Bangek Nihan

Blog berbagi tips menarik dan beragam informasi

Tuesday, January 8, 2019

Ikan Tamban Kriuk

Ikan Tamban Kriuk, nama masakan resep pilihan blog Bangek Nihan hari ini. Ikan tamban sendiri adalah jenis ikan laut yang banyak terdapat di laut Krui Pesisir Barat. Bentuk ikannya pipih dagingnya lebih tipis matanya terliaha bagak besar mirip dengan ikan kembung mata gede demikian orang di daerah kami menyebutnya. Kulitnya bersisik lembut. Rasanya gurih seperti ikan laut lainnya. Yang paling penting adalah pilih ikan yang masih segar agar masakan apapun yang akan kita olah dengan bahan utama ikan enak meskipun dengan bumbu minimalis.

Ikan tamban termasuk golongan ikan murah meriah ditempat kami tinggal perkilonya dijual dua puluh lima ribu ini dari pedagang ikan keliling langsung dibersihkan jadi saya diringankan dari membersihkan pada bagian perut, insang dan sisik ikannya, mungkin kalau membeli langsung dipasar ikan akan lebih murah lagi. Saya termasuk yang tidak begitu suka ke pasar ikan, kalau ke pasar ikan biasanya karena sudah terpaksa tak ada pilihan lain lagi untuk mendapatkan ikan.

Karena ikan tamban ini berdaging tipis dan kecil-kecil saya lebih senang mengolahnya dengan digoreng kering saja. Agar saat menikmatinya tidak repot memisahkan antara daging ikan dan duri-duri yang ada pada ikan. Dengan digoreng kering ikan bisa dinikmati hingga ke tulang-tulangnya juga, konon tulang ikan mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Dengan demikian ada dua yang didapat, yaitu Kalsium dan protein hewani, alhamdulillah.

Sebenarnya ikan tambannya sudah saya olah kemarin dan sudah jadi lauk makan siang kemarin ternyata gadis kecil saya sangat suka, mungkin karena garingnya.

Mungkin kamu ingin tahu bagaimana saya mengolah si ikan tamban kriuk ini, ayo kita mulai!


Ikan tamban kriuk ala blog Bangek Nihan

Bahan-bahan membuat ikan tamban kriuk> adalah :

500 gram ikan tamban dibersihkan, cuci dan tiriskan

2 siung bawang putih ukuran sedang, bubuk bawang putih juga bisa.

1 ruas ibu jari orang dewasa kunyit atau boleh juga menggunakan bubuk kunyit yang banyak dijual diwarung-warung (mini market)

Bubuk ketumbar secukupnya

garam secukupnya

penyedap bila suka

Tepung terigu secukupnya

Minyak goreng untuk menggoreng secukupnya

Cara membuat ikan tamban kriuk :

Campurkan ikan, bawang putih, kunyit, garam aduk hingga rata, kemudian taburi tepung terigu aduk-aduk lagi hingga rata, kalau kamu suka tepung terigunya agak tebal kamu bisa tambahkan sesuai seleramu. Tepung terigunya dalam keadaan kering ya, jangan diberi air cukup basah oleh ikan dan bumbu-bumbu saja.

Siapkan minyak panas. Goreng ikan tamban hingga matang dan kering. Angkat dan tiriskan dari minyak.

Nah jadi deh ikan tamban kriuk kita, selamat menikmati. Rasanya gurih dan krenyes krenyes garing dicocol sambel botol atau saus cabe lebih enak lagi loh.

Selamat mencoba ya semoga kamu suka.
Salam.


Penampakan ikan tamban yang baru dibersikan sebelum diolah

3 comments:

  1. Kalau di daerah saya (Bogor) ikan ini di sebut "ikan beunteur" (Maaf kalau salah).

    Waktu masih di kampung dulu saya sering memancing ikan jenis ini di kali kecil pinggir hutan. Dan memang paling enak masaknya kalau digoreng garing. Rasanya renyah dan gurih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin benar mungkin juga tidak benar, karena ikan ini jenis ikan laut kang Maman

      Tapi untuk rasa kemungkinan besar sama apalagi kalau dalam keadaan renyah

      Delete
  2. ooo roang sana pun panggil ikan tamban juga ya...

    ReplyDelete