Bangek Nihan

Blog berbagi tips menarik dan beragam informasi

Wednesday, May 23, 2018

Safari Ramadhan Hanya Ada di Bulan Penuh Berkah

Safari Ramadhan Hanya Ada di Bulan Penuh Berkah. Agenda tahunan yang selalu dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Lampung Barat salah satunya, yaitu Safari Ramadhan. Adalah suatu kebahagiaan bisa tergabung dalam tim safari Ramadhan, mengapa? Moment Safari Ramadhan ini punya banyak manfaat dan tujuan. Sangat sayang rasanya bila melewatkan moment kebersamaan ala Safari Ramadhan yang selalu digelar setiap tahun.

Mungkin di daerah lain juga ada acara Safari Ramadhan. Safari Ramadhan biasanya terdiri dari beberapa tim. Di Lampung Barat Safari Ramadhan dibentuk tiga tim dalam setiap tim terdiri dari beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (KOPD) atau Kepala Dinas (Kadis) dan Musyawarah Pimpinan Daerah (MUSPIDA) atau Muspida tingkat II yaitu : Bupati, Kapolres, Dandim, Kepala Kejaksanaan Negeri (Kajari), dan Ketua Pengadilan Negeri (PN).

Tim I dipimpin oleh Bapak Parosil Mabsus selaku bupati Lampung Barat.
Tim II dipimpin oleh Bapak Mad Hasnurin, wakil bupati Lampung Barat dan Sekretaris Daerah, Akmal Abdul Naser.
Tim III dipimpin oleh Ketua DPRD kabupaten Lampung Barat Edi Novial,S.kom.
Tim-tim Safari Ramadhan ini akan mengunjungi kecamatan-kecamatan yang ada di Lampung Barat selama bulan Ramadhan.

Kemudian apa saja tujuan dan manfaat dari Safari Ramadhan yang hanya ada di bulan penuh berkah ini? Tentu sangat banyak dan momen ini menjadi moment yang sangat dinanti-nantikan oleh sebagian besar masyarakat Lampung Barat, diantaranya :

1. Silaturahmi

Safari Ramadhan menjadi alat yang sangat efektif untuk menyambung tali silaturahmi dengan masyarakat yang berada di pekon-pekon. Masyarakat berbondong-bondong hadir di masjid yang ditunjuk dan berada dikecamatan tempat tinggal mereka, mereka sangat menyambut baik agenda safari Ramadhan ini karena bisa bertemu langsung dengan pemimpinnya. Tidak hanya bertemu, tapi juga melaksanakan shalat maghrib, Isya dan juga shalat tarawih bersama. Masyarakat juga diberikan waktu untuk beramah-tamah, menyampaikan hal-hal yang ingin disampaikan sambil menunggu bedug Maghrib tiba tanda berbuka puasa, tak heran bila setiap moment Safari Ramadhan masyarakat sangat antusias demi memanfaatkan kesempatan moment ini dengan sebaik-baiknya.

2. Menyalurkan bantuan

Tim Safari Ramadhan juga bertujuan untuk menyampaikan bantuan dan menyalurkan dana zakat profesi. Bantuan untuk masjid, seperti sajadah dan uang pembangunan masjid. Penyaluran zakat profesi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) serta pegawai yang berada dipemerintahan Lampung Barat.

Safari Ramadhan hanya ada di bulan penuh berkah menjadi sangat bermakna dan bermanfaat selama disikapi dengan positif akan sangat banyak manfaat yang diambil. Bapak bupati menyampaikan lewat sambutannya, bahwa :

"bila bantuan yang diberikan dihitung-hitung bisa dibilang tidak seberapa nominalnya, tapi inilah kemampuan pemerintah daerah sebagai tanda kasih kepada masyarakat Lampung Barat. Semoga bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Bupati juga mohon doa agar para penyalur zakat profesi ini diberikan keberkahan baik dalam melaksanakan tugas-tugasnya, rezekinya dan diberikan kesehatan agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Masih dalam sambutannya bupati juga sampaikan agar Safari Ramadhan ini bisa dilanjutkan ke tingkat kecamatan, kelurahan, desa atau pekon untuk mempererat tali silaturahmi terlebih di bulan penuh maghfiroh ini.

Tak lupa pula bupati menyosalisasikan program-program pemda dan juga mohon pada masyarakat untuk memberi dukungan atas program-program pemerintah daerah, karena tanpa dukungan dari masyarakat program-program yang akan dilaksanakan tidak bisa berjalan dengan sukses".

Berikut ini tayangan video saat pak bupati akan menyampaikan sambutannya yang Ummi beri gelar :Safari Ramadhan Hanya Ada di Bulan Penuh Berkah sekedar melengkapi postingan saja.

10 comments:

  1. Betul sekali artikel diatas umi....Intinya mumpung Ramadhan masih bersama kita tingkatkanlah nilai ibadah kita serta amal soleha dibulan penuh berkah ini..😄

    Belum tentu dibulan ramadhan berikutnya kita masih bisa mengikutinya..😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo kita mengeruk pahala sebanyak-banyak di bulan penuh berkah

      Delete
  2. ada berbagai macam kegiatan yang diselenggarakan oleh instansi instansi pemerintahan di tiao tiap daerah saat memasuki Bulan Ramadhan seperti contoh Safari Ramadhan ini yang notabene penggeraknya sendiri adalah jajaran kepala Daerah setempat Lampung Barat salah satunya. kegiatan kegiatan yang bermakna ibadah ini patut menjadi contoh bagi masyarakat lain ya Ummi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah mas, agenda safari ramadhan ini rutin dilaksanakan setiap Ramadhan tiba

      Delete
  3. iyam safari ramadan hanya ada di bulan ramadan saja. Tujuan safari ini sangatlah mulia dan juga membantu sesama yang kekurangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Moment yang seharusnya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya
      agar sama-sama mendapatkan manfaat baik penyelenggara pemerintahan dan masyarakat daerahnya

      Delete
  4. Bener banget ummii,, safari ramadhan membuat silaturahmi tetap terjaga sesama muslim yaa umii.. Semoga kita selalu bisa silaturahmi walaupun tidak dalam ramadhan yaaa.. Amin ya robbal alamin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sebaiknya tidak hanya di hulan Ramadhan untuk bersilaturahmi, terlebih lagi bila sedang ada di bulan Ramadhan bulan yang penuh maghfirrah

      Delete
  5. hebatnya aura bulan ramadan, kan? bulan lain belum tentu kita mampu buat atau peroleh semua ini... tapi paling beruntung tentulah umat nabi muhammad SAW

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allahummashalli 'alla sayidina muhammad
      bulan yang penuh berkah semoga kebiasaan baik di bulan Ramadhan bisa menjadi kebiasaan walau sdh tidak dibulan Ramadhan

      Delete