Bangek Nihan

Blog berbagi tips menarik dan beragam informasi

Thursday, May 24, 2018

Nikmatnya Daun Singkong Maag Kumat



Nikmatnya Daun singkong maag kumat, saya punya riwayat sakit maag yang lumayan parah. Alhamdulillah sudah cukup lama tidak kumat lagi. Beberapa artikel menyebutkan bahwa penyakit maag bisa menyerang seseorang adalah karena pola makan yang tidak teratur dan hal ini saya percayai karena memang pola makan saya awalnya memang benar-benar sangat buruk.

Rasa sakit pada ulu hati atau maag ini bila sudah kambuh, masyaallah .... saya sangat tersiksa nyerinya sangat luar biasa dan sangat mengganggu aktivitas harian saya. Sambil berobat rutin pada dokter keluarga dan saya juga mengikuti saran-sarannya termasuk membawa bekal saat beraktivitas, makan sedikit-sedikit tapi sering, jam makan yang teratur pada intinya memperbaki pola hidup yang sehat, alhamdulillah saya terbebas dari penyakit maag yang sangat menyiksa.

Kejadian ini terjadi kemarin sore setelah buka puasa, hari ini saya free tidak ada jadwal safari Ramadhan jadi saya buka puasa di rumah. Saat makan malam saya mengambil daun singkong rebus. Menu lainnya biasa ada tempe goreng, pindang tulang iga, ikan mujair goreng tepung hari ini ibu jadi koki menyiapkan menu buka puasa dan makan malam, bukan saya yang memintanya melainkan beliau sendiri yang ingin melakukkannya kalau dilarang biasanya beliau tersinggung intinya beliau masih ingin dianggap bahwa masih bisa melakukkan banyak hal untuk orang lain. Saya ambil bagian juga dong nggk mungkin saya biarkan ibu bersibuk-sibuk sendiri di dapur hehe ...

Saat saya makan daun singkong tidak terpikirkan sama sekali dengan penyakit maag yang pernah saya derita dan saya sudah lama tidak makan daun singkong rebus alhamdulillah saat makan daun singkong memang nikmat sekali dicocol sambal yang tidak terlalu pedas karena ibu dan saya sendiri tidak suka pedas. Memang enak, tapi saya makan daun singkong tidak terlalu banyak hanya beberapa helai saja itupun saya ambil yang masih sangat muda karena saya lihat ibu sangat menikmati daun singkong rebus ini jadi saya memilih untuk mengalah saja.

Selesai shalat tarawih, saya shalat tarawih sendiri di rumah maksudnya tidak berjamaah di masjid karena sudah beberapa malam ini saya mengikuti kegiatan Safari Ramadhan keliling kampung jadi khusus untuk malam ini saya full menemani ibu dan gadis kecil saya di rumah. Tiba-tiba saya merasakan nyeri ulu hati yang sangat luar biasa.

Saya berusaha untuk tetap berpikir positif karena saya yakin pikiran positif bisa meringankan rasa sakit yang saya rasakan. Pikiran positif bisa juga disebut sugesti, ya saya mensugesti diri saya bahwa saya tidak akan sakit dan rasa sakit pasti akan segera hilang.

Sambil terus menghilangkan rasa nyeri ulu hati dalam pikiran saya, saya mengambil segelas air putih hangat dan saya minum seteguk demi seteguk hingga habis satu gelas air putih hangat.

Saya perhatikan ibu saya, beliau terlihat biasa saja tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan kalau beliau merasa tak enak atau tidak nyaman dalam hati saya bersyukur kepada Allah hanya saya yang merasakan nyeri di ulu hati ini.

Saya kemudian masuk kamar dan tidur lebih awal. Saat bangun sahur saya masih merasa nyeri di ulu hati yang sangat menyiksa sampai rasa tak sanggup untuk menyediakan menu makan sahur. Kemudian saya minum lagi segelas air hangat. Saya juga sempat membaluri perut dengan minyak gosok ( freshchare).

Saya sedang berusaha menghindari obat-obat maag, seperti milanta, promaag dan yang sejenisnya hanya untuk sementara waktu. Usai sahur saya minum lagi segelas air putih hangat. Saat menjelang imsyak saya sudah tidak tahan untuk BAB. Selesai BAB rasa nyeri ulu hati mulai terasa berkurang. Alhamdulillah sekarang nyeri ulu hati saya benar-benar hilang dan tak sabar untuk berbagi informasi ini kepada pembaca blog Bangek Nihan.

Sebelum saya menulis tentang Daun singkong maag kumat, saya sempat berselancar di google salah satunya yang saya dapatkan artikel yang memuat : makanan yang harus dihindari saat maag dalam artikel tersebut salah satunya menyebutkan daun singkong, akhirnya saya berpikir boleh jadi daun singkong termasuk salah satu penyebab maag saya kumat, meskipun maag saya sudah tidak kumat lagi menurut saya lebih baik saya hindari saja makanan yang disebutkan dalam artikel detik.com tersebut.

Memang penyakit itu bisa saja datang sebagai peringatan dari Allah dan atas izin Allah pulalah penyakit bisa sembuh, tapi sebagai syariat atau usaha untuk sehat lebih baik dihindari saja makanan yang bisa membuat nyeri ulu hati (khususnya saya) kumat lagi. Sakit itu memang sangat tidak enak karenanya sebelum sakit berhati-hati sajalah dalam soal makanan dan jauhi gaya hidup yang tidak baik lainnya.

Saya tidak tahu apakah informasi pengalaman pribadi ini ada manfaatnya bagi orang lain yang jelas tulus dari hati berbagi dan semoga Allah ridha agar tulisan sederhana ini mendapat kebaikan yang banyak baik di dunia maupun dikehidupan yang kekal nantinya, aamiin Allahumma aamiin.

Salam hangat dari saya selamat menjalankan ibadah puasa 1439 H, semoga ibadah kita diridhai Allah serta semoga sehat selalu dan dihindarkan dari segala macam penyakit.

Keterangan : Sumber foto google

24 comments:

  1. Aku juga punya sakit maag seperti yang kak Hani alami.
    Untuk agar ngga kambuh, kita memang kudu sering2 ngemil.

    Aku baru tau kalau ternyata daun singkong ikut menaikkan kadar gas lambung.
    Terimakasih infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu masih seting kambuh biasanya dua jam sekali sata ngemil
      sejak tidak kambih2 ya tidak lagi

      yah itu baru tahu juga untuk hal ini

      Delete
  2. Saat sakit menyerang kenapa tidak coba minum obat Maag Cair Mbak... ? :)

    Kebanyakan orang2 terkena sakit Maag, termasuk saya juga Mbak, heheheh..... namun pada hari2 biasa kita menyiasatinya dng membawa permen atau makanan ringan yang mengenyangkan.

    Tapi kalau sedang puasa, saya mah pasrah saja Mbak Pada Allah SWT, mau sakit maag saya terima tidak sakit Maag Alhamdulillah. Dan Alhamdulillah berkat niat ikhlas saya tidak sakit Maag saat berpuasa. Ajaib sekali Puasa Ramadhan ini. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sudah terlalu banyak konsumsi obat-obatan
      hari-hari biasa biasanya bawa bekal yang paling sering coklat
      alhamdulillah sekarang sehat tapi tetap harus berhari-hati soal makanan tidak boleh sembarangan

      Delete
  3. Sebenarnya daun singkong tidak menyebabkan penyakit maag. Itu hanya karena lambung tidak kuat menghancurkan daung singkong. Kalau ingin makan daun singkong, masaklah daun singkong tersebut sampai empuk.
    Kalau dibulan puasa, memang lebih enaknya itu makan yang empuk-empuk biar lambung tidak terlalu bekerja dengan kerasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi begitu kang, ini lambung mungkin tidak kuat untuk yang sulit dicerna

      Delete
  4. Daun yang tinggi serat sebenarnya sangat bagus untuk pencernaan dan sangat jarang menyebabkan masalah pencernaan seperti maag, kecuali memang memiliki riwayat maag.
    Kalau saya, daun ini sangat nikmat dimakan buat lalapan... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagi yang tidak punya riwayat maag mungkin tidak apa, tapi bisa jadi lain orang tak masalah walau sakit maag

      Delete
  5. Alhamdulillah sudah sembuh

    Daun singkong memang nikmat
    Di makan dengan sambal tambah lezat
    Tapi jika merusak sehat
    Lebih baik dihindari jadi alasan tepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih
      enak ya, tapi tidak cocok untuk lambung nih hehe

      Delete
  6. Aamiin ...YRA. Semoga kita masih diberikan kesempatan untuk menyambut ramadhan2 berikutnya. Daun singkong atau kucuk kikim ini sampai segitunya kah bertentangan dengan lambung? Hemm, sebentar Mbak Hani, saya tanya dulu sama Bik Romlah tetangga sebelah rumah. Hihihi

    BTW, kalo di waktu siang hari saya paling males mampir ke bangeknihan. Bawaannya khilaf, liat makanan yang enak-enak. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini baru tahu juga setelah mengalami dan browsing di google
      begitu ya? maaf kalau gitu 😊

      Delete
  7. daun singkong bahaya ya buat penyakit maag
    juga pantngan bagi orang yang sakit asam urat karena kandungan purin di dalamnya bisa membuat tubuh kolaps tidak bisa jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru tahu juga, tapi kalau untuk penderita asam urat sudah tahu sebelumnya
      semoga sehat selalu

      Delete
  8. harus hindari daun singkong kalau sakit maag

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau sudah tahu lebih baik dihindari saja

      Delete
  9. Saya baru tahu kalau daun singkong sebaiknya dihindari bagi yang sakita maag; tentu info ini sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga tahu setelah mengalaminya dan sempat cari tahu dulu di google

      Delete
  10. Daun singkong memang enak, tapi kalo sakit maag sebaiknya dihindari....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya daripada sakit
      toh masih banyak makanan lainnya 😊

      Delete
  11. bila mbak ummi sebut singkong, terus saya teringat lagu singkong dan keju hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya memang ada lagunya berjudul singkong dan keju bisaan aja nih dear anies

      Delete
  12. Daun singkong enaknya ditemeni mentimun sama sambal matah ya ummi.. selain sehat juga daun singkong murah juga ya ummi,, jadi pengen makan lalaban xixiix

    ReplyDelete
  13. Mohon maaf saya mau meluruskan, kebetulan saya sbg tenaga medis, sebaiknya daun singkong dihindari bagi penderita maag,Krn dengan memakan daun singkong bisa mengakibatkan naiknya asam lambung,shg bisa menimbulkan sakit dan nyeri pada ulu hati, terimakasih

    ReplyDelete