Bangek Nihan

Blog berbagi tips menarik dan beragam informasi

Friday, April 20, 2018

Cara Menanak Nasi dengan Cara Menyiram

Alhamdulillah menurut kalender Ummi hari ini kita umat muslim sudah memasuki hari ke-4 di bulan Sya'ban 1439 H bertepatan pada hari Jum'at tanggal 20 April 2018, bulan Ramadhan semakin dekat semoga kita diberi umur panjang dan sehat sehingga kelak perjumpaan dengan bulan Ramadhan kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan sempurna aamiin ya Allah.

Kali ini Ummi ingin share sesuatu yang sederhana seperti biasanya yang Ummi dapat saat menghadiri acara bebantu di rumah tetangga yang akan menyelenggarakan pesta pernikahan, yaitu cara menanak nasi dengan cara menyiram.

Ternyata cara ini yang banyak dipilih banyak orang untuk menanak nasi dalam jumlah banyak. Teknik ini digemari karena bisa memperkecil kemungkinan nasi yang dimasak hangus atau gosong, ini menurut mereka yang biasa menggunakan cara menanak nasi dengan teknik menyiram.

Menanak nasi dengan cara menyiram juga digemari juga karena bisa langsung masak banyak tanpa harus sering-sering mengaduk nasi yang dimasak. Menanak nasi dengan cara menyiram juga kecil kemungkinan nasi lembek atau benyek karena terlalu banyak air, kembali penuturan dari mereka demikian.

Ummi mendapatkan info cara memasak nasi dengan cara menyiram ini saat bebantu di tempat tetangga yang sedang menyelenggarakan pesta. Ummi sempat tanya-tanya langsung dengan orang yang mendapat tugas menanak nasi. Tugas memasak nasi biasanya diserahkan khusus pada satu sampai tiga orang, jadi mereka ini tidak mengerjakan yang lainnya selain masak nasi saja ya pastinya ada uang jasa sesuai kesepakatan antara pemilik pesta dengan mereka yang bertugas menanak nasi.

Meskipun menanak nasi dengan menyiram ini termasuk simpel dan sangat digemari saat ada hajatan mungkin, tetap saja harus hati-hati mengingat nasi yang dimasak langsung cukup banyak, ada baiknya Ummi share di blog ini agar bisa mendapat info bagi yang ingin menanak nasi dengan cara menyiram namun belum tahu caranya, mau nggak ya? Ok buat yang mau aja ya, ... yang tidak membutuhkannya silahkan abaikan saja tidak apa-apa.



Begini cara menanak nasi dengan cara menyiram, cek yuk, bagi yang ingin tahu atau sekedar menambah wawasan saja.

1. Siapkan air panas

Pertama kita butuh air panas sebaiknya yang sudah mendidih ya. Air panas yang kita butuhkan bisa disesuaikan dengan berapa banyak beras yang akan di masak. Semakin banyak nasi yang akan di masak semakin banyak pula air panas yang kita butuhkan nantinya. Jadi rebus dulu air dalam dandang atau panci ya bun.

2. Mengukus nasi

Beras yang sudah di cuci kita tiriskan. Kemudian siapkan dandang dengan air untuk mengukus lalu jerangkan pada api dan biarkan air mendidih. Setelah air mendidih masukan beras yang sudah ditiriskan tadi ke dalam dandang.

Harus diingat ya!!!!

Mengisi dandang dengan beras tidak boleh sampai penuh sisakan bagian kosong untuk mengisi air siraman nanti.

3. Saat penyiraman

Tunggu sampai beras yang dikukus tadi memadat. Untuk pengujiannya bunda bisa menekan bagian atas nasi yang dikukus tadi bila sudah terasa padat alat penekan tidak masuk ke dalam nasi itu bertanda nasi sudah memadat nah ini saatnya penyiraman dengan air panas yang sudah kita siapkan tadi. Siram nasi sampai airnya setinggi nasi yang kita kukus tadi. Posisi tetap di atas perapian tungku atau kompor ya bun.

Bila beras termasuk beras yang butuh banyak air boleh dilebihkan airnya lebih kurang dua sampai tiga ruas jari tangan orang dewasa (tergantung jenis berasnya), setelah itu tutup hingga rapat dan biarkan mendidih sampai air diserap oleh nasi yang ditanak tadi.

3. Saat mengaduk

Setelah air sat atau terserap oleh nasi boleh dirasakan untuk mengira-ngira apakah air siraman dirasa cukup bila dirasa kurang boleh ditambahkan, tapi ini sangat jarang terjadi. Bila memutuskan tidak menambahkan air karena dirasa cukup dengan tanpa tambahan air lagi, ini saatnya mengaduk nasi. Tujuan dari mengaduk nasi setelah air sat atau kering adalah agar nasi matang sempurna, setelah di aduk lalu tutup rapat kembali dandang penanak nasi dan biarkan hingga matang atau benar-benar tanak.

Penting diperhatikan dari awal menanak nasi dengan teknik menyiram adalah jangan sampai air dalam kukusan atau dandang penanak nasi sampai kering, bila ini terjadi nasi bisa gosong dan bau hangus pada nasi, jadi pastikan agar dandang terisi air dari awal dengan secukupnya ya bun.

Nah mudahkan menanak nasi dengan teknik menyiram. Untuk praktek bisa juga loh masak nasi dengan jumlah sedikit, misalnya setengah atau satu kilo beras, rasakan sensasi pengalaman pertama bunda menanak nasi dengan teknik siram ini.



Demikianlah informasi untuk hari ini semoga bisa berguna untuk siapapun yang membutuhkan informasi sederhana ini. Sampai jumpa di sharing Ummi Hanni esok ya, in syaa Allah.
Salam hangat dan bahagia selalu.

tips dan trik : cara menanak nasi dengan cara menyiram

16 comments:

  1. Unik juga tehnik penyiraman air dalam memasak nasi ini,kak.
    Ntar kukasi tau infonya ke mamaku ya buat dipraktekin.

    Terimakasih infonya,kak.

    ReplyDelete
  2. memerlukan kemahiran yang tinggi untuk memasak cara ini..

    kalau guna masak guna periuk elekrik agak senang juga la

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu sebabnya ada yang khusus mengerjakannya dan ada uang jasanya juga

      masak periuk elektrik tentu lebih mudah, tapi di kampung cara ini kurang disukai

      Delete
  3. Dikampung saya juga seperti itu teknik menanak nasi saat hajatan. Sebenarnya air panas siraman itu fungsinya agar beras bagian atas tidak mengeras. Bisa matang bersamaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi penggunaan air panas itu bukan tanpa alasan ya

      ya umumnya di kampung masih memggunakan cara ini

      Delete
    2. betul sekali, sebab kalau mengandalkan uapan air panas dalam dandang, sulit atau lama menembus permukaan atas nasi.

      Delete
    3. Oh gitu
      Ternyata Mas Djangkaru lebih paham dengan hal ini

      terima kasih banget loh sudah berkenan menambahkan informasi inj

      Delete
  4. jaman sekarang ada rice cooker
    tapi cara lama lebih ebak nasinya ketimbang pakai rice cooker yang terkadang nasinya masih kurang matang

    ini seperti beras dikaron terlebih dahulu kemudian dimasukkan ke dandang dan tunggu 20 menit maka jadilah nasi yang lezat

    tak semua orang mengetahui cara lama ini, harus dishare biar dikenal karena sekarang hari Kartini.

    Selamat Hari Kartini semuanya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sekarang sudah banyak pilihan yang praktis

      Tapi Tante ku yang pengusaha katring lebih suka menanak nasi dengan cara menyiram ini
      Beliau menggunakan dua kompor gas khusus dan dua dandang untuk memudahkan saat menanak nasi

      Ya selamat hari Kartini untuk semuanya juga

      Delete
  5. Sangat menambah pengetahuan &engah ilmu, thanks ummi hani

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah dapat info yang bermanfaat, bener ummi memang ada orang yang ahli dalam melakukan menanak nasi dengan cara seperti ini. Mamakku kalo ada hajatan selalu manggil tetangga yg bisa masak nasi cara lama dan aq masih penasaran pengen bisa praktekin. Terima kasih ummi

    ReplyDelete
  7. Cara tradisional, tapi masih banyak yang masak dengan cara ini biasanya hajatan

    ReplyDelete