Bangek Nihan

Blog berbagi tips menarik dan beragam informasi

Thursday, April 26, 2018

Resep Kangkung Tumis Lada Tempe Penyet

Resep Kangkung Tumis Lada Tempe Penyet. Pada umumnya bumbu tumis sayuran hijau menggunakan cabai. Sedangkan tumis kangkung kita hari ini bumbu lada. Mungkin menurut kamu ini hal yang biasa-biasa saja. Ummi menggunakan bumbu lada bukan tanpa alasan melainkan karena pada lada terdapat khasiat yang baik untuk tubuh kita. Selain itu menumis kangkung dengan lada memberikan aroma yang khas pada masakan kita yang tidak kita dapatkan dari menggunakan cabai.

Lada sangat baik ditambahkan pada masakan mampu memberikan rasa hangat pada saat kita mengkonsumsinya dan mampu meringankan kembung pada perut karena cuaca yang dingin.

Lada juga mampu meringankan peradangan pada sendi juga membantu meringankan sinusitis. Merica atau lada juga dipercaya bisa menambah sistem kekebalan tubuh yang menurun karena cuaca dingin. Ummi tidak mengatakan cabai tidak ada manfaat bagi kesehatan, hanya sekedar ingin menunjukkan bahwa lada juga sehat dan cocok untuk bumbu tumis kangkung tempe penyet kita kali ini.

Mengapa Ummi pilih tempe?
Udang dan cumi tentu lebih enak. Ya udang dan cumi juga pavorite Ummi, tapi tempe yang pasti harganya lebih murah, mudah didapatkan dan tetap kaya nutrisi. Ada banyak zat ajaib yang terdapat pada tempe dan sudah tentu sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Kita tetap bisa menyajikan masakan istimewa pada keluarga walau masakan yang berbahan sederhana, terlebih lagi akhir-akhir bulan seperti ini. Sebagai pengelola keuangan rumah tangga harus cerdas menyesiasatinya, tanpa mengabaikan kebutuhan gizi keluarga sesuai dengan judul blog Ummi Hani, yaitu Beragam Bergizi Seimbang Aman dan Tersedia yang disingkat dengan B2SAT. In syaa Allah Ummi share deh pengertian dari judul blog ini sekedar untuk informasi tambahan tidak ada maksud untuk menggurui karena Ummi juga terus belajar tidak ada masalah dari mana pun ilmu itu bisa Ummi dapatkan tak terkecuali dari anak kecil sekalipun.


Kangkung Tumis Lada Tempe Penyet


Mari kita intip resep kita hari ini yaitu : Resep Kangkung Tumis Lada Tempe Penyet. Apa si istimewanya, cek yuk!

Bahan-bahan :

1 ikat kangkung segar
100 gram tempe dipenyet di lumpang batu lalu sisihkan
1 buah tomat ukuran sedang belah menjadi empat bagian

2 siung bawang putih
lada secukupnya sesuaikan selera pedasmu
garam secukupnya
2 siung bawang merah iris tipis
Minyak goreng untuk menumis
Gula putih secukupnya
Penyedap bagi yang suka

Cara membuat kangkung tumis lada tempe penyet ala Ummi Hani :



1. Bersihkan kangkung, potong bagian akarnya, kemudian cuci bersih baru ambil daunnya dan batang kangkung dibelah dua kemudian dipotong-potong lebih kurang dua centimeter. Kita sisihkan dulu.

2. Haluskan bawang putih dan lada.

3. Panaskan minyak goreng di wajan, goreng dulu bawang merah hingga harum masukkan bumbu yang sudah dihaluskan sesaat kemudian masukkan tempe penyet, setelah terlihat merata masukkan kangkung bolak balik seperlunya. Bila ingin agar tumis kangkung agar berair beri sedikit air panas.

4. Masukkan penyedap, Ummi tidak pakai penyedap rasa, tapi menambahkan gula putih dan garam secukupnya, kemudian masukan tomat bolak balik sebentar saja lebih kurang 3-5 menit kemudian angkat langsung pindahkan ke piring saji. Kangkung tumis lada tempe penyet kita jadi deh.
Mudahkan.

Sedkit tips tumis kangkung :

1. Paduan antara gula putih, garam dan jus sayuran yang dikeluarkan oleh sayuran pada saat menumis sudah menghasilkan rasa gurih, jadi kalau kamu termasuk orang yang menghindari penyedap cara ini bisa kamu terapkan.

2. Tumis kangkung bila terlalu lama dianginkan akan berubah warna kehitaman, jadi masaklah tumis kangkung saat mendekati makan. Caranya kamu siapkan saja dulu bahan-bahannya agar lebih mudah saat akan menumis nantinya. Istilahnya dadakan menumisnya.



3. Sedangkan untuk Bagian akar kangkung atau bonggol akar bisa kamu manfaatkan maka kamu akan mendapakan sensasi dari Asyiknya Berkebun Mini di Pojok Halaman dari Limbah Dapur. Silahkan dibaca-baca semoga bermanfaat untuk siapapun.

Demikianlah info dan tips kita hari ini yaitu mengenai Resep Kangkung Tumis Lada Tempe Penyet.

16 comments:

  1. pagi mbak, fotonya dibesarin. jadi laper lihat kangkung ne . heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi jelang siang Mas
      Kurang besar ya hehe
      Boleh dicoba resepnya mas
      Terima kasih untuk hadirnya

      Delete
  2. Replies
    1. kangkung tumis lada tempe penyet memang sedap, silahkan dicoba dulu resepnya

      Delete
  3. Hehehhe, nanti tak cobain. Semangat selalu ya mbak. Ngeblog nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih
      Banyak yang sudah menyemangati alhamdulillah
      semoga bisa terus berbagi

      Delete
    2. aamiin, harus itu mbak. sesama blogger. harus saling mendukung dan menyemangati .

      Delete
    3. alhamdulillah terima kasih banyak untuk dukungan
      juga pada teman-teman lain yang juga sudah menyemangati

      Delete
  4. Makasih resep dan tipsnya loh, kalo butuh resep masakan, blog ini bisa jadi rekomendasi Ummi.. BTW saya juga kurang begitu suka penyedap rasa, mending pakai garem atau gula. Saya follow blognya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama
      kembali kasih
      semoga bermanfaat dan mendapat banyak kebaikan

      Delete
  5. Suka bangat cah kangkung. Resep bunda ummi juga mudah bisa di praktekkan ini mah, biar gak beli mulu.,

    ReplyDelete
  6. Kesukaan saya ini

    Tumis kangkung tempe penyet
    Bikin rasa kenyangku tak awet

    ReplyDelete
  7. Jujur, saya kalau makan ini tanpa pake nasi, hehe :D

    ReplyDelete
  8. Enaknyaa ...
    Mamaku kalo masak kangkung ini, sering kujadiin camilan.
    Ngga pakai nasi.

    ReplyDelete