Bangek Nihan

Blog berbagi tips menarik dan beragam informasi

Friday, May 11, 2018

Kewajiban Seorang Blogger



Apa kewajiban seorang blogger? Kalau kata kang Djangkaru Menjadi Blogger yang Ramah itu Kewajiban, hem apa saja yang beliau katakan? Silahkan berkunjung ke blog beliau obati rasa ingin tahumu dan jangan biarkan rasa penasaran mengganggu pikiranmu sehinga tidur tak nyenyak makan pun tak enak.

Mengapa dan apa sebabnya blogger ramah itu menjadi kewajiban. Setiap blogger punya keunggulan masing-masing. Admin-admin blog juga punya tujuan yang berbeda-beda dalam mengelola blognya. Nah! Agar kamu bisa mendapatkan kejelasan yang lengkap yang tak lebih dan tak kurang apasih yang beliau katakan sebaiknya kamu segera berkunjung ke blog kang Djangkaru. Kamu tidak perlu takut dan sungkan meski beliau terkesan pendiam (sok tahu ni ye ....), tapi beliau ramah kok. Kalau tak ramah mana mungkin dia berani membuat artikel yang mengatakan kewajiban yang dimiliki seorang bloger salah satunya adalah ramah.

Tulisan ini sudah pasti terinspirasi dari tulisan sang master Djangkaru Bumi. Seorang blogger salah satunya berkewajiban untuk bersikap ramah, lalu apa lagi yang menjadi kewajiban seorang blogger :

1. Menulis

Menulis adalah kewajiban seorang blogger, menuangkan segala macam ide dan kreativitas kedalam sebuah tulisan itu adalah kewajiban bagi seorang bloger. Terlebih lagi bagi kamu yang mempunyai cita-cita dan impian besar untuk menjadi seorang blogger yang sukses memiliki banyak artikel. Terlepas kemampuan kamu untuk menerapkan tekhnik SEO (Search Engine Optimization) ke dalam tulisan-tulisanmu yang pada intinya kamu wajib menulis. Tanpa menulis di blog apa yang akan kamu sajikan untuk blog kesayangan yang kamu kelola.

Kalau berkunjung ke rumah seseorang, mungkin rumah teman kamu akan mendapat sajian, seperti minuman dan cemilan ringan atau mungkin sekedar ngobrol ringan.

Nah, blog ada yang mengibaratkannya sebagai rumah. Bila demikian adanya layaklah ada sajian di rumah tersebut.

Apa sajian yang bisa disuguhkan di blog? Sudah tentu sebagian besar tulisalah yang bisa disajikan di blog. Kamu bisa menentukan tulisan yang sesuai dengan style mu, baik itu cerita fiksi, puisi, resep-resep, yang pasti bentuk sajian tulisan sesuai dengan kemampuanmu agar kamu tidak merasa terbebani dan membuatmu bingung atau kehabisan bahan yang akan kamu sajikan di blog kesayanganmu.

2. Jangan merasa lebih unggul

Ngeblog sebagai sarana belajar menambah pengetahuan dan mengasah kemampuan, seorang blogger wajib memiliki sifat ini, yaitu jangan merasa unggul dari orang lain karena setiap orang punya keunggulannya masing-masing. Kalau kamu merasa ada teman yang lebih unggul darimu, jadikan dia sebagai penyemangat agar kamu bisa terus berbenah dan meningkatkan kemampuanmu.

3. Jangan saling ganggu

Wajib Jangan saling ganggu, sesama pemilik blog adalah teman. Masalah rezeki sudah ada yang mengatur. Rezekimu tak akan tertukar apalagi salah alamat. Kelola saja blog kita dengan baik. Kalau ada yang bertanya dan meminta bantuan jawablah dengan baik, kalau tak bisa membantu katakan pula dengan baik. Bahkan kalau tidak bisa membantu dan kamu tahu tempat bertanya yang bisa menjadi solusi dari pertanyaannya kamu bisa sarankan padanya. Dari pada saling ganggu lebih baik saling bantu.

4. Menjalin silaturahmi

Pengelola blog bukan tak mungkin orang yang super sibuk, bila ada waktu senggang manfaatkan untuk bersilaturahmi. Silaturahmi dalam media blog bisa saja dilakukan, misalnya lewat kolom komentar yang disediakan oleh pengelola blog. Komentar yang baik akan mendatangkan sambutan yang baik, mungkin saja pemilik blog yang mendapat komentar akan balik berkomentar di blog kamu sehingga terjalin silaturahmi yang baik, kalau pun tidak jangan berkecil hati yakinlah tidak ada yang sia-sia dengan niat baik, bisa saja balasan dari niat baik tanpa kita sadari sudah kita dapatkan, jadi ikhlas saja dan setiap moment blog yang kamu dapatkan adalah pengalaman terbaik yang bisa kamu dapatkan untuk disikapi dengan baik.

5. Nikmati

Menulis adalah kewajiban seorang blogger, mulailah menulis sesuai gayamu agar kamu enjoy mengelola blog. Film terbaik adalah tentang kehidupanmu, namun bukan berarti kamu menulis semua masalah pribadi dalam blogmu sehingga sudah tak ada privasi lagi sebagai prisaimu, bukan begitu bagaimanapun hidup ini butuh privasi. Jangan sampai kamu beberkan semua masalah pribadi di blog nanti bisa jadi bumerang dalam hidupmu.

Menulis akan menjadi asyik bila kita menikmatinya, sambil terus belajar bagian-bagian mana saja yang harus diperindah agar enak disantap renyah bak kacang goreng dan manis bagai kembang gula. Menulislah dan nikmati setiap sensasi kalimat yang kamu rangkai dari kata-perkata. Semakin sering kamu menulis maka akan semakin banyak keajaiban dalam kalimat-kalimat yang kamu buat.

6. Belajar dan niatkan untuk kebaikan

Jangan berhenti untuk terus memperkaya pengetahuan. Semakin banyak kita mengukir kata semakin banyak manfaat yang kita dapatkan. Niatkan untuk kebaikan setiap kamu berbagi tulisan, kita tak selamanya mengembara di dunia yang fana ini. Suatu saat kita akan kembali pada pemilik jiwa dan pengembaraan di dunia fana akan berakhir. Semoga tulisan yang kita buat menjadi salah satu tabungan kebaikan dikehidupan yang kekal kelak.

Selama nafas masih berhembus tak henti kita terus belajar, tentunya tidak sebatas menulis saja yang wajib kita pelajari. Ada banyak hal penting lainnya yang harus wajib kita pelajari. Belajar adalah kewajiban dan ibadah, kewajiban karena tak ada orang yang dilahirkan serta merta pandai menulis, pandai mengaji, pandai bernyanyi. Belajar adalah ibadah, karena dengan ibadah kita meraih kebaikan dunia dan akhirat.

Baiklah,
sahabat Ummi Hani yang baik dan berada dimana saja kewajiban seorang blogger tidak hanya yang tertulis dalam postingan ini saja, yang tidak tertulis pasti lebih banyak lagi ke enam poin tersebut hanyalah sebagian kecil saja. Semoga ada manfaatnya sampai jumpa di postingan Ummi yang akan datang.
Wassallam.

18 comments:

  1. betul, sama kalau diundang juga harus komitmen menyelesaikan kewajiban yang sudah disepakati

    ReplyDelete
  2. Jangan mengganggu, mari kita saling memberi semangat. Intinya punya blog ya harus menulis dan menulis.

    ReplyDelete
  3. Aku bahagia dg teman2 blogger yg ramah2 dan suka ngledek di kolam komentar meskipun kami blm pernah bertatap muka. Semangat berkarya trus ya mbak!

    ReplyDelete
  4. Setuju, Teh. Saling support, saling dukung dan sharing.
    Dan harus juga disyukur. Dalam hal apapun itu, dalam hal bisa kenal dengan blog. Dan niatkan dalam ibadah juga penting, karena apapun aktifitasnya tentu bisa saja dijadikan ibadah, tergantung niatnya.

    Semoga apa yang tertuang dalam tulisan bisa menjadi amal ibadah buat kita semua. Bisa menghibur, membantu dan yang lainnya :)

    ReplyDelete
  5. Sipp mbak setuju...
    saling berkomentar dan blogwalking juga saya rasa perlu banget buat ngejalin Sialturahmi.. syukur syukur bisa kopdar bareng :) nambah seduluran...

    ReplyDelete
  6. Setuju. Cuma point silaturahim yang kurang pada diri saya. Waktu sudah habis untuk jadi 'single fighter' alias membabu buta sendiri di rumah hahahah.....

    Mohon maaf jika saya jarang berkunjung ke blog sesama blogger.

    ReplyDelete
  7. Menulis dan berbagi , 2 hal yang tak terpisahkan. Banyak menulis berarti banyak berbagi , banyak memberi manfaat bagi orang lain

    ReplyDelete
  8. harus saling mendukung terhadap sesama bolgger Indonesia Raya. Jangan sampai terjadi saling sikut, buat apa?
    Wong orang Indonesia sendiri tempat asalnya

    Saling mengunjungi atau silaturrahmi ini sangat berat jika koneksi lemot ditambah blognya kawan kita berat loadingnya

    ReplyDelete
  9. waaaahh.. bagus banged tulisannya..
    untuk yg point ke-2 saya belum pernah kepikiran..
    sesama blogger bisa saling mengganggu juga ya?^^
    maklum saya belum lama nge-blog.. hihi
    semoga saya tidak termasuk orang yg mengganggu.. huhu

    ReplyDelete
  10. Sesama blogger dilarang mendahului, kita teman sejawat. hehehehe

    ReplyDelete
  11. Wah pengen deh punya semangat yg besar kayak mbak umi ini, selain ngeblog bisa jadi alternatif hiburan yg menarik dan menambah wawasan bisa buat nglatih otak juga "katanya" biar gk cepet pikun hehe....

    Dan walaupun cuma maya, tata krama juga selayaknya harus kita jaga.

    ReplyDelete
  12. PR berat buat saya selama jadi blogger mungkin tentang masalah kualitas tulisan. Kadang pengen banget buat tulisan yang berasa punya 'nyawa' dan enak dibaca. Tapi kok ya, nggak gampang. Hehe...

    Tapi dari ngurus blog dan blogwalking, alkhamdulillah bisa dapet banyak manfaat sih. Mulai dari kenal blogger lain, bisa baca dan tau gimana tulisan yang bagus dan enak dibaca, dan yang pasti bisa belajar bagaimana jadi blogger yang baik-sopan-dan tidak sombong seperti yang Kang Djangkaru tulis di blognya :)

    ReplyDelete
  13. nomor satu kayaknya wajib ain ini mbak
    harus dan memang harus menulis melatih jari-jari tangan agar lemas. Manfaatkan selama kita bisa menulis ya menulis

    ReplyDelete
  14. Saling mendukung dan mensupport satu sama lain ya ummi,, agar silaturahmi tetap terjalin.. Jangan putus blogwalkingnya ya ummi.. Sehat selalu ya mi

    ReplyDelete
  15. Betul bangat, menambah silaturrahmi dan berbagi.

    ReplyDelete
  16. nomor 5 blogger itu nikmati, menikmati itu tu...apalagi kalau punya anak kecil nikmat sekali baru nulis sebaris si anak ngajak mainan he,,,

    ReplyDelete
  17. tapi sayangnya, ramai tidak niatannya untuk ke arah kebaikan sebailiknya niat untuk mencari pendapatan sampingan...

    ReplyDelete