Bangek Nihan

Blog berbagi tips menarik dan beragam informasi

Showing posts with label ragam informasi. Show all posts
Showing posts with label ragam informasi. Show all posts

Tuesday, September 18, 2018

Lirik dan Lagu Bumi Skala Beghak

Lirik dan Lagu Bumi Skala Beghak

Assallamuallaikum warrahmatullahiwabarrakatuh. Alhamdulillah menyempatkan diri menuliskan sesuatu di blog sederhana ini. Sebelumnya mohon maaf belum sempat untuk mengoperaaikan dapur Ummi Hani dalam beberapa hari ini masih menyibukkan diri dalam perlehatan akbar dalam rangka Hari Ulang Tahun kabupaten Lampung Barat yang ke - 27. Dalam rangka memeriahkan hari jadi bumi skala beghak ini banyak sekali rangkaian lomba yang diadakan oleh pemerintah daerah. Tentu saja masyarakat sangat antusias dengan perayaan ini. Semua kalangan merasa terpanggil dan merasa memiliki untuk turut serta berpartisipasi dalam kegiatan yang cukup menyedot perhatian publik baik dari dalam kabupaten sendiri maupun dari luar kabupaten.

Sebagai salah satu wujud conta dengan bahasa daerah Lampung panitia menyelenggarakan lomba paduan suara berbahasa daerah Lampung yang nantinya akan diikuti oleh aemua lapisan masyarakat. Kemudian adajuga lomba fashion show, lomba membuat kue cita rasa kopi mengingat Lampung Barat termasuk salah satu kabupaten penghasil kopi di Indonesia. Ada juga lomba berbalas pantun yang diikuti seluruh masyarakat bahkan dinas-dinas yang ada di kabupayen Lampung Barat. Dan, tentu saja masih banyak lomba-lomba lainnya semuanya berkesempatan utuk menang sebagai juara mengingat panitia mengangkat juri yang independen dan terjamin propesional di bidangnya masing-masing.

Dalam kesempatan ini admin blog bangek nihan ingin berbagi Lirik dan Lagu Bumi Skala Beghak dengan harapan ini akan membantu mereka yang membutuhkan sekaligus mengenalkan bahasa daerah Lampung bagi pembaca blog Bangek Nihan serta wujud cinta pada bahasa daerah Lampung yang semoga akan tetap lestari.

Bumi Skala Beghak

Mitagh jak teluk pugung
Pesesegh togok di Tanjung Cina
Anjak ghanau seminung
Melibah togok di Sumber Jaya

Miyos nihan hawani
kenali, sekincau, fogok liwa
sikop pemandangan ni
pesesegh pantai lawok hindia

Reff :

Bumi skala beghak
sejarah asal mula ni lampung
punyimbang ni pak sipak
ninik muyang sebatin ghik pepadun

subur makmur alam ni
bulimpah kupi ghik palawija
Lampung Barat adok ni
ganta sai ibu kota ni Liwa

Payu minak muaghi
sai tani, sai pamong, sai sekula
ghepa kidah cagha ni
kenyin gham Lampung Barat Sai jaya

kembali ke reff ....

Berikut tayangan suaranya, mengingat lombanya akan diadakan pada hari Rabu tanggal 20 September yang akan datang jadi admin belum bisa berbagi rekaman pesertanya ya ....



Tuesday, September 4, 2018

Keindahan Danau Keramikan

Keindahan Danau Keramikan menjadi salah satu aset pariwisata yang ada di kabupaten Lampung Barat. Keberadaan Danau Keramikan selain menjadi kebanggaan juga menjadi salah satu andalan masyarakat kabupaten Lampung Barat sebagai tujuan daerah wisata yang pantas dikunjungi bagi siapa pun. Pemandangan yang tersaji akan sulit untuk dilupakan membuat mereka yang pernah berkunjung ke danau ini menjadi terpesona dan memuji betapa moleknya alam semesta yang diciptakan oleh Allah subhanahuwata'alla.

Tayangan video di bawah ini cuplikan foto-foto admin saat berkunjung ke Danau Keramikan bersama rekan saat menunaikan amanah ke daerah setempat, admin bersama tim menyempatkan mengunjungi langsung tempat kemolekan Danau Keramikan, Kecamatan Suoh salah satu kecamatan yang berada di Lampung Barat. Kondisi jalan dari ibu kota Kabupaten, yaitu Liwa menuju lokasi danau keramikan sudah bagus jadi tak perlu khawatir lagi karena jalan memang sudah sangat bagus, waktu tempuh dari Liwa ke Suoh lebih kurang satu jam setengah dengan kecepatan sedang.



Perjalanan tidak akan membosankan karena sepanjang perjalanan kita akan mendapatkan sajian pemandangan yang menghijau sejuk di mata membuat damai di hati sehingga tanpa terasa kita sudah sampai di lokasi. Perjalanan aman dan menyenangkan. Oh ia, penduduk setempat akan menghadirkan kehangatannya sebagai rasa suka cita karena kehadiran kita di daerahnya, itu yang kami rasakan saat itu.


Indahnya ukhuwah


Sekedar tulisan sederhana di bawah ini ingin melukiskan tentang pertemanan dan persaudaraan (indahnya ukhuwah) admin bersama tim yang semoga akan selalu menjaga dan terjaga dalam persahabatan yang indah.

Jika ukhuwah ini lautan,
maka diri ini telah tenggelam didalamnya
Dalam perbedaan yang tak membedakan

Tak perlu tabung oksigen,
karena do'a kalian telah memberi nafas
terhirup menjadi semangat yang berkobar setiap saat

Tak perlu pengaman,
karena kepercayaan kalian adalah perisai
Melindungi bahkan menghormati ketika beda pemahaman

Tak perlu perahu,
karena perjalanan ini terasa begitu singkat

Dalam canda mengurai rindu dalam nasehat tanpa menggurui

Biarkan diri ini menikmati,
meski ada banyak duri yang tertancap
karena perbedaan adalah nikmat yang pantas disyukuri

Karena diri ini yakin,
persaudaraan akan meluluhkan perbedaan yang kerap hadir
Menghiasi bukan melukai

Indahnya ukhuwah


Bagai meniti lantai keramik ....

Keindahan Danau Keramikan

Friday, August 3, 2018

Landasan Hukum Tujuan dan Sasaran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)


Logo Usaha Kesehatan Sekolah(UKS)


Apakah Landasan Hukum Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Indonesia?

Usaha Kesehatan Sekolah atau yang disingkat dengan UKS mempunyai landasan hukum yang menjadi Peraturan baku sebagai kekuatan tempat terpijak atau titik tolak dalam melaksanakan kegiatan ini, yaitu :

1. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1992 Pasal 45, yaitu

Tentang Kesehatan sekolah ditegaskan bahwa “Kesehatan Sekolah” diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik dalam lingkungan hidup sehat sehingga peserta didik dapat belajar, tumbuh, berkembang secara harmonis dan optimal sehingga diharapkan dapat menjadikan sumver daya manusia yang berkualitas.

2. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 3 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu :

Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, beriman, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

3. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1992 bab V Tentang Kesehatan dalam Pasal 45 ayat (1), menjelaskan bahwa

"kesehatan sekolah diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan hidup peserta didik dalam lingkungan hidup sehat sehingga peserta didik dapat belajar tumbuh berkembang secara harmonis dan optimal menjadi sumber daya manusia yang lebih berkualitas."

4. Undang-undang nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan

5. TAP MPR No. II Tahun 1988

Tentang Tujuan Nasional dilaksanakan dalam rangka pembangunan manusia seutuhnya dan pembangunan seluruh masyarakat Indonesia.

6. Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri, Menteri Kesehatan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri dalam Negeri Republik Indonesia Nomor: 0408a/U/84/319/Menkes. SKB/1984, 74/tahun 1984 dan Nomor 60 Tahun 1984 :

Tentang Pokok-pokok Kebijakan Pembinaan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), yang diperbaharui menjadi :

nomor 6/X/PB/2014, Nomor 73 Tahun 2014, Nomor 41 Tahun 2014, dan Nomor 81 Tahun 2014.

6. Nomor 2/P/SKB/2003 ; Nomor 1068/Menkes/SKB/VII/2003 ; Nomor MA/230/B/2003, Nomor 445-404 tahun 2003 tanggal 23 Juli tentang Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah

Apa tujuan dan sasaran dari kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah?


Pihak Sekolah sangat menyambut baik kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (dokumen pribadi)


Tujuan dari kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah :

Meningkatkan mutu dari pendidikan dan juga prestasi belajar para peserta didik melalui peningkatan perilaku hidup yang bersih dan sehat serta mengangkat derajad kesehatan peserta didik atau warga sekolah dan juga untuk menciptakan lingkungan yang sehat sehingga tercapainya pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal dalam rangka membentuk manusia Indonesia seutuhnya.

Sasaran dari kegiatan Usaha Kegiatan Sekolah (UKS) adalah :

Peserta didik di sekolah, satuan pendidikan luar sekolah, guru, pamong belajar, pengelola pendidikan, pengelola kesehatan dan masyarakat.


Dokumen pribadi saat Tim Evaluasi Kabupaten Lampung Barat "mengadakan evaluasi sekaligus pembinaan ke sekolah"


Monday, May 28, 2018

Belanja Nyaman di Chandra Supermarket Bandar Lampung

Belanja nyaman di chandra supermarket Bandar Lampung. Belanja nyaman di "chandra supermarket". Sampai saat ini tempat belanja keperluan rumah tangga dan kebutuhan lainnya, seperti pakaian serta kebutuhan lainnya merasa nyaman belanja di chandra supermarket. Lokasinya sangat strategis ada di pusat kota Bandar lampung.

Sebenarnya chandra supermarket lainnya ada di Teluk Betung Lampung. Chandra supermarket Untuk saat ini telah memiliki banyak cabang di berbagai kota penting di provinsi Lampung, Metro, Pringsewu, Bandar Jaya, dan Kota Agung di Kabupaten Tanggamus.

Karena Ummi ada di Bandar Lampung sudah pasti chandra supermarket Bandar Lampung yang menjadi target belanja saya. Minggu saatnya belanja-belanja untuk keperluan harian keluarga. Karena sebentar lagi hari raya Fitri jadi sekalian belanja untuk keperluan hari raya Idul Fitri.

Lokasi Mall Chandra Supermarket Bandar Lampun ada di :

Pusat kota Bandar Lampung.
Beralamat di jalan Hayam Wuruk Kebon jeruk, No. I Tanjung Baru Tanjung Karang Timur, Kelurahan Kedamaian Bandar Lampung, Lampung 35125. Buka dari jam 10.00 wib sampai dengan 22.00 wib.

Hari libur biasanya lebih ramai pengunjung yang ingin berbelanja di Mall ini, terlebih lagi bila menghadapi hari-hari besar seperti sebentar lagi akan hari raya Idul Fitri.

Mengapa belanja nyaman di chandra supermarket Bandar Lampung ini? Tentu saja merasa nyaman karena ada banyak fasilitas sesuai dengan kebutuhan, diantaranya :

* Halaman parkirnya luas
* Tempatnya strategis
* Kasirnya manis dan cekatan
* Ada banyak diskon di chandra supermarket departemen store.
* Ada mushallanya
* Kamar kecilnya bersih
* Tempat bermain anak banyak pilihan
* Ada banyak pilihan merk branded dari pakaian, tas, sepatu, ikat pinggang dan masih banyak lagi, kosmetik juga ada. * Lengkap untuk keperluan hari-hari, buah, sayur, lauk, bumbu-bumbu.
* Perabotan rumah tangga juga ada

Kalau sudah berada di Mall Chandra Supermarket tidak terasa waktu yang terus berjalan, tapi tidak perlu khawatir bila waktu shalat tiba karena di sini ada mushallanya yang cukup lua, buat yang kelupaan membawa perlengkapan shalat disini menyediakan perlengkapan shalat (mukena) yang selalu bersih dan tempat wudhu yang akan membuatmu tidak akan ragu untuk menggunakannya, pokoknya ok banget deh.

Belanja di Chandra Supermarket Lampung di satu tempat ini kita bisa mendapatkan semua keperluan hari-hari, karena disini juga menyediakan keperluan dapur jadi tidak membuat ribet harus pindah tempat mencari keperluan dapur lagi, kalau aku cocok banget belanja di sini apalagi di bulan Ramadhan jadi bisa berhemat energi agar tidak terlalu lelah demi belanja untuk keperluan rumah tangga.

Ada pointnya juga loh, kamu bisa kumpulkan pointnya dan tukarkan dengan hadiah-hadiah menarik.



Sambil menunggu sang Ummi menuntaskan belanja-belanjanya, gadis kecil Ummi dengan ditemani asisten aman bermain-main di zona bermain jadi nggak rewel dan Ummi tidak terganggu saat berbelanja.

Kasirnya banyak juga ramah dan cekatan jadi tidak dibuat kesal karena ngantri, ini salah satu yang mendatangkan rasa nyaman untuk belanja nyaman di chandra supermarket Lampung.

Dah ya, semoga kamu terbantu dengan postingan ini terutama buat kamu yang berada di Bandar Lampung, tidak perlu khawatir SPG nya ramah-ramah kok siap melayanimu dengan ramah. Tambahan info security atau tingkat keamanan cukup bisa dipercaya ini menurut pengalaman pribadi admin.

Saturday, May 26, 2018

Cara Allah Menggiring Menjemput Rezeki

Cara Allah menggiring menjemput rezeki. Tulisan sederhana ini terinspirasi dalam kehidupan seharian saja bukan dakwah apa lagi menggurui, sangat senang bila tulisan ini ada manfaatnya bagi orang lain.



Berawal dari Penjual Remot Parabola Keliling, sudah sangat lama remot parabola di rumah rusak. Kerusakannya pun tidak diketahui karena apa, pernah coba ganti baterainya hasilnya tetap tidak respon, akhirnya manual saja pencet-pencet langsung diservernya.

Pernah juga mau beli di toko, tapi ragu nanti tidak terpakai. Dulu banget pernah pengalaman beli remot TV ya begitu deh tidak terpakai karena tidak respon. Memang harganya tidak terlalu mahal juga sih, tapi kalau tidak terpakai jadi mubazir kan.

Sabtu pagi ini saat sedang bersih-bersih halaman ada suara yang tak biasa di gang depan rumah. Tak biasa maksudnyanya yang biasa ada tuh penjual makanan atau penjaja koran.

"Remot, .... remot parabola!" Dengan suara yang berulang-ulang dan kalimat yang sama.

Saya sempat kaget juga sih, belum pernah mendengar ada penjual remot yang keliling dan lewat depan rumah. Masih dengan perasaan heran saya panggil tuh si mamang.

"Jual apa servis remot mang?"

"Jual remot parabola neng!"

"Oh gitu, coba saya mau lihat mang!"

Si mamang penjual remot itu pun mendekat. Dengan tas ransel berwarna hitam mengenakan jaket orange ditangan kanannya memegang contoh remot yang akan dia jual. Kemudian dia mengeluarkan beberapa remot dari dalam tas ranselnya.

Sementara dia membuka salah satu remotenya dan memasukkan dua batrai ukuran kecil. Saya mengamati satu persatu. Ada beberapa tipe, warnanya hitam dan abu-abu. Dalam kotak fan terbungkus plastik dengan rapih.

"Terus, gimana saya tahu kalau remot ini cocok untuk parabola yang saya punya mang?"

"Iya kita tes dulu neng, ini ada macam-macam merk mungkin ada yang cocok, kalau tidak cocok saya tidak jual neng."

"Oh gitu, kalau gitu silahkan masuk saja mang!"

Kemudian mamang penjual remot masuk dengan membawa beberapa remot miliknya dan mulai sibuk mencoba beberapa remote sambil mengarahkan pada server parabola. Saya lihat ada empat remot yang dia coba sampai akhirnya remot kelima baru merespon.

"Mamang tinggal dimana?" Saya sekedar berbasa-basi karena dia masih terus mencoba tombol-tombol yang ada pada remot, mungkin untuk memastikan bahwa remot itu benar-benar pas atau cocok.

"Saya tinggal di pasar neng, kalau keluarga saya ada di Serang." Jarak pasar dengan tempat saya tinggal butuh waktu lima belas menit dengan kendaraan bermotor tanpa macet dan si mamang ini berjalan kaki.

"Loh, merantau ya mang?"

"Iya neng, in syaa Allah deket lebaran nanti mudik."

Sungguh ini adalah Cara Allah menggiring menjemput rezeki. Dalam hati saya salut sama mamang ini, mencari rezeki dengan cara berkeliling menjajakan remote, jauh dari keluarga. Saya sempat bertanya dalam hati saja, "kenapa dia tidak jualan di Serang aja ya? Kalau di kota mungkin pembelinya lebih banyak."

Memang Allah itu sudah menjamin rezeki seseorang tinggal bagaimana cara kita mendapatkannya. Apakah kita akan menjemput rezeki dengan cara halal yang dibenarkan oleh Allah atau kita akan menjemput rezeki dengan cara yang tidak dibenarkan oleh agama atau cara yang tidak mulia.

Berdagang keliling, seperti menjajakan remote yang dilakukkan mamang ini bukanlah hal yang hina. Cara menjemput rezeki demi memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarganya dia rela berkeliling sambil menawarkan jualannya. Cara menjualnya pun tidak asal terjual saja barang dagangannya, dia rela mencoba satu demi satu hingga benar-benar yakin cocok, kemudian dia menawarkan dulu agar saya si pembeli mencoba tombol-tombol hingga benar-benar puas dan yakin barang bisa digunakan. Dan ini semacam cara menjemput rizki yang dibenarkan oleh ajaran agama. Selain dia mendapatkan rezekinya dia juga membantu orang lain.
Contohnya saya :

* saya bisa mendapatkan remote parabola tanpa harus kecewa karena bisa langsung mencobanya , apakah bisa digunakan atau tidak

* saya tidak perlu berlelah keluar jauh dari rumah untuk memdapat remote, walau selama ini saya sudah tidak berniat untuk membeli remote parabola guna mengganti remote yang sudah lama rusak

Begitu indah cara Allah menggiring seseorang untuk mendapatkan rezekinya bagi yang ingin berusaha tentu saja. Saya yang sudah tidak punya rencana untuk membeli remote ternyata karena rezeki beliau saya jadi membeli remote jualannya. Siapa sangka pagi ini ada orang dari Serang menjemput rezeki dari Allah lewat tangan saya? Siapa pula yang menyangka bahwa pagi ini rezekinya dari Allah ada di pelosok daerah terpencil yang jauh dari tempat kelahirannya?

Sengaja saya share di blog bangek nihan dengan harapan bisa menjadi pengingat bagi diri saya pribadi bahwa jadi manusia itu harus pandai bersyukur sekecil apapun rezeki dari Allah selama kita selalu bersyukur akan cukup karena Allah akan mencukupi dan sebesar apapun rezeki yang kita dapati tak akan cukup apabila kita kufur akan nikmat Allah, nauzu billahi min zalik. Kita berlindung dengan Allah daripada perkara (perkara buruk) tersebut (daripada mengenai kita).

Selamat berpuasa dan semoga ada hikmah yang bisa dipetik dari tulisan yang sangat sederhana ini, saya kesulitan cari judulnya, akhirnya saya putuskan dengan judul Cara Allah menggiring menjemput rezeki.