Bangek Nihan

Blog berbagi tips menarik dan beragam informasi

Friday, February 24, 2017

Resep Tepung Beras Mudah dan Lezat

Resep Kue Lapis Tepung Beras Mudah dan Lezat

Bahan-bahan:

– Daun pandan 3 lembar
– Tepung sagu 75 gram
– Pewarna makan (sesuai selera)
– Tepung beras 275 gram
– Garam lk 1/2 sendok teh
– Gula pasir 300 gram
– Santan lk 1 liter

Cara membuat kue lapis tepung beras

1. Pertama kalinya rebus santan bersama dengan daun santan dan garam, pastikan rebusan tersebut hingga mencapai titik didih. Apabila sudah mendidih, angkat dan biarkan menjadi hangat.

2. Langkah kedua campurkan antara tepung beras, tepung sagu, dan gula pasir. Aduk-aduk lagi bahan-bahan tersebut hingga tercampur secara merata.

3. Ambil santan tersebut dan tuangkan ke bahan-bahan campuran langkah kedua secara perlahan-lahan sambil diaduk atau diuleni sampai adonannya menjadi encer.

4. Sekarang masuk ke langkah pewarnaan. Bagi adonan tersebut menjadi 3 bagian dan 2 diantaranya diberi pewarna, sedangkan adonan yang satu biarkan polos atau tanpa warna.

5. Selanjutnya siapkan loyang yang telah diolesi dengan minyak atau margarin. Kemudian tuang adonan tersebut kedalam loyang secara merata, kukus hingga mengeras. Lakukan lagi penuangan adonan kedua dan ketiga sampai habis.

6. Langkah terakhir kukus adonan-adonan tersebut hingga matang. Kurang lebih pengukusan tersebut akan memerlukan waktu selama setengah jam. Apabila sudah matang angkat dan dinginkan. Kini kue lapis lezat siap untuk disantap.

Catatan!

saat melakukan pengukusan secara berulang kali, pastikan Anda menuangkan adonan secara teliti dan tunggu hingga mengeras secara sempurna. Karena jika tidak, maka warna kue lapis tersebut tidak akan menjadi indah dan menarik.

Kue Lapis Tepung Beras

Demikian tentang resep cara membuat kue lapis yang istimewa. Menyantap kue lapis disore hari dan ketika suasana dingin katakanlah saat sedang hujan ditemani secangkir teh hangat, tentu akan menambah nuansa harmonis dalam keluarga. Dan anak-anak kita yang ikut menikmatinya juga akan merasa senang dengan kue lapis tepung beras yang mudah dan lezat ini.

1 comment:

  1. Ya ampun, bikin kue lapis lama banget berarti yah. Diulang-ulang gitu. Besok ahhh nyuruh eneng bekasi bikin. Moga aja dia mau. Gw mah bagian ngeliat sama makan doang, hahaha

    ReplyDelete