Bangek Nihan

Blog berbagi tips menarik dan beragam informasi

Thursday, September 10, 2020

Lampung Barat Kembali Daring

Lampung Barat akan kembali daring. Apa yang dimaksud dengan DARING? Daring merupakan kosakata dari Online. Daring adalah akronim atau singkatan. DARING kepanjangannya Dalam Jaringan.


Selama ini kita lebih kenal dengan kata bahasa inggris ‘online’ yang memiliki arti berkaitan dengan aktivitas terhubungnya jaringan ke internet.


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) istilah daring memiliki arti terhubung melalui jejaring komputer, internet dan sebagainya.


Jadi kalau daring adalah singkatan dalam bahasa Indonesia, sedangkan online kata dari bahasa Inggris, lawan kata dari online yaitu offline yang dalam bahasa Indonesianya Luring diartikan sebagai terputus dari jejaring komputer.


Demikian sedikit penjelasan tentang daring, luring, online dan ofline.



Dengan adanya peningkatan yang terpapar covid-19 di wilayah Kabupaten Lampung Barat maka Kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka di seluruh sekolah di Kabupaten Lampung Barat yang selama ini telah berlangsung sejak tanggal 24 Agustus yang lalu, kini kembali akan ditutup.


Dengan ditutupnya luring atau luar jaringan atau tatap muka Kegiatan Belajar Mengajar maka Lampung Barat akan kembali daring.



Rekomendasi izin Kegiatan Belajar Mengajar tatap muka yang diberikan tim gugus tugas Pemerintah kabupaten Lampung Barat di bulan Agustus segera akan dicabut menyusul adanya lonjakan terkonfirmasi wabah covid-19 di wilayah Lampung Barat yang menyebabkan adanya perubahan status.


Yang tadinya Lampung Barat semula berstatus sebagai zona kuning kini berubah atau meningkat menjadi zona orange.


Saat ini Dinas Pengendalian Bencana Daerah sedang menyiapkan surat rekomendasi untuk mencabut Kegiatan Belajar Mengajar tatap muka selama beberapa hari ini.


"Kami saat ini sedang menyiapkan surat pencabutan rekomendasi dan hari ini juga akan dinaikkan ke ketua tim satuan tugas untuk ditandatangani," kata Sekretaris Badan Pengendalian Bencana Daerah Lampung Barat Abdullah Kodri pada hari Selasa tanggal 8 September 2020.


Jika surat itu sudah ditandatangani maka secepatnya akan disampaikan ke Organisasi Perangkat Daerah terkait untuk diteruskan ke sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Lampung Barat. Maka akan kembali pada kegiatan belajar daring atau dalam jaringan.


"Surat itu ditargetkan secepatnya atau dalam 1 atau 2 hari ini sudah disampaikan ke pihak terkait untuk pelaksanaanya," tambahnya.


Ditempat terpisah sekretaris Dinas Pendidikan Lampung Barat Ahmad Sukri, membenarkan akan menghentikan sementara Kegiatan Belajar Mengajar tatap muka di Lampung Barat.


Surat itu saat ini dalam proses di Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk selanjutnya akan dinaikan ke tim gugus tugas guna ditandatangani dan disampaikan kepada pihaknya untuk selanjutnya disampaikan ke sekolah-sekolah yang ada di Lampung Barat.


"Intinya surat untuk penghentian sementara Kegiatan Belajar Mengajar tatap muka itu saat ini masih dalam proses di dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan dalam Minggu ini juga ditargetkan sudah disampaikan ke sekolah-sekolah," lanjut Ahmmad Syukri sekretaris dinas pendidikan Lampung Barat.


Setelah surat penghentian sementara Kegiatan Belajar Mengajar tatap muka atau luring terbit, kemungkinan besar kegiatan Belajar Mengajar Lampung Barat kembali Daring



2 comments:

  1. Assallamualaikum wr wb. Apa kabar mbak Ummi?

    Akibat pandemi kegiatan online makin sering ya mbak.. Mau tidak mau kita harus menyesuaikan diri dengan kondisi seperti ini.

    ReplyDelete
  2. Waallaikumsallam kang Maman alhamdulillah sehat.
    Iya begitulah seharusnya.

    ReplyDelete