Bangek Nihan

Blog berbagi tips menarik dan beragam informasi

Monday, May 7, 2018

Berkunjung ke Danau Ranau Jangan Lupa Nikmati Juga Kuliner Khasnya

Berkunjung ke Danau Ranau Jangan Lupa Nikmati Juga Kuliner Khasnya.

Kalau sudah jalan-jalan biasanya satu paket dengan kulinernya ya. Tak lengkap bila tidak menimmatinya. Keindahan Danau Ranau adalah salah satu pesona yang ada di Indonesia.

Air danaunya sejuk dan bersih karena kebersihan danau sangat dijaga dan sudah menjadi budaya dari warga setempat. Danau ini berbeda dengan danau kebanyakan, pada tepiannya landai sehingga pengunjung bisa menyusuri tepiannya dan menikmati sejuknya air danau.

Ada ikan yang menjadi kebanggaan rakyat setempat, yaitu ikan mujair Danau Ranau. Bukan berarti tak ada ikan jenis lain loh, di danau ini ada banyak jenis ikan lainnya ada ikan belanak, ikan palau, ikan belida juga ikan air tawar lainnya.



Berkunjung ke Danau Ranau Jangan Lupa Nikmati Juga Kuliner Khasnya. Di danau ini ada banyak keramba yang dikelola oleh warga setempat. Dan, dipinggir menuju lokasi akan ditemui pondok santap yang menyajikan ikan bakar, ikan gulai taboh (iwak taboh), sambal halipu lengkap dengan lalapannya.

Kesegaran ikan yang disajikan tidak perlu diragukan, karena biasanya setiap pondok santap punya keramba sendiri. Jadi mereka mengambilnya bisa setiap saat. Rasa ikan mujair Ranau gurih dan sangat pulen, meskipun dengan bumbu yang sederhana soal rasa, ... hem, .... bakal ketagihan. Kita bisa pesan langsung dan ingin diolah jenis masakan apa, mau dibakar, di pepes atau di gulai taboh khas Lampung Barat.



Bagi yang ingin naik perahu juga ada, naik perahu menyusuri dan menikmati keindahan danau di atas perahu. Ada banyak perahu wisata yang bersandar dipinggir danau bisa di nego langsung saat akan menggunakannya. Mereka akan siap melayani para wisatawan dengan ramah. Untuk jasanya sangat bervariasi bila sedang beruntung bisa dapat tarif semurah mungkin.

Akan terlihat juga anak-anak kecil berlarian di pinggir danau, ada yang mandi dengan riang di sejuknya air danau kadang akan melihat nelayan yang membawa hasil tangkapannya berupa ikan asli dari danau bukan dari kerambah. Ikan di danau memang tetap dijaga kelestariannya sebagai sumber matapencaharian masyarakat di sekitar Danau Ranau.



Pemandangan danau yang indah akan dilengkapi pula oleh penjual buah segar yang pastinya buah lokal setempat seperti alpukat, pisang, pepaya, jambu yang baru dipetik dari pohon dan langsung dijajakan pada pengunjung.

Pesona Danau Ranau menanti kedatanganmu kawan, bila belum puas menikmati keindahan danau tidak jauh dari danau ada hotel yang bersih dan rapih. Bila kau datang dengan cinta maka akan kau dapati cinta alam yang engkau kunjungi. Jangan lupa ya, Berkunjung ke Danau Ranau Jangan Lupa Nikmati Juga Kuliner Khasnya.

Kuliner apa yang paling khas di Danau Ranau? Sudah pasti olahan ikan yang di ambil dari danau tentunya. Penasaran keindahan Danau Ranau? Belum puas dengan testimoni yang admin tuliskan? Cek langsung ke lokasi yuk! Atau ingin cek testimoni lainnya tentang Danau Ranau intip disini boleh Danau Ranau Pesona Lain Dari Pulau Sumatera
Semoga bisa menambah informasi pesona sekitar Danau Ranau dan membangkitkan kerinduan untuk segera datang berkunjung ke pesona dan nikmatnya kuliner khas Danau Ranau.

21 comments:

  1. Umiii,, mau main k danauu,, ntar deh tunggu lahiran,, bias bisa jalan2 terus xixixix.. Btw memang keren yaaaa view di danau apalagi kalau ada kuliner khasnya yang bkin ingin balik lagi kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bumil, lahiran dulu semoga sehat selalu ya
      View di danau keren banget Sista

      Delete
  2. Waaah pengin mkan ikan dr danau, kl ikan laut dkk bikin alergi.. Kl ikan dr danau blm pernah coba nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sih belum pernah dengar ada orang alergi ikan air tawar
      kalau ikan laut sering dengar

      Delete
  3. Kalau saya ke Danau Ranau, inginnya mandi sajalah. Penasaran dengan sejuknya air danau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. habis mandi di danau biasanya terasa lapar loh
      hehe

      Delete
    2. Yakiin ... mas Djangkaru berani nyemplung mandi di danau 🤔 ?
      Hehehe ...

      Ntar digigit ikan looh ... 😁

      Delete
  4. Enak bener bakar ikan pinggir danau ya, apalagi ikannya hasil nangkep sendiri disana. Sambil geber-geber ikan liat pemandangan danaunya, beuh gak kebayang, mantap dah pokoknya.

    ReplyDelete
  5. Ikannya menggoda untuk disantap,pas bangat buat ku yg doyan makan. View danau juga apik

    ReplyDelete
  6. Jadi pengin berkunjung ,sambil menikmati ikannya :D

    ReplyDelete
  7. yang jelas, di air seperti danau pasti ada ikannya yang bisa dijadikan makanan khasnya di situ. Termudah adalah mengolahnya dengan cara dibakar, langsung deh bisa disantap beramai-ramai dengan teman.

    btw saya belum pernah pergi ke sana sama sekali, mudah2an jika ada dana bisa ke sana sambil menuju Solok tar

    ReplyDelete
  8. Allahu. sungguh menarik. alangkah best nya jika dapat ke sana. inshaAllah nanti pasti, aamiin ^_^

    ReplyDelete
  9. Fasilitasnya cukup lengkap, sudah tersedia hotel juga, jadi pengunjung bisa nginep di hotel kalau mau liburan panjang di danau. Apalagi kulinernya ikan, saya suka banget makan ikan, mau diapain aja deh, asal jangan ikan mentah, hehehe...

    ReplyDelete
  10. kulinernya mantap...
    tapi pesona danaunya lebih mantap dan indah

    ReplyDelete
  11. mantap..
    aroma ikan bakar bikin suasana terasa lapar ya he..he.. :D

    ReplyDelete
  12. Ja ujung danau ranau..
    Langsung keinget lagu itu abis baca artikel ini mbak 😁
    Seru banget,makan ikan dg view eksotis begitu 😍

    ReplyDelete
  13. itu ikan bakarnya bikin gak nahan umm, ajiib

    ReplyDelete
  14. Belum pernah sih kesana sih ummi cuma melihat ada khas ikan bakar jadi pengen kesana... Terlebih ikan mujair dan sejenisnya wooww!! Nggak kebayang suasananya..😄😄

    ReplyDelete
  15. Belum pernah sih kesana sih ummi cuma melihat ada khas ikan bakar jadi pengen kesana... Terlebih ikan mujair dan sejenisnya wooww!! Nggak kebayang suasananya..😄😄

    ReplyDelete
  16. insya allah ada rezeki pasti saya akan sampai ke sana nanti ;-)

    ReplyDelete