Bangek Nihan

Blog berbagi tips menarik dan beragam informasi

Sunday, April 22, 2018

Resep Pergedel Tahu Dicocol Saus Kecap Makin Nikmat

Resep Pergedel Tahu Dicocol Saus Kecap Makin Nikmat


Halo! Kali ini dapat ide postingan dari sahabat blog yang berasal dari negara jiran Malaysia. Ternyata di sana sedang tren tahu bergedil/pergedel. rasa penasaranku membuatku browsing di mbah cerdas serba tahu yaitu siapa lagi kalau bukan google.

Melihat dan membaca tentang tahu bergedil ini selera makanku mulai menggelora. Okay, kita simak dulu apakah tahu begedil itu?

Menurut analisaku tahu bergedil adalah tahu isi selayaknya tahu yang ada di Indonesia beda-beda tipis, kalau di Indonesiakan mungkin pergedel tahu kira-kira begitu ya. Tapi, aku sangat yakin ini sudah bisa dipastikan snak atau kudapan yang istimewa dan bernilai gizi tinggi. Oh ya ....

Baiklah aku rasa kamu tak kalah penasarannya denganku. Tentu saja bagi pencinta kuliner sudah tak sabar ingin segera merasakannya. nah sekarang save dulu resepnya yuk!



Kita siapkan dulu bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bergedil tahu :



* 4 buah tahu putih ukuran sedang dihaluskan
* 3 buah kentang yang sudah direbus atau di goreng dan kemudian dihaluskan atau dilumatkan
* Daging ayam cincang halus. Kamu boleh menggunakan daging ayam yang sudah direbus dulu kalau ingin, tak masalah apa yang kamu inginkan.
* 1 - 2 siung bawang putih yang dicincang halus
* Boleh tambahkan juga bawang goreng lebih sedap lagi tidak suka ya boleh abaikan bawang gorengnya
* 1 - 2 daun sup atau disebut juga daun seledri iris atau dicincang kasar
* 1 - 2 buah cabe merah dan cabe hijau ( oposional aja ya tergantung selera pedasmu) diiris kasar
* 1 buah lobak atau bila tak ada lobak boleh diganti wortel juga ok kemudian dicincang
* 1 sendok teh tepung jagung
* 1 sendok teh lada atau merica putih halus
* 1 siung bawang putih goreng (bawang putih diiris tipis kemudian goreng)
* 1 sendok teh garam atau secukupnya
* 2 butir telur

Kamu bisa mengganti daging ayam dengan udang, kalau diinginkan

Cara membuat tahu pergedel/bergedil tahu :

1.  Campurkan kentang halus dan tahu yang juga sudah dihaluskan kemudian aduk hingga rata.

2.  Kemudian masukan juga bahan-bahan lainnya, daging ayam cincang, wortel, bawang putih garam, tepung jagung pokoknya semua bahan kecuali telur. Kemudian aduk hingga tercampur rata.

3.  Setelah tercampur rata ambilah adonan tahu dan kentang kemudian kamu bulatkan dengan menggunakan tangan, so manual ya. Besar bulatan lebih kurang sebesar bola pimpong. Bisa kamu kira-kira yups ....



4.  Kamu bisa mencoba cara masak yang lainnya juga loh, yaitu dengan cara dimasukkan ke dalam tahu kopong. Nah ini yang aku sebutkan tadi diawal ada kemiripan dengan tahu isi (tahu bunting bahasa lainnya).

Caranya yaitu :

Kamu ambil tahu kopong, biasanya banyak dipenjual tahu. Tahu kopong adalah tahu yang ditengahnya kopong atau kosong. Kalau kamu kesulitan mendapatkan tahu kopong, bisa juga kamu gunakan tahu goreng kemudian kamu kerok bagian dalamnya dengan cara menyayat bagian tepi tahu atau boleh juga bagian tengah tahu, yang penting jangan sampai koyak/sobek agar nanti saat memasukkan isi ke dalam tahu tidak berantakan.



Setelah isi tahu dikeluarkan saatnya kamu memasukkan adonan tahu dan daging ayam ke dalam tahu kopong tadi. Isilah tahu kopong hingga penuh dan hati-hati saat mengerjakannya ya ....

5.  Bedanya dengan tahu isi yang sering didapatkan di Indonesia yaitu, kalau tahu bergedil dicelupkan di dalam kocokan telur sebelum di goreng sedangkan tahu isi (tahu bunting) di celupkan ke dalam adonan tepung terigu sebelum berlangsung dipenghorengan, oleh sebab itu aku menyimpulkan sendiri tahu bergedil adalah pergedel tahu kalau di Indonesia-kan karena proses sebelum menggorengnya dicelupkan dulu ke dalam kocokan telur. Sekarang kita mengambil telur dan pecahkan, kemudian kocok sebentar. Saatnya kamu mencelupkan tahu bergedil kedalam kocokan telur.

6. Siapkan wajan atau kuali isi dengan minyak goreng. Tunggu sesaat minyak dalam wajan panas saatnya kamu mencelup pergedel tahu ke dalam kocokan telur kemudian menggoreng bergedil tahu dengan api sedang hingga berwarna kuning keemasan.



7. Untuk mendapatkan warna pergedel(bergedil) tahu yang cantik, kamu bisa mengganti minyak goreng yang digunakan setelah 2 atau 3 kali menggoreng tahu pergedel.

8. Tara ... Tahu begedil siap untuk dihidangkan. Kamu bisa menikmati tahu begedil ini sebagai kudapan di sore hari sebagai teman minum teh atau bisa juga kamu gunakan sebagai lauk teman makan nasi. Soal rasa lidah tak pernah bohong.



9. Tahu begedil juga akan semakin nikmat bila di cocol dengan saus kecap.

Cara membuat saus kecap untuk mencocol tahu begedil :

Taruh kecap manis dalam mangkuk atau cawan kecil. Tambahkan irisan cabai rawit, irisan bawang merah, irisan tomat, irisan timun. Demikian info resep kita hari ini Resep Pergedel Tahu Dicocol Saus Kecap Makin Nikmat.



Mudahkan tahu begedil cocolkan di saus kecap saat akan memakannya, rasakan sensasi pedas gurih dan manis di lidahmu. Hem .... Sedap! Nikmat mana lagi yang engkau dustakan? (QS : Ar-Rahman).

aneka snak gorengan :Resep Pergedel tahu di cocol saus kecap makin nikmat

7 comments:

  1. Miip tahu isi ya mbak, cuman bedanya kalo tahu isi dicelupin adonan tepung terigu, nah tahu bergedel ini dicelupin kocokan telur.. Cukup unik, bisa jadi variasi kuliner tahu yang itu-itu saja, biar gak bosen...

    ReplyDelete
  2. Udah follow blognya, juga share G+ ya mbak... Thks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya terima kasih banyak atas berkenannya
      semoga ini awal yang baik untuk blog sederhana ini
      aamiin

      Delete
  3. Kalau dirumah saya biasanya bikin gini, Teh..hehe
    Apalagi kalau pagi-pagi, tambah nasi aja enak pasti :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini memang cocok untuk lauk, didalamnya sudah ada protein, lemak dan sayur

      aljamdulillah semoga tidak sekedar enak hehe

      Delete
  4. kayaknya pas ini, untuk cemilan di kost
    rsep2 gini cocok untuk anak kost yg low budget hihihi

    ReplyDelete
  5. di sini sedikit masa lalu popular (viral) sampai tauhu kehabisan di kilang ;-)

    ReplyDelete