Bangek Nihan

Blog berbagi tips menarik dan beragam informasi

Saturday, September 21, 2019

Canangkan Lomba Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan oleh Ketua TP PKK Lambar

Canangkan Lomba Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan oleh Ketua TP PKK Lambar.




Pada Selasa 17 September TP PKK Kabupaten Lambar Partinia Parosil secara resmi mencanangkan Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan tahun 2019 yang dipusatkan di Gedung PKK Komplek Pemerintah Kabupaten Lampung Barat.


Dalam sambutannya beliau mengatakan :


"kegiatan Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan merupakan suatu rangkaian kegiatan keterpaduan dalam rangka menyambut Hari Keluarga Nasional tanggal 29 Juni, Hari Kesehatan Nasional (HKN) tanggal 12 November dan Hari Kesrak PKK tanggal 4 Maret.


Pada pelaksaan dilapangan, kegiatan bakti TNI KB terpadu yang berakhir pada bulan Oktober, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pencapaian akhir selama tiga bulan melalui bulan Oktober sampai dengan bulan Desember melalui kesatuan gerak PKK-KKBPK-Kesehatan.

Sebagai upaya memberikan penghargaan terhadap berbagai usaha yang dilaksanakan sesuai 

denganpetunjuk yang disampaikan tim pusat 




maka pelaksanan kesrak KKBPK-Kesehatan tahun 2019 akan dilakukan penilaian terhadap empat jenis kegiatan, yaitu : 

- pelaksanaan terbaik kegiatan kesrak KKBPK-Kesehatan, 

pelaksana  terbaik posyandu, 

-pelaksana terbaik prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di rumah tangga, 

- pelaksana terbaik lingkungan bersih dan sehat.


 Penilaian secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi dan nasional.




Partinia Parosil juga mengatakan :


bersamaan penilaian kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan akan dilaksanakan penilaian lomba kegiatan PKK yaitu:


- lomba tertib administrasi PKK, 

- lomba Pola Asuh dan Remaja (PAAR),

- lomba UP2K PKK,

 -lomba Hatinya PKK, 

- lomba IVA test. 


“Saat ini adalah kesempatan kita semua untuk berbuat, untuk berkarya dalam keterpaduan membangun Lambar.  Ibu-ibu yang belum sempat mari kita mulai, yang sudah berkarya ayo kita tingkatkan sehingga kita dapat bermanfaat untuk banyak umat,” demikian ajakan ketua TP PKK.


Harapan dari pelaksanaan kegiatan operasional di lapangan dapat lebih terkoordinasi dan terarah dalam mencapai kesepakatan sehingga menghasilkan karya nyata dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Selain itu, kesrak benar-bener mantap koordinasinya, keterpaduan dan dukungan semua unsur pelaksana, lanjut TP PKK Lambar.


 “Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih atas dukungan bapak, ibu serta seluruh kader PKK yang telah membantu dan berpartisipasi untuk memajukan kegiatan-kegiatan PKK baik yang ada di kecamatan maupun di kabupaten,” ungkap Pattimura.


Masih dalam Pencangan  kesrak Kepala Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Ir. Amirian, M.P dalam sambutannya mengungkapkan, kegiatan kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan ini merupakan agenda rutin setiap tahun. 

Kegiatan tersebut bertumpu pada:

- kegiatan-kegiatan kelompok swadaya masyarakat,

- PKK 

- Institusi keluarga berencana kesehatan di pekon dengan kader sebagai ujung tombak serta keluarga sebagai sasaran utamanya.


Amirian juga mengungkapkan, pihaknya mempunyai tugas untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk dan mengatasi masalah kemiskinan, upaya yang dilakukan bukan hanya sebatas pada pembatasan jumlah kelahiran tetapi juga mencakup upaya peningkatan kesejahteraan keluarga. Melalui program keluarga berencana juga mencakup program : 


- Bina Keluarga Balita (BKB), 

- Bina Keluarga Remaja (BKR), 

- Bina Keluarga Lansia (BKL), 

- Unit Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS). 


"Lomba kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan adalah sarana untuk memotivasi para kader dan keluarga serta TP PKK mencapai target PKK-KKBPK dan Kesehatan,” Amirian menutup sambutannya.



No comments:

Post a Comment