Bangek Nihan

Blog berbagi tips menarik dan beragam informasi

Tuesday, January 1, 2019

Resep Empek-empek Dos Nggak Pakai Ikan

Resep Empek-Empek Dos Nggak Pakai Ikan, tetap lembut walaupun empek-empek sudah dingin. Sebelum lanjut ke pembuatan Resep Empek-Empek Dos Nggak Pakai Ikan, ummi ingin menyampaikan rasa duka yang mendalam bagi saudara-saudara kita yang terkena Tsunami Selat Sunda yaitu Banten dan Lampung khususnya Kabupaten Lampung Selatan. Semoga korban bencana alam tsunami mendapatkan keampunan dosa-dosanya, mendapatkan ketabahan serta kekuatan dari pemilik alam semesta ini, aamiin.

Sangat sayang melewatkan masa liburan dengan tidak menemani gadis kecil, mengisi liburan asyik juga dengan membuat empek-empek, tapi sedang tidak ada persediaan ikan giling di kulkas, bagaimana ya?

Tenang Ummi akan tetap memberikan cemilan bergizi walau tanpa ikan. Betul sekali cemilan seharusnya tidak hanya asal kenyang namun juga harus memiliki nutrisi baik untuk anak-anak yang sedang dimasa pertumbuhannya.

Empek-empek termasuk cemilan yang sangat digemari dalam keluarga besar Ummi. Empek-empek bahan utamanya adalah tepung sagu dan ikan, tapi kalau sedang tidak punya ikan kita masih tetap bisa membuat empek-empek yang bergizi agar anak kenyang dan sehat karena hanya Ummi, ibu, mama, nyak, mak, bunda, yang cerdaslah yang bisa menyiasatinya.

Liburan kali ini Ummi dan gadis kecil Ummi akan membuat empek-empek yang tidak menambahkan ikan dalam pembuatannya, tapi akan menambahkan rebon dan telur. Telur yang kaya protein ini bisa berperan sebagai zat nutrisi yang baik bagi pertumbuhan buah hati bunda.

Sudah tak sabar ingin tahu Resep Resep Empek-Empek Dos Nggak Pakai Ikan ya? Yuk kita lihat resepnya!



Bahan-bahan:

👉 150 gram sagu (ummi memakai sagu tapioka tani)
👉 250 gram terigu
👉 2 sendok teh garam halus
👉 air panas secukupnya
👉 bila suka boleh tambahkan penyedap rasa
👉 4 siung bawang putih haluskan

Bahan isi:

👉 2 butir telur kocok lepas beri sedikit garam.
👉 rebon yang dihaluskan

Cara buat :

1. Masak air hingga mendidih
2. Terigu, garam, penyedap rasa letakkan dalam baskom kemudian siram dengan air panas hingg rata seperti bubur.
3. Tunggu agak dingin sampai bisa diuleni dengan tangan.
4. Setelah dingin saatnya menambahkan sagu sedikit-sedikit sambil diuleni dengan menggunakan tangan agar terkontrol kelebutan adonannya dan tambahkan satu butir telur.
5. Kemudian Didihkan air untuk merebus beri 2-3 sendok makan minyak goreng.
6. Ambil adonan sedikit lalu bulatkan dan pipihkan beri cekungan pada bagian tengahnya Isi dengan telur yang sudah dikocok lepas kemudian tutup pinggirnya dengan cara di tekan agar rekat.
7. Ambil lagi adonan kemudian isi dengan rebon yang sudah dihakuskan lakukan hingga adonan habis. Kita punya empek-empek isi telur dan isi rebon.
8. Saatnya merebus bola-bola empek-empek kita. Didihkan air beri satu hingga dua sendok minyak goreng kemudian Rebus bulatan empek-empek hingga matang ditandai bulatan mengapung lalu angkat.
9. Tunggu sesaat bulatan empek-empek dingin baru di goreng.

Nah empek-empek tanpa ikan siap disantap dengan cuka.

Cara membuat cuka :

Cabai secukupnya, bawang putih digiling halus. Kemudian rebus air hingga mendidih masukan gula merah (biasanya Ummi menggunakan gula merah aren) dan asam jawa bila tidak ada boleh diganti dengan asam kandis. Masak hingga mendidih hingga menjadi agak mengental.

Mudakan "Resep Empek-Empek Dos Nggak Pakai Ikan" selamat mencoba dan selamat berlibur sekolah.

2 comments: