Bangek Nihan

Blog berbagi tips menarik dan beragam informasi

Friday, January 4, 2019

Resep Kue Kering Kacang Renyah Tanpa Mentega

Resep Kue Kering Kacang Renyah Tanpa Mentega, Resep kue kering kacang renyah tanpa mentega. Kue kering kacang sudah bisa dipastikan bahan utamanya adalah kacang. Kacang apaya? Hem .... Kacang tanah yang sudah kita sangrai terlebih dahulu hingga matang kemudian kita tumbuk halus. Kelihatannya asyik nih untuk mengisi waktu liburan sekolah yang tinggal beberapa hari lagi. Yaps ! Betul sekali tanggal 7 Januari 2019 tepatnya hari Senin libur sekolah di daerah Ummi akan segera usai. Bijak rasanya kalau memanfaat sisa liburan sekolah dengan membuat cemilan ini karena cemilan ini tergolong awet dan bisa disajikan dalam setiap kesempatan menemani saat-saat santai bersama keluarga so rasanya manis- manis gurih minumannya cukup air putih hangat atau dingin pun cocok.

Ummi tak usah bingung karena tak punya persediaan mentega membuat kue kering kacang ini memang tidak membutuhkan mentega sedikitpun, tapi cukup dengan minyak goreng dan beberapa bahan sederhana lainnya Ummi siap beraksi di dapur kesayangan untuk mendapatkan cemilan sehat kaya nutrisi yang nantinya akan Ummi sajikan untuk keluarga tersayang.

O ya, gadis kecil Ummi paling suka kalau diajak membuat kue ini. Tuh lihat gayanya mulai sibuk mempersiapkan alat-alat dan bahan-bahan kuenya pastinya dengan panduan dari Umminya.

Kamu juga sudah tak sabarkan ingin tahu apa saja yang harus disiapkan cek disini selengkapnya ya ....

Penampakan kue kering kacang yang sudah jadi


Bahan dan Resep Membuat Kue Kering Kacang Renyah Tanpa Mentega :

* 200 gram Tepung Terigu
* 100 gram Kacang Tanah 

* 100 ml Minyak Goreng 

* 100 gram Gula Halus 

* 1 sendok teh Vanili Bubuk 

* 1/4 sendok teh Garam 

* 1 butir Kuning Telur 


Cara membuatnya :

* Sangrai kacang tanah. Hilangkan kulit arinya.

Blender kacang tanah, garam dan minyak goreng hingga halus. Kalau tidak punya blender haluskan memakai cobek atau lumpang juga bisa, hanya bedanya minyak gorengnya ditambahkan kemudian (tidak dicampur bersamaan saat menggiling kacang tanah sangrai).






* Campur tepung terigu, gula halus, vanili bubuk dan kacang yang sudah di blender. Aduk dengan spatula hingga rata dan adonan bisa dipulung (uleni dengan tangan).

* Ambil sebagian adonan, giling dengan roll kayu atau botol syrup bekas dengan ketebalan 1/2 cm. Cetak sesuai selera kita.

* Lakukan hingga adonan habis. Kemudian panggang dalam oven hingga kering lalu olesi dengan kuning telur yang sudah dikocok lepas sebelumnya. Lalu taburi dengan wijen kemudian panggang lagi hingga matang berwarna coklat keemasan.

* Dinginkan lalu simpan dalam toples kedap udara agar kue kering kacang tetap renyah. Kue kering kacang ini awet loh bisa bertahan hingga tiga bulan.

* Ok selamat mencoba ya semoga sukses dalam pembuatannya.

3 comments:

  1. Kalau tiap lebaran tiba, mamaku membuat kue seperti itu. Rasa Kacangnya enak sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mamanya pasti lebih pandai membuat kue ya kang Djangkaru

      Delete
  2. mbak ummi, tolong post kue ini ke kuala lumpur. saya mau rasa... bisa? hahahaha

    ReplyDelete