Bangek Nihan

Blog berbagi tips menarik dan beragam informasi

Monday, June 4, 2018

Ceker Ayam Crispy

Ceker Ayam Crispy. Halo moms, semoga hari-hari kita penuh dengan kebaikan ya. Apapun kondisi saat ini tetap berpikir positif dan yakin saja hidup adalah anugerah yang patut disyukuri. Membiasakan diri tampil ceria walau hati sedang sedih mungkin sulit bagi sebagian orang, tapi tidak bagi moms yang smart and cantik. Betul begitu?

Ok, kadang ide masak sempat mentok meskipun punya bahan yang bisa diolah. Rasa bosan pada menu yang itu-itu saja sudah biasa terjadi. Apa lagi si kecil selera makannya sering naik turun seperti tali timba, hehe ... becanda maafkan Ummi ya.

Kita cerita-cerita dulu ya. Ceritanya begini moms, tetangga Ummi panen mantang atau ketela rambat atau disebut juga muntul. Sebagai tetangga yang baik (cie, memuji diri sendiri nie ye ....) Ummi kebagian dong mantangnya nggak tanggung-tanggung sih buanyak banget sudah di olah macam-macam masakan berbahan mantang belum habis juga.

Setelah memperhatikan si gadis kecil paling suka dengan cemilan yang garing-garing, akhirnya muncul ide ini. Sebenarnya cemilan ini pernah nemuin sih di tempat lain, tapi lupa dimana ya? Di rumah kamu kali ya hehe ...



Nama masakannya Ummi kasih gelar : Ceker Ayam Crispy

Bahan-bahannya tidak banyak kita hanya butuh :

Mantang
Terigu
Minyak goreng

Cara membuatnya juga simpel banget :

Kupas mantang, kemudian potong memanjang seperti lidi korek.

Basahi potongan mantang dengan sedikit air kemudian taburi dengan tepung terigu dan ratakan. Kalau ingin menambahkan penyedap rasa boleh, tapi Ummi lebih suka original saja soalnya mantang yang Ummi punya sangat manis.

Kemudian siapkan wajan dan panaskan minyak. Ambil potongan mantang dan satukan dengan menggunakan bubuk tepung terigu tadi goreng dalam minyak panas hingga matang keemasan.

Angkat dan sajikan selagi hangat dan garing nikmat sebagai cemilan bersama teh manis atau berbuka puasa. Rasa manis dari mantang dan garingnya membuat lidah tak henti bergoyang asyik menikmati cemilan sederhana rasa istimewa.

Setelah diperhatikan hasilnya berantakan tak berarturan bentuknya sehingga dinamakan ceker ayam. Saat digigit teksturnya kranji alias renyah maka munculah ide kata cryspi. Nah, begitulah sejarah dari hasil olahan masakan hari ini, jadi bukan berbahan ceker ayam ya. Cukup sederhana dari bahan yang juga seadanya lumayanlah. Kalau punya cuko empek-empek enak juga loh di cocol cuko.

Silahkan di coba moms kalau suka, garingnya membuat anggota keluarga menyukainya. Sampai jumpa di postingan yang akan datang, barrakallah aamiin.

50 comments:

  1. bahannya sederhana sekali ya hanya 3 macam saja untuk membuat cripsy dari ceker ayam
    bisa dipraktekkan, tapi bumbunya saya kurang paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantang secara rasanya sudah cukup manis, bila ingin menambahkan bumbu bisa ditambahkan sebelum ditaburi tepung terigu
      Caranya : basahi mantang dengan sedikit air beri garam, bawang putih dan ketumbar halus, ketumbar bisa diganti dengan lada halus kopyok sebentar untuk meratakan bumbunya, kemudian taburi tepung terigu kering, irisan mantang yang masih dalam kondisi basah akan rekat dengan sendirinya saat ditaburi tepung terigu bila kesulitan bisa menggunakan tangan agar irisan mantang rekat satu dengan yang lainnya kemudian goreng

      Delete
  2. Ulala,, sajian ceker ayam krispy yang menggoda nih umi, bahannya gampang juga yaa kirain agak sulit.. Pasti krenyes2 gtu ya ummi.. enakkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang banget sust teksturnya krenyes-krenyes betul

      Delete
  3. heemmm berarti bukan Ceker ayam betulan ya..UM ..ternyata olahan ubi tanah ini ya kalau nggak salah, Memang Ubi tahan atau Ubi jalar, Ketela biasa dijadikan sebagai cemilan krispi, karna bahan dasar ini mudah di temukan dipasar pasar tradisional

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ubi jalar, karena bentuknya tak berarturan jadi ceker ayam

      Delete
    2. tapi biarpun ubi jalar kalau kita tahu banyak cara mengolahnya, bisa di sulap menjadi Ceker Ayam Crispy ala Ummi lhoo..

      Delete
  4. Mungkin kalau dikampung saya namanya ubi, kalau ketela untuk sebutan singkong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu, bisa jadi beda daerah beda nama kalau suku Palembang disebut "ubisilo" atau "ubisile"

      Delete
    2. sama nih mas, kalau saya pake ubi sih.

      Delete
    3. wah belum ada artikel baru, sibuk bikin kue untuk lebaran nih :)

      Delete
  5. Yammiii..... ceker ayam crispy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kata pak Bondan "Makyus" hehe

      Delete
  6. Mantang saja aku gak tahu , tapi kayaknya enak bngat ulyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahasa Indonesianya "ketela rambat"

      Delete
    2. Owalah ketela rambat toh alias ubi jalar yaaa

      Delete
  7. meskipun namanya ceker ayam tapi ga ada ceker didalam bahannya, haha malah ketela rambat. Tadi saya kira beneran ceker lho mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena bentuknya tak beraturan saja jadilah "ceker ayam"

      Delete
  8. Oh, mantang itu sejenis umbi ya, kak ?.

    Di kotaku ada yang jual camilan seperti ini.Rasanya gurih asin berkat tambahan penyedap rasa.
    Berarti enak juga ya tanpa ditambahi bumbu penyedap rasa karena rasa ubinya memang sudah manis dari sananya.

    Terimakasih resep praktisnya,ya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya rasanya jadi original rasa manis gurih dari ubi jalarnya

      Delete
  9. Walaupun bentuknya berantakan, tapi memang sesuai dengan namanya, yaitu ceker ayam + crispy... Asal yang masak mbak ummi, di jamin bakalan maknyoss rasanya, hehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masakan akan terasa nikmat selama ikhlas mengolahnya niatkan ibadah rasa syukur saat menikmatinya
      siapa saja yang mengolah termasuk nyonya di rumah mang maman

      Delete
  10. Kok ngga berbentuk ceker..ternyata bahannya buka dari ceker tapi ubi..karena berantakan dinamainya ceker..😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini gadis kecil Ummi yang punya ide, dia bilang bentuknya acak-acakan kayak cakar ayam 😊

      Delete
  11. di sini panggil cakar ayam dan manis. dibentuk bulat macam sanggul rambut ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe sebelas dua belas ya
      Negara jiran pun ternyata ada ya

      Delete
  12. UBI JALAR bunda..

    saya bingung, "mantang?"..
    Mantang bagi saya adalah nama kecamatan di salah satu kabupaten di Lombok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nak, ubi jalar
      ada sebagian Orang suku Jawa bilang "muntul"

      Oh di Lombok ada kecamatan yang bernama "mantang" mungkin ada sejaranya ya hehe

      Delete
  13. Di rumahku menu ceker tu paling laris, ibuku paling doyan dg ceker, mau dimasak model apapun beliau doyan.. Tp blm pernah nih bikin ceker crispy kaya gini mbak. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ceker ayam memang enak say, tapi sayangnya sering kehabisan nggak kebagian ceker ayam sungguhannya

      Delete
    2. Iya mbak. Alhamdulillah saudaraku ada yg jualan daging ayam, jadi kl mau masak ceker biasanya pesan ceker ayamnya dlu. Hehe

      Delete
  14. Mbak nya selalu bikin ngiler aja, he

    ReplyDelete
  15. Kalau dibuatin untuk bisnis jajanan kecil-kecilan lumayan nih mbak.

    ReplyDelete
  16. Lumayan lah buat teman minum kopi kriuk kriuk

    ReplyDelete
  17. Sebelum Ramadan saya sering beli nih ceker crispy, tapi Ramadan ini belum lagi. Lihat ini jadi pengen, duh kangen..hehe

    ReplyDelete
  18. Ceker ayam krispi
    Hmmmm sangat aku sukai
    Ternyata resepnya disini
    Jadi semangat bikin sendiri

    ReplyDelete
  19. Yummm
    Swedappp

    Renyahnya udah berasa di mulut niii

    ReplyDelete
  20. Kirain terbuat dari ceker ayam beneran,, gak taunya dari ketela rambat he..he..😅

    ReplyDelete
  21. Iuhhh, gak doyan ceker ayam

    Gak ada dagingnya soalnya

    ReplyDelete
  22. hayoo, tambah lagi mbak . resepnye

    ReplyDelete
  23. Saya tadi sempet berpikir, mantang itu apa ya? Setelah cari di google baru tahu saya. Mantaps ini resepnya, Mbak. Makasih banyak yaa...

    ReplyDelete
  24. Dirumah sich kalau udah masak ceker krispy pada langsung dilahap. Sedangkan saya sendiri yang nggak doyan ceker

    ReplyDelete
  25. Di rumah saya gaka ada loh camilan ini ummi, hehehe... Kalo saya biasa goreng ayam crispy aja, gak pake tambahan lainnya..

    ReplyDelete
  26. Lama sekali sepi dari artikel baru nih.

    ReplyDelete
  27. Ya ampun Mba saya kira ceker ayam beneran yang digoreng krispi. 🙆 Kreatif sekali ya kalau ibu-ibu masuk urusan dapur.

    Salam,
    Ajeng

    ReplyDelete
  28. wahhh kalo soal ayam mah idola banget hhe

    ReplyDelete
  29. Saya suka dengan namanya crispy-crispy bikin renyah dimakan, seperti jamur, tahu, dan chicken ayam crispy. Top markotop. Salam buat semua blogger diatas.

    ReplyDelete
  30. Ooo ... kirain ceker beneran. Tapi ini lebih sehat dari ceker ayam, soalnya lebih sedikit kolesterolnya.

    ReplyDelete
  31. Kalo mantang yg dipotong kecil2 blum pernah nyicip, biasanya dipotong gede2 sich. Tapi perlu juga dicoba kayaknya lebih enak.

    ReplyDelete