Bangek Nihan

Blog berbagi tips menarik dan beragam informasi

Sunday, January 6, 2019

Cara Mudah Membuat Orak Arik Kentang Renyah

CARA MUDAH MEMBUAT ORAK ARIK KENTANG RENYAH




Cara mudah membuat Orak arik kentang renyah tetap di blog bangek nihan ya. Orak arik kentang renyah sangat cocok untuk teman makan pagi atau biasanya orang menyebutnya dengan sarapan pagi. Bagi kamu yang membiasakan untuk makan pagi sebelum memulai aktivitas harian sangat cocok untuk selalu menyediakan orak arik kentang mengingat waktu pagi berlalu sangat cepat jadi kamu tak perlu repot dan pusing lagi untuk menemani nasi hangatmu karena kamu bisa menyediakan dari hari-hari sebelumnya.

Mulai besok liburan sekolah usai nih, ada bagusnya kita menyiapkan orak arik kentang renyah hari ini untuk sarapan pagi kita dan beberapa hari kedepannya.

Tapi ada yang pernah mengalami membuat orak arik kentang tidak renyah ini tentu tak asyik dan kecewa karenanya. Nah buat kamu yang pernah mengalami hal serupa coba deh coba resep dari blog Bangek Nihan orak arik kentang renyah spesial buat kamu. Kamu ingin tahu rahasianya? Cek step-stepnya di bawah ini kuy ....

Bahan-bahan yang kita butuhkan adalah :

1. 1 kilogram kentang kupas kemudian diiris tipis atau boleh duserut dengan menggunakan serutan keripik (banyak dijual ditoko-toko yang menjual perlengkapan rumah tangga)

2. 250 gram Kacang tanah digoreng (kalau kamu tidak menggunakan kacang tanah juga tidak apa-apa opsional bukan keharusan)

3. Cuka makan atau asam cuka botol banyak dijual ditoko-toko yang menjual bahan-bahan makanan.

4. Cabe merah tergantung selera sesuaikan dengan seleramu saja.

5. 10 sampai 15 siung bawang putih (tergantung besar kecil siungnya saja)

6. Gula putih secukupnya

7. Garam secukupnya

8. Air asam jawa (direndam asam dengan air kemudian kita gunakan airnya saja)

9. Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara mudah membuat orak arik kentang renyah dalam tayangan video



Cara membuat orak arik kentang renyah :

1. Rendam kentang yang sudah diiris dengan air bersih yang sudah dicampur dengan 2 sendok makan asam cuka selama 30 menit usahakan agar kentang terendam dengan sempurna.

2. Kemudian goreng irisan kentang dalam minyak panas hingga kuning keemasan dan teksturnya renyah atau kranji dan tiriskan.

3. Kemudian Haluskan bumbu-bumbu cabe merah, garam dan bawang putih hingga halus.

4. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai matang dan kandungan airnya berkurang tambahkan air asam jawa, gula pasir. Setelah bumbu matang dan mengental serta terlihat letupan-letupan pada bumbu yang kita masak yakinkan bahwa tidak ada kandungan air lagi maka masukkan kentang dan kacang kemudian aduk-aduk hingga bumbu merata.

5. Orak-arik kentang kita sudah jadi simpan dalam toples atau wadah kedap udara agar orak arik kentang awet dan tetap renyah.

Tips membuat orak arik kentang renyah :

1. Rendam irisan kentang dalam air asam cuka hingga terendam sempurna sebelum di goreng

2. Goreng irisan kentang dalam minyak yang benar-benar panas dan gunakan minyak yang cukup banyak usahkan agar kentang terendam dalam minyak panas.

3. Masukkan kentang dalam bumbu yang benar-benar tidak mengandung air lagi ditandai dengan letupan-letupan kecil saat bumbu di tumis atau dimasak. Jangan buru-buru memasukkan kentangnya dan jangan terlalu kuat mengaduknya agar kentangnya tidak hancur.

4. Simpan orak arik kentang renyah dalam toples setelah kentang benar-benar dingin.

5. Kamu bisa mencampurkan bumbunya sesaat akan di makan. Jadi kamu bisa menyimpan bumbu dan kentang gorengnya secara terpisah.

Bagaimana resep dan tips hari ini? Semoga bermanfaat bagi kamu yang membutuhkannya selamat mencoba dan selamat berakhir pekan. See you later dear senang bila selalu bisa berbagi.

3 comments:

  1. Pas banget nih buat bekal si kecil yang udah mulai masuk sekolah, tapi gak pake pedas ya, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul nggk pedas apalagi untuk bekal si sekecil
      umumnya tidak suka pedas ya mang Maman hehe

      Delete
  2. ini kalau dibuat ketika aidilfitri, satu hari sudah habis dimakan ;-)

    ReplyDelete