Bangek Nihan

Blog berbagi tips menarik dan beragam informasi

Saturday, April 21, 2018

Cara Mengawetkan Daun Pandan dan Cara Agar Daun Pandan Selalu Tersedia

Cara mengawetkan daun pandan dan cara agar daun pandan selalu tersedia.


Ramadhan makin dekat nih, ada nggak sahabat Ummi yang masih punya hutang puasa Ramadhan tahun lalu, kalau ada ayo segera lunasi selagi masih ada waktu. Tapi, Ummi berharap sudah tidak ada lagi yang berhutang puasa tahun lalu dan sekarang sudah mempersiapkan diri dengan segala suka cita menyambut bulan Suci Ramadhan, betul begitu? Ia dong semua umat muslim pasti dan seharusnya menyambut bulan Suci Ramadhan dengan hati yang gembira.

Semoga Allah sampaikan kita semua pada bulan Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi aamiin ya Allah.

Postingan ini terinspirasi saat Ummi kesulitan mendapatkan daun pandan, entah kenapa di pasar biasanya ada yang menjual daun pandan, tapi saat Ummi membutuhkannya kok tidak bisa menemukannya.

Ummi cari daun pandan untuk apa ya? Ummi ingin membuat bubur kacang hijau, kalau ditambahkan daun pandan aromanya wangi dan mengundang selera. Pakai aroma vanili juga bisa, tapi kali ini Ummi ingin aroma pandan, gimana nih?

Kemudian Ummi coba cari mungkin ada tetangga yang menanam, kalau ada Ummi ingin minta barang dua helai saja, eh ternyata sudah sangat jarang orang menanam tumbuhan pandan ini. Mungkin orang-orang lebih suka dengan vanili atau sejenisnya untuk memberi aroma pada masakan seperti kolak atau bubur kacang hijau, entahlah Ummi tak tahu jelas alasannya.

Setelah mencari kesana kemari disekitar gang tempat Ummi tinggal sempat kecewa juga sih. Ada satu tetangga yang masih menanam tumbuhan pandan ini, "ambil aja Mi berapa maunya gratis kok, ... hehe."

Berhubung butuh perjalanan panjang untuk mendapatkan si daun pandan ini Ummi ambil cukup banyak juga sih. Sampai di rumah bingung nih bagaimana cara mengawetkan daun pandan supaya tetap segar? Bagaimana agar daun pandan selalu tersedia saat Ummi membutuhkannya?



Nah muncul deh ide Ummi, mau tahu nggak nih? Ummi kasih tahu ya siapa tahu ada yang membutuhkannya.<:br>

1. Simpan di lemari es

Kalau cara ini pasti banyak yang menggunakannya. Caranya cuci bersih daun pandan kemudian masukkan dalam wadah tertutup langsung simpan di lemari es.

Atau dengan cara membungkusnya dengan koran kemudian masukkan dalam lemari es, gampang ya.

2. Taruh di toples

Ambil pandan yang masih ada akarnya. Cuci bersih dan hati-hati jangan sampai merusak akarnya. Sediakan toples ukuran sedang isi air masukkan pandan yang masih ada akarnya tadi. Silahkan letakkan dimana kamu suka. Di atas meja sebagai pemanis ruangan juga ok.

Jangan lupa bubuhkan bubuk abate pembunuh larva nyamuk agar nyamuk tak bersarang dalam genangan airnya bisa kamu dapatkan di apotik atau toko obat yang menjualnya.

3. Ditanam

Nah kalau kamu punya pekarangan bisa kamu tanam saja tumbuhan pandan ini sekaligus melestarikan dari ancaman kepunahan si tumbuhan pandan ini.

Ummi aku nggak punya pekarangan gimana nih? Gampang sediakan pot saja isi tanah yang subur tanam tuh tumbuhan pandan dalam pot. Kamu juga bisa gunakan kaleng bekas sebagai pengganti pot. Mudahkan!

Begitu cara Ummi agar daun pandan selalu tersedia saat Ummi membutuhkannya. Kalau kamu gimana? Share dong di kolom komentar biar bisa bermanfaat untuk yang lainnya Ummi tunggu ya.

Salam kompak dan bahagia selalu untuk kamu sahabatku dimanapun berada. Terima kasih atas berkenannya hadir di blog bangek nihan.



tips dan trik : Cara mengawetkan daun pandan dan cara agar daun pandan selalu tersedia

10 comments:

  1. Terimakasih tips cara menyimpan daun pandan,kak.
    Mamaku juga sering simpen ke dalam kulkas. Jadi awet dan kulkas pun jadi wangi, ilang apeknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk daun pandan biar tetap segar cara paling umum disimpan di lemari pendingin/kulkas

      ya sama-sama

      Delete
  2. Habis dari dipetik tanpa akar emang bisa ditanam ya ummi? Blm nyoba klo tips ini. Siapa tau bisa tumbuh, jd g usah mnta lagi klo butuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. daun pandan tanpa akar tidak bisa ditanam, tapi di simpan di lemari es

      Pandan yang ada akarnya yang ditanam, kalau tumbuh daun pandan selalu tersedia

      Delete
  3. Dengan cara ditanam saja
    Itu yang saya suka
    Sebab jika butuh tinggal petik daunnya

    Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia sist saya juga memilih ditanam
      Alhamdulillah tetangga bisa ikut menikmatinya
      hehe

      Delete
  4. kalau saya lebih memilih ditanam di pekarangan rumah daripada tips lainnya karena namanya pohon pandan suka akan air dan akan semakin bertambah banyak daunnya jika pasokan airnya melimpah ruah

    Kalau tidak ditanam, mungkin dengan cara menaruhnya di tempat cucian agar tidak menjadi layu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tumbuhan pandan suka akan air dan perawatannya pun tidak sulit, sebaiknya memang di tanam
      cara ini cukup ampuh mengatasi kesulitan mendapatkan daun pandan dan bisa membantu orang lain yang mjngkin membutuhkannya

      Delete