Bangek Nihan

Blog berbagi tips menarik dan beragam informasi

Saturday, January 5, 2019

Cara Membuat Kue Nastar yang Lembut dan Mudah

Cara membuat kue nastar yang lembut dan mudah. Kue Nastar adalah kue kering berisi selai nanas. Awal mula kue konon berasal dari negeri Belanda. Pada zaman Belanda sudah ada kue nastar tersebut yang pada aslinya berisi selai stroberi dan apel. Karena pada zaman itu untuk buah jenis itu masih sulit didapat maka dibuatlah kue nastar. Kata nastar sendiri berasal dari bahasa Belanda, yaitu ananas dan taart. Bedanya nastar zaman Belanda ukurannya sedikit lebih besar dari ukuran kue nastar zaman sekarang.



Kue nastar bahan utamanya adalah tepung terigu dan mentega beserta bahan-bahan pelengkap lainnya agar kue nastar buatan kita lebih sedap dan teksturnya lembut. Meskipun kue nastar sudah mudah didapat karena banyak yang menjual di toko-toko kue tak salah kalau kita membuatnya sendiri di rumah. Cara membuatnya mudah sekali serta bahan-bahan untuk membuat kue nastar pun sangat mudah didapatkan. Tingkat kegagalan dalam membuat kue ini pun hampir tidak pernah terjadi yang penting kita sabar dan telaten.

Setelah kemarin kita sukses membuat kue kering kacang renyah tanpa mentega maka hari ini Ummi akan berbagi resep dan bahan membuat kue nastar so pasti menggunakan mentega ya. Kalau kamu tertarik untuk mencoba mari cek dibawah ini.



Bahan dan cara membuat kue nastar yang lembut dan mudah ini persiapannya yang harus kamu sediakan :

4 butir kuning telur
500 gram mentega butter atau margarin
500 gram tepung terigu
100 gram gula halus 
1 bungkus vanili
100 gram keju Cheddar

Bahan membuat isi atau selai nanas :

300 gr gula pasir/gula putih untuk selai
1 buah nanas
1 potong kecil kayu manis

Untuk hiasan kue nastar kamu bisa menggunakan 50 gram kismis, tapi Ummi tidak menggunakan kismis karena Ummi lebih suka diolesi kuning telur saja pada bagian atas kue nastar yang Ummi buat. Jadi Ummi menyiapkan 2 butir kuning telur untuk bahan olesan yang dikocok lepas saja.

Baik kita lanjut pada Cara membuat kue nastarnya yuk!

Pertama kita buat dulu untuk isinya, yaitu Selai nanas. Nanas kita bersihkan dari kulit maupun mata-mata hitam yang menempel pada daging nanas kemudian parut.

Masukkan parutan nanas kedalam kuali atau wajan. Masak lebih dulu parutan nanas dengan kayu manis (kalau kamu suka) setelah air pada buah nanas mengering baru masukan gula putihnya masak sampai matang dan kental. Cara membuat selai nanas seperti ini akan mendapatkan selai yang berwarna kuning keemasan.

Tapi, kalau kamu memasukkan gula putih bersamaan dari awal maka kamu akan mendapatkan selai nanas yang berwarna kuning kecoklatan gelap.

Jadi, kamu tinggal pilih lebih menyukai yang berwarna kuning kecoklatan gelap atau yang berwarna kuning keemasan.

Dinginkan selai nanas hingga bisa dibulat-bulatkan buah kopi atau sebesar mutiara lebih kurangnya.

Kita beralih ke cara membuat adonan kue nastar :

Siapkan loyang berbentuk persegi panjang dan olesi dengan margarin. Loyang ini nantinya akan kita ginakan untuk mengoven kue nastar yang kita buat. Sisihkan dulu loyangnya.

Kocok 4 kuning telur dengan gula halus dan mentega hingga mengembang berubah warna menjadi lebih pucat dari warna semula.

Kemudian masukkan parutan keju chedar ke dalam kocokan adonan telur dilanjutkan dengan menambahkan tepung terigu dan vanili.

Aduk-aduk hingga membentuk adonan yang bisa dibentuk. Usahakan tidak terlalu kuat dan lama mengaduknya, kalau terlalu kuat dan lama menguleni adonan akan menyebabkan kue nastar tidak mengembang cantik nantinya saat di panggang atau di oven.

Bulatkan adonan kue dengan tangan hingga berukuran seibu jari orang dewasa pipihkan masukkan bulatan selai ke dalam bulatan kue. Atau kamu bisa juga mencetak adonan dengan cetakan yang kamu suka. Yang penting jangan lupa untuk meletakkan selainya pada bagian dalam kue buatanmu.

Potong kismis menjadi 2 atau 4 bagian kecil, letakkan sepotong kismis di atas kue nastar. Olesi permukaan kue dengan kuning telur Susun kue di dalam loyang dan panggang di dalam oven panas hingga matang.

Dinginkan kue nastar yang sudah matang kemudian simpan didalam toples kedap udara agar kue kering tetap terjaga kebersihannya dan kesegarannya.

Ok selamat mencoba ya mudah sekali ya cara membuat kue nastar, demikian yang dapat ummi bagikan hari ini cara membuat kue nastar yang lembut dan mudah.

1 comment:

  1. kalau di sini kami panggil tart gulung / tart nanas.... selalu makan ketika aidilfitri. ada kala mereka buat warna purple. sedap juga. antara biskut raya kegemaran saya ni...

    ReplyDelete