Bangek Nihan

Blog berbagi tips menarik dan beragam informasi

Showing posts with label khas Nusantara. Show all posts
Showing posts with label khas Nusantara. Show all posts

Tuesday, May 22, 2018

Nikmatnya Gemblong Bertabur Abon Ikan.

Nikmatnya Gemblong Bertabur Abon Ikan. Kue tradisional Indonesia memang sangat banyak dan beragam dari yang asin gurih hingga yang rasa manis. Gemblong termasuk kue tradsional khas Indonesia. Namanya cukup unik dan mengundang tanya. Bahkan Ummi pun harus ekstra hati-hati dalam menyebuunya khawatir kepleset jadi salah arti nantinya (becanda)

Kue Gemblong itu apa sih?

Gemblong adalah kue khas tradisional Indonesia yang terbuat dari ketan putih, kelapa parut dan santan. Gemblong juga termasuk jajan pasar yang sangat di cari dan digemari karena rasanya yang khas dan tak kalah nikmatnya dengan kue modern yang ada di seantero jagad raya ini.

Cara pembuatannya juga sangat praktis dan mudah banget loh, kamu hanya membuat adonan dasar berbahan tepung beras ketan putih yang diuleni sampai kalis lalu dibentuk mirip dengan bola-bola kecil atau disesuaikan dengan selera kamu. Setelah dibentuk kamu tinggal menggorengnya. Cara penyajiannya pun sangat bervariasi kamu tinggal menikmatinya begitu saja atau kamu bisa membalurinya dengan gula dan bisa juga menaburi gemblong yang sudah di goreng dengan abon, rasanya? Wueh! .... Yakin kamu bakal susah move on dari gemblong hehe ....

Konon di Jawa Timur ada juga gemblong yang dibuat dari ketan hitam dan singkong. Gemblong yang terbuat dari ketan hitam disebut dengan kue getas. meskipun beda bahan dasar dan nama keduanya sama enaknya loh, nggak percaya? Buat dong biar penasaranmu hilang. Menurut beberapa cerita dari orang tua-tua kue gemblong diambil dari nama bentuknya yang lonjong-lonjong. Keberadaan kue gemblong ini sudah ada sejak zaman penjajahan.

Kalau biasanya kue gemblong dinikmati dengan gula yang dilumerkan kali ini Ummi ingin menyajikan cara menikmati yang lainnya yaitu : Nikmatnya Gemblong Bertabur Abon Ikan. Penasaran? Ayo kita lihat resepnya ya ....

Bahan-Bahan untuk membuat Gemblong :

* Tepung ketan sebanyak 350 gram

* Tepung beras sekitar 100 gram

* Kelapa yang masih agak muda ½ butir, diparut memanjang lalu dikukus

* Garam sekiranya 1/2 sendok teh

* Santan kental sebanyak 350 ml

* Minyak goreng sesuai dengan kebutuhan.

* Abon ikan banyak di jual di toko-toko makanan di swalayan juga ada. Abon ikan ini beragam ada abon ikan air tawar dan ada abon ikan laut (abon ikan tuna) rasanya juga ada yang original ada juga yang rasa pedas, kamu silahkan pilih mau rasa apa.

Sekarang kita mulai pada proses pembuatan gemblong :

1. Kamu siapkan dahulu wadah yang nantinya akan kita gunakan untuk mencampurkan bahan-bahan.

2. Kemudian campurkan tepung beras, tepung ketan, garam, dan kelapa parut.

3. Aduk-aduk sampai semua bahan di atas tercampur secara merata dan sempurna

4. Setelah tercampur secara merata, tumbuk-tumbuk semua bahan tadi. Usahakan tumbukan kelapa parut hingga agak sedikit hancur. Kamu bisa menumbuk kelapa parut dengan menggunakan bantuan sendok kayu atau peralatan lainnya.

5. Sekarang, masukan santan yang telah kita persiapkan ke dalam adonan tersebut.

6. Cara memasukannya adalah sedikit demi sedikit sambil diaduk. Tehnik pencampuran yang demikian bertujuan agar santan dapat tercampur secara merata bersama dengan adonan tepung beras dan ketan tadi.

Usahakan jangan terlalu encer mencampurkan santan ke dalam adonan kalau terlalu encer adonan akan sulit dibentuk bulat. Setelah tercampur dengan baik bentuk adonan yang telah dibuat tadi menjadi lonjong memanjang seperti lontong. Bentuk dan ukurannya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Silahkan bentuk semua adonan yang telah dibuat sampai habis.



7. Kemudian potong-potong melintang seperti memotong lontong nasi.

8. Selanjutnya panaskan minyak secukupnya di atas wajan penggorengan. Setelah panas, masukan potongan gemblong. Goreng gemblong tersebut sampai matang kekuninganan.

9. Setelah matang tata dalam piring saji dan taburi dengan abon ikan.

Mudah ya membuatnya. Selamat mencoba resepnya dan rasakan Nikmatnya Gemblong Bertabur Abon Ikan. Dengan menambahkan taburan abon ikan gemblong yang kita sajikan tidak sekedar enak dilidah saja, tapi gizinya menjadi lebih kaya.

Tipsnya :

1. Gunakan api sedang saja saat menggoreng agar gemblong tidak merekah atau pecah.

2. Minyak harus benar-benar panas saat menggoreng agar gemblong tidak menyerap minyak goreng berlebihan.

Sunday, May 13, 2018

Pindang Mujair Nanas Madu

Pindang Mujair Nanas Madu. Selamat datang kembali di blog Bangek Nihan. Hari libur adalah hari yang tepat untuk memanjakan lidah anggota keluarga. Caranya, yaitu dengan menyajikan masakan kegemaran keluarga.

Masak yuk!!!

Setelah sempat absen berbagi resep kali ini Ummi ingin berbagi resep khas nusantara. Pindang Mujair Nanas Madu adalah khas dari Sumatera Selatan tepatnya Kota empek-empek yaitu : Palembang.

Palembang tidak hanya terkenal dengan empek-empeknya yang super enak banget, tapi juga ada banyak kuliner yang khas dari kota Palembang, seperti : lenggang, burgo, kue kojo, kue gandus, model, tekwan dan masih banyak lagi.

Kali ini Ummi ingin share resep yang sangat digemari dalam keluarga, yaitu Pindang Mujair Nanas Madu. Mengapa nanas? Nanas salah satu buah yang cukup banyak di kota Palembang tepatnya di Prabumulih. Nanas juga sangat kaya akan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Tidak hanya untuk kesehatan, tapi juga nanas dipercaya bisa membuat awet muda. Silahkan cek dan ricek kamu akan temui beberapa artikel yang membahas hal ini, salah satunya ini "Makan Nanas Setiap Hari Bikin Wajah Awet Muda" silahkan klik agar kamu mendapat informasinya.

Kebiasaan memadu padankan masakan antara lauk dan buah adalah ide cerdas cara mendapatkan nutrisi secara bersamaan dalam masakan kita, yaitu proteinnya dapat, vitaminnya dapat dan serat yang sangat penting bagi pencernaan juga dapat.

Ummi kali ini pilih nanas madu karena nanas madu rasanya manis dan lebih mudah ditemui untuk saat ini. Kalau kamu kesulitan menemukan nanas madu di kotamu jangan berkecil hati bisa diganti dengan nanas Bogor. Nanas Bogor juga enak banget dijadikan bahan tambahan membuat gulai maupun selai.

Sebagian besar orang Palembang sangat suka dengan makanan yang rasanya nano nano. Paduan rasa asin manis pedas sedikit asam sangat diminati oleh orang Palembang. Coba kalau kita mengecap cuka khas Palembang, rasanya sangat segar kolaborasi rasa yang tajam menjadi khas di cocol empek-empek ini.



Mari kita mulai dengan bahan-bahan dari resep pindang mujair nanas madu ini.

Bahan-bahan :

500 gram ikan mujair kita bersihkan kemudian potong sesuai selera (ummi bisa diganti dengan ikan lain nggak? Jawabnya : boleh)
beberapa tangkai daun kemangi
Beberapa potongan nanas
dua ruas jari orang dewasa lengkuas cukup dimemarkan saja
1 batang serai juga dimemarkan
5-6 sendok makan kecap manis (sesuai selera)
10 cabe rawit utuh
gula merah secukupnya
garam secukupnya
air secukupnya
air asam atau asam kandis sesuai selera

Bumbu-bumbu :

7 siung bawang merah, iris tipis
5 siung bawang puitih iris tipis
2-4 cabai merah iris menyerong atau melingkar
satu ruas jari orang dewasa kunyit goreng tumbuk kasar

Cara Memasak memasak pindang mujair nanas madu :

1. Lumuri ikan mujair dengan air jeruk nipis hingga rata. Diamkan sebentar sampai meresap. Ikan mujair untuk pindang boleh digoreng dulu kalau kamu suka, tergantung selera. Ummi lebih suka dengan menggorengnya sebentar sebelum di masak pindang.

2. Tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah dan kunyit hingga harum. Tambahkan serai, lengkuas dan daun salam.

3. Masukkan air, kecap, cabai rawit utuh, air asam, gula, potongan nanas terakhir ikan mujair. Tunggu hingga memdidih dan ikan matang. Tes rasanya sebelum diangkat. Kalau sudah pas segera angkat dan sajikan dengan nasi hangat beserta lalapan. Rasanya enak banget.

4. Jangan lupa sebelum menyantap pindang mujair nanas madu ini bersyukur pada sang pemberi rezeki. Berdoa dulu ya.



Selamat mencoba masakan khas nusantara dari kota Palembang kota wong kito punyo pindang mujair nanas madu enak banget.

Wednesday, May 2, 2018

Cara Membuat Bubur Durian Praktis dan Nikmat


Cara Membuat Bubur Durian Praktis dan Nikmat


Kembali hadir di blog Bangek Nihan, kali ini Ummi ingin berbagi resep masakan yang berbahan utama buah durian. Kamu pasti tahu buah durian mengeluarkan aroma yang sangat harum dan aromanya bisa tercium sampai ke rumah tetangga.

Beberapa hari lewat ada anggota keluarga Ummi yang mendatangkan buah durian dikediaman Ummi. Ummi tak ingin berbagi aroma buah duriannya saja, tapi Ummi juga ingin berbagi buah durian dengan tetangga.

Hem, sayangnya kalau berbagi buah durian dengan tetangga tidaklah cukup mengingat buah durian hanya ada empat buah. Akhirnya Ummi memutuskan membuat bubur durian agar bisa berbagi dengan tetangga.

Ummi Hanni apakah membuat bubur durian itu rumit?

Membuat bubur durian sangat mudah sayang, itu sebabnya Ummi mengatakannya Membuat Bubur Durian Praktis bersama Ummi Hani di blog Bangek Nihan rasanya enak banget bagi yang suka.

Loh kok yang suka Ummi? Ya, karena ada juga yang tidak suka dengan buah durian karena aromanya yang sangat menyengat.

Buah durian kaya akan vitamin C dan vitamin A serta zat dan mineral lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Selama kita konsumsi durian dalam batas porsi yang sesuai atau sesuai angka kecukupan gizi tentu akan memberikan manfaat yang baik pada tubuh kita.

Baiklah kita mulai resep Cara Membuat Bubur Durian Praktis dan Nikmat bahan-bahan yang kita butuhkan adalah :

Buah durian
Ketan
Santan kelapa
Gula merah aren
Sejimpit garam

Cara membuat bubur durian sangat praktis :

Didihkan santan kelapa. Setelah santan kelapa mendidih masukkan buah duriannya, rebus buah durian hingga matang. Beri sejimpit garam tidak perlu sampai terasa asin.

Sisir dulu gula merah aren kemudian rebus dengan air secukupnya, setelah gula merah mencair saring air gula merah kemudian masukkan ke dalam rebusan santan dan buah durian.

Biarkan mendidih kembali lebih kurang satu menit. Kemudian angkat.

Aron beras ketan kemudian kukus hingga matang.

Sajikan bubur durian bersama ketan dan jangan lupa bagikan pada tetangga.

Soal rasa lidah tak pernah bohong rasanya manis gurih enak banget terutama akan terasa lebih nikmat bila berbagi dengan tetangga hehe ....

Bagaimana setelah membaca step-step dari membuat bubur durian di atas?
Tentunya sangat praktis sekalikan. Dan yang menyenangkan kita tidak hanya sekedar berbagi aroma buah durian dengan tetangga, tapi juga bisa berbagi buah duriannya juga dengan cara di olah dulu menjadi olahan masakan, yaitu bubur durian. Bubur durian termasuk masakan khas dari Sumtera Selatan.

Semoga bisa menjadi solusi bagi yang ingin berbagi dan selamat mencoba resep praktis Ummi Hani hari ini sampai jumpa di blog Bangek Nihan di hari yang akan datang. In syaa Allah, aamiin.

Berikut ini tayangan cara membuat bubur durian praktis dan nikmat bersama Ummi Hani selamat menyaksikan.



Tuesday, February 21, 2017

Ayam Masak Kecap

Ayam Masak Kecap
Oleh Ummi Hanni

Resep Ayam Kecap ini menggunakan kecap pedas manis, yang rasanya selain pedas manis juga gurih dan menggelitik lidah dengan sensasi pedasnya. Resep ini spesial dan cocok untuk dicoba buat bersantap siang bersama keluarga di akhir pekan.

BAHAN:

1/2 ekor ayam, potong 6 bagian, tambahkan 1/2 sendok teh garam dan 2 sendok makan air jeruk nipis, aduk rata
4 siung bawang putih, memarkan
1/2 ruas jari jahe, memarkan
1/2 butir bawang bombai, potong panjang
2 tangkai daun bawang, potong serong
5 sendok makan Kecap Bango Manis Pedas Gurih
1/2 sendok teh lada putih bubuk
1/4 sendok teh garam
1 buah tomat, potong panjang
100 ml air
Minyak goreng secukupknya untuk menggoreng
1 sendok makan margarin, untuk menumis

CARA MEMBUAT:

Panaskan minyak, goreng ayam dalam minyak panas hingga matang tapi tidak kering, angkat, sisihkan. Panaskan margarin, tumis jahe dan bawang putih hingga harum, lalu masukkan bawang bombai, tumis hingga layu. Masukkan ayam, aduk sebentar. Tambahkan Kecap Bango Manis Pedas Gurih, air, garam, lada, tumis hingga matang. Masukkan tomat dan daun bawang, aduk sebentar, angkat.

Sajikan hangat.

Sate Daging Sapi Nikmat

Sate Daging Sapi Nikmat
Oleh Ummi Hanni

Sate atau satay juga merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sangat populer di kancah internasional. Resep Sate Daging Sapi Nikmat ini adalah salah satu variasi dari hidangan tradisional sate khas Indonesia yang gurih dan manis pada saat bersamaan.

BAHAN:

500 gram daging sapi has dalam, dipotong dadu
200 ml Kecap Manis Bango
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus :

5gram asam jawa
4 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 cm lengkuas
1/4 sendok teh jintan
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh lada
50 gram gula merah, disisir halus
2 sendok teh ketumbar

CARA MEMBUAT

Aduh rata daging, bumbu halus, Kecap Manis Bango dan minyak goreng. Diamkan selama 2 jam. Tusuk daging di tusukan sate. Bakar sambil dioles sisa bumbu hingga matang.

Untuk 4 porsi

Sunday, November 27, 2016

Resep Membuat Kerak Telor



Bahan:
- 250gr beras ketan, rendam 1 malam, tiriskan
- 6 btr telur, kocok lepas )
- 1/2 sdt merica               ) campur jadi 1
- 1/2 sdt garam                )
- 100gr ebi, rendam air panas, sangrai, haluskan
- 10 sdm bawang goreng

Bahan serundeng:
- 250gr kelapa parut, sangrai sampai kering
- 5 ruas jari kencur, haluskan
- 4 ruas jari jahe, haluskan
- 8 buah cabai merah besar, haluskan
- 1 sdt gula pasir

Cara membuat:
1. Panaskan wajan, masukkan 3 sendok makan ketan di atasnya. Tekan dan buat bulat sampai ketan menempel. Tutup wajan, kecilkan api, diamkan selama 5 menit.
2. Buka tutp wajan, tuang 6 sendok makan telur kocok yang telah diberi bumbu. Putar-putar, balikkan wajan sampai telur terpanggang api.
3. Setelah matang, lepaskan kerak telur dari wajan. Tabur dengan serundeng, bawang goreng dan ebi. Sajikan.
4. Serundeng: campur semua bahan, sangrai sampai kering.

* Untuk 5 porsi