Bangek Nihan

Blog berbagi tips menarik dan beragam informasi

Monday, January 21, 2019

Bolu Kojo Manis Khas Palembang

Bolu Kojo Manis khas Palembang. Ahay .... Ternyata bolu kojo ini tidak hanya ada di Palembang loh! Di Bandung ada, di Bengkulu juga ada hanya saja mungkin cara pengolahannya dan bahan-bahan yang digunakan ada sedikit perbedaan namun itu bukanlah masalah karena kita satu tanah air yaitu Indonesia persamaan dan perbedaan adalah keindahan yang Allah ciptakan untuk kita syukuri bukan sebaliknya, betul begitu?

Mungkin di daerah lain beda warnanya dan beda cara memasaknya ada yang dipanggang ada pula dengan cara di kukus tapi soal rasa tetap saja sama nikmatnya. Kali ini admin ingin berbagi resep cara membuat bolu kojo khas Palembang, sangat sayang rasanya bila resep ini tak dishare di blog Bangek Nihan selain mungkin bisa bermanfaat untuk pembaca yang membutuhkan juga sebagai koleksi admin untuk menambah khas Nusantara di blog Bangek Nihan sekaligus bisa dibaca ulang oleh admin bila suatu saat ingin membuat lagi, maklumlah manusia biasa banyak lupanya.

Bolu koja atau bolu kojo uji wong Palembang ini tampilan agak basah meskipun cara memasaknya dengan cara di panggang. Teksturnya lembut dan padat tidak seperti bolu kebanyakkan yang Berongga atau berpori kalau bolu koja tergolong bolu yang padat tidak berpori tapi lembut.

Bolu kojo manis khas Palembang ini sangat unik karena kamu bisa menambahkan bermacam rasa dalam pengolahan nya, kamu bisa menambahkan rasa durian atau rasa nangka wuih .... Jadi tambah lezat rasanya manis gurih dan rasa durian atau nangka menyatu dalam mulut ditemani secangkir kopi, teh atau air putih hangat sudah cukup membuat kamu terbuai dengan kenikmatan rasa dari bolu koja ini.

Mungkin kamu pernah juga menemukan bolu koja lapis nah itu cara memanggang nya dengan cara selapis-selapis ini membutuhkan kesabaran dan ketelatenan untuk menghasilkan bolu koja lapis, bahannya sama saja hanya cara memanggang nya yang berbeda-beda.

Kali ini blog Bangek Nihan akan membagikan Resep Kue Bolu Kojo Khas Palembang yang lembut dan legit. Sebelum lupa ada yang mengatakan Bolu Kojo disebut kue kojo atau bolu lapis kojo atau juga bolu koja atau bolu kemojo warna ijo dengan rasa manis legit, wah ..... Banyak banget nama dari bolu koja ini. Dak Taulah mungkin oleh yang buatnyo wong Sekojo jadi namonyo dak lepas dari kato Kojo yo....

Kalau di Palembang Kue Bolu kojo ini selalu ada karena merupakan salah satu makanan khas Palembang yang selalu disajikan pada saat acara-acara adat, seperti pernikahan, cukuran (Marhaba), khitanan bahkan acara-acara yasinan pun selalu ada. Tidak hanya untuk sajian acara adat, tapi sebagai Makanan yang biasa di sajikan sebagai sarapan pagi ataupun teman minum teh saat sore hari bersama keluarga sangat menggugah selerah dengan rasa manisnya. Yaps betul sekali ciri khas dari kue bolu koja khas Palembang ini salah satunya rasanya yang teramat manis sekali karena penggunaan gula dan susu kental manis dalam bahan pembuatan kue bolu koja ini. Ayolah kita lihat resepnya ya moms.


'Keterangan gambar Bolu Kojo IG @ummihanniblog

Resep Kue Bolu Kojo Manis Khas Palembang.

Bahan :

8 butir telur
2 gelas gula putih
2 gelas tepung terigu
1 gelas santan kara instan atau santan kental dari kelapa yang diparut kemudian diambil santannya
1 gelas air perasan daun pandan dan daun suji
Mentega atau margarin

Cara Membuat Kue Bolu Kojo Manis Khas Palembang  :

Kocok telur terlebih dahulu.

Masukkan gula sambil diaduk hingga rata dan gula larut setelah gula larut masukkan air perasan daun pandan, daun suji serta santan kental.

Masukkan tepung terigu secara perlahan dambil di aduk-aduk rata.<:br>

Panaskan loyang yang sudah diolesi mentega dengan api kecil. Tuangkan adonan ke dalam loyang lalu tutup rapat dan lanjutkan memanggang hingga matang. Uji kematangan kue bolu kojo dengan cara menusukkan lidi ke dalam bolu kojo bila tidak ada yang menempel pada lidi itu bertanda kue bolu kita sudah matang.

Saatnya mengangkat kue dari atas api atau oven. Tunggu sesaat sebelum di keluarkan dari loyang agar kue bolu hilang uap panasnya. Kemudian siap dipotong-potong untuk disajikan. Jika pisau kue yang kamu gunakan lengket kamu bisa membungkus pisau kue dengan plastik bening sebelum digunakan untuk memotong kue.

Ok sayang selamat mencoba ya kue ini sangat manis dan enak banget, kata orang Lampung "bangek nihan" kata orang Palembang "lemak nian" ....

6 comments:

  1. saya rasa kalau kuih ini dimakan bersama air kopi...waduhhhhh heaven! haha

    ReplyDelete
  2. p/s mbak ada tak recipe sambal ayam penyet palinggggg sedap dan pedas berapi? boleh share dengan kami??

    ReplyDelete
  3. Di Bandung ada, dimananya? jadi ingin beli nih biar tidak penasaran.

    ReplyDelete
  4. Wah sayang sekali saya saca tulisan ini sesudah saya cabut dari palembang. Kalau masih di sana kan bisa lah beli bolu kojo buat oleh2.

    ReplyDelete
  5. Wah, nikmat sekali nih kayanya buat camilan sore :D Tapi kalau aku recook kayanya telurnya aku ganti pakai pisang, hehehe :)

    ReplyDelete