijadikan lauk untuk sahur cocok juga moms, pergedelnya kita buat sedari sore kemudian masukkan ke dalam kulkas saat sahur tiba kita tinggal menggorengnya saja, praktis kan.

Baiklah, dari pada Ummi ngoceh panjang lebar, seperti kata pepatah :

"ikan sepat ikan lele
sudah lambat bertele-tele"


lebih baik :

"ikan sepat ikan gabus
makin singkat makin bagus"




Ini dia resep dari Pergedel Kentang Abon Ikan Rasanya Nagih banget.

Bahan-bahan :

Kentang dikupas, potong-potong kemudian goreng dan di tumbuk hingga lumat.

Abon ikan secukupnya (Ummi abon sapi boleh nggak? Tentu saja boleh ya)

Satu butir telur

Lada dan bawang putih dihaluskan

Daun seledri secukupnya iris halus

Minyak untuk menggoreng

Cara membuat pergedel ala Ummi Hani :

Campurkan kentang lumat, abon ikan, lada halus, bawang putih halus, seledri yang sudah dirajang halus dan satu butir kuning telur. Aduk hingga benar-benar rata.

Kemudian bentuk bulatan-bulatan ukuran sedang saja agar pergedel cepat masak hingga kedalam.

Kocok lepas satu butir putih telur, masukkan satu persatu bulatan pergedel abon ikan ke dalam kocokan putih telur.

Siapkan kuali atau wajan beri minyak biarkan minyak cukup panas goreng pergedel hingga matang coklat keemasan. Tiriskan kemudian tata di piring saji pergedel abon ikan kita siap untuk dinikmati dicocol saos makin nikmat.

Moms, kalau tidak ingin menambahkan bumbu pada pergedel yang kita buat juga tidak apa-apa karena abon pada dasarnya sudah berbumbu.

Membuat pergedel abon ikan hati-hati dalam penambahan garam ya, karena biasanya abon sudah cukup asin, bila berlebihan menambahkan garam bisa-bisa pergedel kita keasinan nantinya.

Itu dulu untuk hari ini ya, mohon maaf terlambat posting (Ummi kegeeran ya, siapa kali yang nungguin, hehe ...) Ini efek kesehatan yang memburuk, mungkin Allah ingin mengingatkan betapa nikmat sehat itu teramat sangat kuar biasa, tapi alhamdulillah sekarang sudah mulai membaik walau masih sedikit lemas saja, mohon doanya ya semoga Ummi bisa kembali sehat seperti semula.

Sempat diomelin sama gadis kecil Ummi nih, "Ummi sih, puasa-puasa sibuk melulu, .. bukberlah, keliling kampunglah hujan-hujanan lagi, jadinya sakit tuh!" Aku cuma senyum aja mendengar celotehnya, Ummi tahu kok dia tak ingin Umminya sakit.

Duh! Maaf ya, ini antara ibu dan anak kok ditulis di blog, seperti buku harian saja 😊😊😊.

Wassallam


Monday, May 21, 2018

Resep Manisan Kolang Kaling Legit Empuk dan Mudah

bangeknihan.blogspot.com kali ini bersama Ummi Hani berbagi Resep Manisan Kolang Kaling Legit Empuk dan Mudah Apa itu kolang kaling? Pasti sudah tahu semua dong dari mana buah kolang kaling ini berasal.

Bulan Ramadhan banyak penjual kolang kaling. Kalau di awal Ramadhan harga kolang kaling lumayan tinggi 15.000 rupiah sampai 20.000 (beda daerah beda harga biasanya) rupiah perkilonya, namun harga kolang kaling umumnya mulai turun setelah pertengahan Ramadhan. Kolang kaling berasal dari buah pohon aren yang bergetah. Buah kolang kalinh sebelum sampai dipasaran sudah melewati beberapa proses :

* dengan cara membakar buah aren sampai hangus terlebih dahulu

* setelah hangus kemudian di ambil bijinya untuk di rebus selama beberapa jam

* biji yang sudah di rebus tersebut kemudian di rendam dengan larutan air kapur selama beberapa hari sehingga terfermentasikan.

Kolang kaling bisa diolah berbagaimacam makanan olahan dari bahan tambahan kolak sampai bahan tambahan minuman seperti saat bulan puasa ini.
Kali ini Ummi ingin berbagi resep membuat manisan kolang kaling yang legit enak dan mudah pastinya. Sebelumnya untuk diketahui bahwa kolang kaling sangat cocok bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Karena kolang kaling mampu membuat kenyang lebih lama dan menurunkan nafsu makan.

Tidak hanya itu, tapi kolang kaling mempunyai kandungan zat gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, pada setiap 100 gram kolang kaling mengandung :

93,8% kadar air
0,69% protein
4 gram protein
0,95 serat kasar, yang sangat baik untuk saluran pencernaan.



Makin yakin konsumsi kolang kaling setelah mengetahui bahwa kolang kaling kaya akan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita, ya iyalah. Sekarang saatnya kita mengetahui resep membuat manisan kolang kaling.

Mari kita lihat bahan dan cara membuat manisan kolang kaling legit dan mudah ini.

Bahan-bahan untuk Membuat manisan Kolang Kaling :

* Kolang kaling 2 kilogram atau sesuaikan dengan keperluanmu berapa banyak kamu akan membuat manisan kolang kaling
* Gula putih 100 gram
* Air bersih 500 ml
* Daun pandan 4 sampai 5 lembar
* Daun jeruk purut buang tulang tengah daunnya 15 hingga 25 lembar
* Garam dapur 1/4 sendok teh
* Sirup marjan merah 250 ml ( kamu bisa mengganti dengan sirup kesukaanmu)
* Pasta pandan merah 1 sendok teh

Cara Membuat Manisan Kolang Kaling :

1. Cuci bersih kolang kaling kemudian tiriskan

2. masukkan ke dalam panci air, gula pasir, daun jeruk purut, daun pandan dan garam.

3. Kemudian rebus sampai air mendidih lalu, setelah mendidij masukkan kolang kaling rebus kembali sampai kolang kalinh menjadi empuk dan airnya mengental.

4. Tambahkan sirup dan pasta pandan merah lalu aduk hingga rata dan masak sampai kuah sirup mengental dan menyerap

5. Tunggu hingga air rebusan mengering sambil terus diaduk

6. Setelah air rebusan mengering turunkan panci dari atas kompor

7. lanjutkan mengaduk kolang kaling sebelum dipindahkan ke dalam wadah sambil menghilangkan uap panasnya

8. Setelah uap panas hilang masukkan kedalam wadah tertutup simpan dalam lemari es

9. Semakin lama manisan kolang kaling akan semakin legit dan enak

10. Kamu bisa menyimpan manisan kolang kaling dalam lemari es agar lebih awet sampai satu bulan bahkan lebih

Bagaimana?
Tertarik untuk mencoba membuat manisan kolang kaling legit empuk dan mudah ini, selamat mencoba ya semoga berhasil dan sesuai dengan seleramu Resep Manisan Kolang Kaling Legit Empuk dan Mudah ini. Salam Ramadhan untuk semuanya.

Monday, May 7, 2018

Resep Praktis Membuat Banana Nugget Sendiri

Resep Praktis Membuat Banana Nugget Sendiri. Halo para pencinta cemilan berbahan utama pisang kamu bisa membuat nugget pisang sendiri loh di rumah. Ummi lagi di dapur nih. Kamu pasti tak asing lagi dengan jenis cemilan yang satu ini. Ummi yakin cemilan ini sedang tren banget dikalangan pencinta kuliner berbahan pisang.

Banana nugget bisa kamu dapatkan di mall atau di penjual makanan kaki lima. Ada jejeran penjual banana nugget di pinggir jalan dengan gerobak dorongnya. Pemandangan tak asing di kota tempat tinggal Ummi. Rasanya manis siap memanjakan lidah dengan bermacam toping atau varian rasa ada dari keju, coklat, greentea, tinggal pilih sesuai selera lidahmu.
Tekstur dari banana nugget ini sangat lembut karena kolaborasi dari susu, tepung dan pisang yang dilumat terlebih dahulu dan dibuat sedemikian rupa hingga sangat berbeda dengan pisang goreng biasa.

Asal kamu mau sedikit saja bersibuk ria di dapur ternyata membuat nugget pisang sendiri sangat mudah loh. Kamu akan percaya setelah kamu mencobanya sendiri di rumah.



Ummi sudah nenguji resepnya di dapur Ummi dan sukses tak kalah rasanya dengan yang dijual dilangganan Ummi, hem, .... kamu ingin ikut mencoba? Sekali-kali buat sendiri bolehlah. Kita simak dulu resepnya yuk!!!

Bahan-bahan Resep Praktis Membuat Banana Nugget Sendiri :

•400 gram pisang kepok matang (pisang raja ok juga)
•65 - 70 gram telur cukup kita kocok lepas saja (kira satu butir telur)
•15-20 gram gula bisa disesuaikan dengan manisnya pisang
•25 gram susu bubuk
•75 gram tepung terigu 
•1/4 sdt garam
•1/2 sdt vanili

Bahan pencelup dan baluran :

•1 butir telur cukup kita kocok lepas juga
• Tepung panir secukupnya saja
•Minyak untuk menggoreng

Cara membuatnya :

1. Haluskan pisang, kemudian tambahkan semua bahan kecuali tepung dan aduk semua bahan tadi menjadi jadi satu dan rata.

2. Setelah bahan pisang tercampur rata masukkan tepung terigu aduk lagi pelan-pelan saja.

3. Ambil loyang alasi dengan baking paper atau kertas roti dan olesi minyak/mentega kemudian masukkan adonan tadi

4. Panaskan kukusan atau dandang hingga airnya mendidih kemudian kukuslah adonan tadi menggunakan api yang sedang saja. Lama pengukusan lebih kurang 15 sampai 25 menit.

5. Setelah matang angkat dan biarkan dingin. Setelah dingin potong-potong sesuai selera kamu.

6. Celupkan potongan nugget pisang ke dalam kocokan telur dulu baru celupkan ke tepung panir.

7. Kamu bisa langsung menggorengnya atau simpan dulu di dalam freezer.

8. Setelah digoreng saatnya kamu tinggal memberi toping yang kamu inginkan.

Nah gimana? Resep Praktis Membuat Banana Nugget Sendiri, mudah banget ya. Rasanya juga enak banget loh, hati-hati kamu bakal ketagihan.



Selamat dicoba ya semoga berhasil dan selamat menikmati banana nugget buatan sendiri.

Sunday, April 22, 2018

Resep Pergedel Tahu Dicocol Saus Kecap Makin Nikmat

Resep Pergedel Tahu Dicocol Saus Kecap Makin Nikmat


Halo! Kali ini dapat ide postingan dari sahabat blog yang berasal dari negara jiran Malaysia. Ternyata di sana sedang tren tahu bergedil/pergedel. rasa penasaranku membuatku browsing di mbah cerdas serba tahu yaitu siapa lagi kalau bukan google.

Melihat dan membaca tentang tahu bergedil ini selera makanku mulai menggelora. Okay, kita simak dulu apakah tahu begedil itu?

Menurut analisaku tahu bergedil adalah tahu isi selayaknya tahu yang ada di Indonesia beda-beda tipis, kalau di Indonesiakan mungkin pergedel tahu kira-kira begitu ya. Tapi, aku sangat yakin ini sudah bisa dipastikan snak atau kudapan yang istimewa dan bernilai gizi tinggi. Oh ya ....

Baiklah aku rasa kamu tak kalah penasarannya denganku. Tentu saja bagi pencinta kuliner sudah tak sabar ingin segera merasakannya. nah sekarang save dulu resepnya yuk!



Kita siapkan dulu bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bergedil tahu :



* 4 buah tahu putih ukuran sedang dihaluskan
* 3 buah kentang yang sudah direbus atau di goreng dan kemudian dihaluskan atau dilumatkan
* Daging ayam cincang halus. Kamu boleh menggunakan daging ayam yang sudah direbus dulu kalau ingin, tak masalah apa yang kamu inginkan.
* 1 - 2 siung bawang putih yang dicincang halus
* Boleh tambahkan juga bawang goreng lebih sedap lagi tidak suka ya boleh abaikan bawang gorengnya
* 1 - 2 daun sup atau disebut juga daun seledri iris atau dicincang kasar
* 1 - 2 buah cabe merah dan cabe hijau ( oposional aja ya tergantung selera pedasmu) diiris kasar
* 1 buah lobak atau bila tak ada lobak boleh diganti wortel juga ok kemudian dicincang
* 1 sendok teh tepung jagung
* 1 sendok teh lada atau merica putih halus
* 1 siung bawang putih goreng (bawang putih diiris tipis kemudian goreng)
* 1 sendok teh garam atau secukupnya
* 2 butir telur

Kamu bisa mengganti daging ayam dengan udang, kalau diinginkan

Cara membuat tahu pergedel/bergedil tahu :

1.  Campurkan kentang halus dan tahu yang juga sudah dihaluskan kemudian aduk hingga rata.

2.  Kemudian masukan juga bahan-bahan lainnya, daging ayam cincang, wortel, bawang putih garam, tepung jagung pokoknya semua bahan kecuali telur. Kemudian aduk hingga tercampur rata.

3.  Setelah tercampur rata ambilah adonan tahu dan kentang kemudian kamu bulatkan dengan menggunakan tangan, so manual ya. Besar bulatan lebih kurang sebesar bola pimpong. Bisa kamu kira-kira yups ....



4.  Kamu bisa mencoba cara masak yang lainnya juga loh, yaitu dengan cara dimasukkan ke dalam tahu kopong. Nah ini yang aku sebutkan tadi diawal ada kemiripan dengan tahu isi (tahu bunting bahasa lainnya).

Caranya yaitu :

Kamu ambil tahu kopong, biasanya banyak dipenjual tahu. Tahu kopong adalah tahu yang ditengahnya kopong atau kosong. Kalau kamu kesulitan mendapatkan tahu kopong, bisa juga kamu gunakan tahu goreng kemudian kamu kerok bagian dalamnya dengan cara menyayat bagian tepi tahu atau boleh juga bagian tengah tahu, yang penting jangan sampai koyak/sobek agar nanti saat memasukkan isi ke dalam tahu tidak berantakan.



Setelah isi tahu dikeluarkan saatnya kamu memasukkan adonan tahu dan daging ayam ke dalam tahu kopong tadi. Isilah tahu kopong hingga penuh dan hati-hati saat mengerjakannya ya ....

5.  Bedanya dengan tahu isi yang sering didapatkan di Indonesia yaitu, kalau tahu bergedil dicelupkan di dalam kocokan telur sebelum di goreng sedangkan tahu isi (tahu bunting) di celupkan ke dalam adonan tepung terigu sebelum berlangsung dipenghorengan, oleh sebab itu aku menyimpulkan sendiri tahu bergedil adalah pergedel tahu kalau di Indonesia-kan karena proses sebelum menggorengnya dicelupkan dulu ke dalam kocokan telur. Sekarang kita mengambil telur dan pecahkan, kemudian kocok sebentar. Saatnya kamu mencelupkan tahu bergedil kedalam kocokan telur.

6. Siapkan wajan atau kuali isi dengan minyak goreng. Tunggu sesaat minyak dalam wajan panas saatnya kamu mencelup pergedel tahu ke dalam kocokan telur kemudian menggoreng bergedil tahu dengan api sedang hingga berwarna kuning keemasan.



7. Untuk mendapatkan warna pergedel(bergedil) tahu yang cantik, kamu bisa mengganti minyak goreng yang digunakan setelah 2 atau 3 kali menggoreng tahu pergedel.

8. Tara ... Tahu begedil siap untuk dihidangkan. Kamu bisa menikmati tahu begedil ini sebagai kudapan di sore hari sebagai teman minum teh atau bisa juga kamu gunakan sebagai lauk teman makan nasi. Soal rasa lidah tak pernah bohong.



9. Tahu begedil juga akan semakin nikmat bila di cocol dengan saus kecap.

Cara membuat saus kecap untuk mencocol tahu begedil :

Taruh kecap manis dalam mangkuk atau cawan kecil. Tambahkan irisan cabai rawit, irisan bawang merah, irisan tomat, irisan timun. Demikian info resep kita hari ini Resep Pergedel Tahu Dicocol Saus Kecap Makin Nikmat.



Mudahkan tahu begedil cocolkan di saus kecap saat akan memakannya, rasakan sensasi pedas gurih dan manis di lidahmu. Hem .... Sedap! Nikmat mana lagi yang engkau dustakan? (QS : Ar-Rahman).

aneka snak gorengan :Resep Pergedel tahu di cocol saus kecap makin nikmat