Bangek Nihan

Blog berbagi tips menarik dan beragam informasi

Saturday, May 5, 2018

Lomba Perahu Hias Danau Ranau Lumbok Seminung Lampung Barat.

Lomba Perahu Hias Danau Ranau Lumbok Seminung Lampung Barat. Hari Minggu 29 April 2018 yang lewat pemerintah daerah Lampung Barat melalui Dinas Pariwisata dan Dinas Perikanan Peternakan mengadakan hajad besar, yaitu Gebyar Lombok Seminung.



Sebagai ajang promosi wisata daerah yang ada di Kabupaten Lampung Barat. Pesona Indonesia yang memukau ciptaan Sang Maha Kuasa di Bumi Beguwai Jejama ini sangat pantas untuk dikunjungi.

Danau terbesar kedua di Sumatera, yaitu Danau Ranau yang berlokasi di perbatasan antara Kabupaten Lampung Barat dan Ogan Komering Ulu Selatan disinilah diadakan kemeriahan event bergengsi Lomba Perahu Hias Danau Ranau Lumbok Seminung Lampung Barat.

Hamparan danau yang luas dan biru bersih dikelilingi oleh hijaunya pegunungan angin berhembus terasa sejuk dan ingin berlama-lama untuk menyaksikan keindahan ciptaan-Nya.

Masyarakat yang terdiri dari beragam suku dan agama hidup rukun berdampingan saling menghormati dan menghargai.

Dalam acara ini juga dimeriahkan dengan lomba-lomba yang melibatkan seluruh masyarakat yang ada dikabupaten Lampung Barat dan diluar kabupaten.



Ada lomba bakar ikan.
Lomba ini menampilkan kreatifitas membakar ikan yang matang sempurna dengan racikan bumbu tradisional serta penyajian yang menarik hingga mengundang selera ingin menyantapnya, Tidak dari segi penyajian saja, tapi sejak dari pembakaran ikan, aroma dan sudah tentu rasanya.

Gelaran sepeda sehat.
Lokasi start ibu kota Lampung Barat komplek perkantoran Pemda Kabupaten Lampung Barat finish di area Wisata Danau Ranau. Sambutan komunitas sepeda dari dalam dan luar kabupaten sangat luar biasa ditandai banyaknya yang mengikuti event ini dari luar kabupaten luar yaitu : Lampung Tengah, Lampung Timur, Metro, Lampung Utara, Way Kanan, Lampung Selatan, Kota Agung dan dari Ogan Komering Ulu, sedang dari dalam kabupaten Lampung Barat sendiri mengikuti event dari semua kecamatan yang ada.



Lomba Nyambai.
Nyambai salah satu kesenian daerah Lampung Barat. Kesenian nyambai adalah kesenian khas dari Lampung Barat. Nyambai dilombakan untuk melestarikan budaya sekaligus memperkenalkan kepada seluruh masyarakat bahwa kesenian Nyambai adalah khas dari Lampung Barat. Tampak pak Bupati ikut bergabung dalam salah satu grup kesenian Nyambai sebagai bentuk apresiasi beliau pada event tersebut. Nyambai semacam berbalas pantun yang diiringi alat musik rebana dan alat musik tradisional lainnya. Dalam satu tim bisa berisi delapan sampai sepuluh pasang.



Acara yang dipusatkan di Lumbok Dermaga Danau. Dalam kesempatan ini juga dilakukan tabur benih ikan oleh Bupati dan wakil bupati Lampung Barat beserta Forkopinda dan OPD yang sempat hadir. Tampak ketua TP PKK dan Ketua Dharmawanita juga melakukan tabur benih ikan di Danau Ranau.

Semoga usaha mempromosikan daerah wisata ini mampu mendatangkan wisatawan dari manapun dan bisa mensejahterakan rakyat setempat khususnya dan seluruh masyarakat luas pada umumnya.

Ingin menyaksikan keindahan Danau Ranau lebih jauh lagi? Silahkan berkunjung ke Kabupaten Lampung Barat. Di Kabupaten ini tidak hanya ada Dansu Ranau, tapi ada danau lainnya juga, yaitu :Danau Asam, Danau Keramikan, Danau Lebar.
Ummi jadi teringat kalimat indah ini, tapi lupa siapa yang pernah mengatakannya kalau pembaca ada yang juga pernah mendengar kalimat yang Ummi maksudkan ini bisa ingatkan Ummi di kolom komentar ya, begini kalimatnya : "Seringlah berkunjung ke daerah kami agar kami tahu apa yang kalian inginkan untuk kemajuan dan kebaikan daerah kami."

Berikut ini adalah tayangan video Lomba Perahu Hias Danau Ranau Lumbok Seminung Lampung Barat yang sempat Ummi rekam, selamat menyaksikan.



12 comments:

  1. lomba nyambai kok saya penasaran banget jadinya, balas balasan pantun dan di iringi musik daerah, saya bayanginya pasti jadi lucu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tradisi ini menunjukkan keluwesan gerakan, kecakapan dalam mengolah kata-kata, keserasian gerakan tim, weh pokoknya sangat kompleks deh, lucu, seru, riang membuat penonton juga ingin ikut bergoyang 😀

      Delete
  2. Bicara Kota Lampung, saya jadi teringat blogger teman saya yang asal Lampung juga, namanya mbak Maya.. sekarang agak jarang online.. kemanakah gerangan beliau, sedang sibuk-kah atau sedang bersemedi mencari inspirasi, hehe...

    BTW, kehadiran mbak Ummi setidaknya cukup mengobati kerinduan kami sebagai teman-teman blogger tentang sosok mbak Maya yang super ramah itu.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitu ya, ya sesama pemilik dan pengelola blog harusnya ramah dan saling melindungi

      anggaplah kita ini satu tim, yang bisa tetap solid 😊🙏🏻

      Delete
  3. videonya lumayan bagus
    sering mempromosikan saja wisata daerah biar banyak wisatwan yang datang dari dalam dan luar negeri. Kan bisa menyejahterakan rakyat sekitar

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih
      Ya semoga bisa berbuat sesuatu yang bisa manfaat untuk orang lain

      Delete
  4. Seru juga ya kayaknya spend weekend nonton ini. Saya boleh juga tuh jadi juri lomba ikan bakarnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru banget bro, jadi juri bakar ikan apa bagian icip-icip ikan bakar hehe

      Delete
  5. Rame dan seru banget pastinya ya mba, kalo deket mah saya pasti nonton nih, hehe

    ReplyDelete
  6. Wuih rame bener. Ngiler Um ada ikan bakarnya. Makanan mulu yang dipikir hihihi....

    ReplyDelete
  7. Diantara semua lomba,, aku paling mau ikutan lomba ikan bakar, biar bisa langsung dimakan wkwkkw ga rugi kalau kalah juga yang fenting bisa makan ikan enak xixiix.. Rame bener ya ummiiiiii...... Mau lah ajakin ya mii kalau ada acara xixix

    ReplyDelete
  8. lomba ikan bakar? boleh guna apa sahaja jenis ikan ke mbak ummi?

    ReplyDelete