Bangek Nihan

Blog berbagi tips menarik dan beragam informasi

Thursday, April 26, 2018

Hati hati Kacang Merah Mengandung Racun Fitohemaglutinin


Hati-hati Kacang Merah Mengandung Racun fitohemaglutinin. Selamat datang kembali di blog Beragam Bergizi Seimbang Aman dan Tersedia. Kali ini Ummi mendapat info yang cukup membuat gegana, gelisah galau merana. Waduh! Segitunya ya. Dalam minda Ummi ini tidak aman, jadi harus di share di blog B2SAT.
Ada bisik-bisik nih tentang kacang merah yang konon nengandung racun alami. Kalau sampai keracunan yang disebabkan oleh si kacang merah ini maka akan terjadi mual, muntah, sakit perut sampai diare. Yah Allah serem banget ya. Jangan sampai keluarga dan sahabat yang konsumsi kacang merah ini keracunan itu sangat berbahaya. Fatal sangat akibatnya.
Usut punya usut ternyata si kacang merah ini memang demikianlah adanya. Kacang merah mempunyai racun alami yang disebut fitohemaglutinin. Gejala yang ditampakkan bila keracunan, yaitu akan merasakan mual, sakit perut, muntah dan diare.
Ilustrasi kacang merah kaleng
Ummi aku suka banget dengan kacang merah ini, gimana dong biar aman?
Ummi kacang merah itu kaya nutrisi yang sangat baik untuk tubuh kita, bagaimana caranya agar terhindar dari racun alami kacang merah yang disebut dengan fitohemaglutinin?
Baiklah Ummi share Cara menghilangkan racun fitohemaglutinin pada kacang merah adalah sebagai berikut :
1. Pilih kacang merah

* Kacang merah kering
Kalau kamu memutuskan membeli kacang merah kering maka pilihlah yang masih utuh jangan yang sudah pecah. Perhatikan permukaan kulitnya, kacang merah yang baik adalah yang permukaannya licin . Kemudian dari segi warnanya, warna kacang merah terlihat terang mengkilat. Dan kacang merah kering walaupun kondisi kering tidak kisut atau keriput. Kemudian penting juga diperhatikan tidak ada kotoran yang melekat pada biji kacang. Hal terpenting lainnya adalah kacang merah kering tidak mengkecambah atau bertunas.

* Kacang merah segar dan kacang merah rebus
Memilih kacang merah segar dan kacang merah rebus sama halnya dengan kacang merah kering. Selain itu untuk kacang merah segar dan rebus ada hal penting lain yang tidak boleh luput untuk diperhatikan, yaitu kacang merah rebus yang baik tidak mengeluarkan aroma asam. Saat disentuh tidak licin karena berlendir. Teksturnya empuk.
* Kacang merah kalengan
Ada juga kacang merah yang sudah dikemas dalam kaleng dan kamu bisa mendapatkannya ditoko-toko swalayan dan mini market juga bisa kamu beli di toko pedia. Ada bermacam-macam merk dan harga yang bisa kamu sesuaikan dengan isi dompetmu. Nah kalau kamu memutuskan membeli kacang merah kalengan, sangat penting memperhatikan tanggal kadaluarsanya yang biasanya tertera pada kemasan. Kemudian teliti pula kalengnya kalau penyok lebih baik pilih yang lain saja. Kaleng berkarat lebih baik jangan dibeli ini bertanda kemasannya sudah rusak. Kemasan yang sudah rusak tidak menjamin isi dari kemasan jadi sangat penting teliti sebelum memutuskan untuk membeli. Kemasan bocor dan berdebu ini juga termasuk kemasan yang sudah rusak.
2. Pengolahan
Untuk mendapatkan manfaat yang baik bagi tubuh kita dari kacang merah ini harus diolah dengan benar ada tahap-tahap penting atas perlakuan terhadap kacang merah, yaitu : pencucian, perendaman dan perebusan.
* Pencucian
Cuci bersih kacang merah akan lebih baik gunakan air yang mengalir. Cucilah kacang merah kering hingga airnya jernih. Singkirkan jika ditemui biji kacang merah yang mengambang dan berlubang.
Kacang merah rebus juga mendapat perlakuan yang sama dan cuci hingga kesat.
* Perendaman
Rendam kacang merah kering semalaman, perhatikan agar semua kacang merah terendam sempurna. Kacang merah kering akan mengembang, biasanya hingga dua kali lipat jadi air perendaman harus banyak, bersih dan jernih.
Untuk kacang segar dan rebus kamu hanya butuh merendamnya satu sampai dua jam saja sebelum berlanjut pada perebusan.

* Perebusan
Setelah melewati pencucian dan perendaman tiba saatnya kamu merebus kacang merah. Untuk merebus kacang merah ikuti step-step berikut ini :
- Rebus dulu air hingga mendidih, kemudian masukkan kacang merah yang sudah bersih. Pastikan kembali kacang merah terendam sempurna dalam air rebusan. Rebus hingga empuk. Selalu perhatikan bila air mengering dan kacang merah belum empuk atau matang kamu harus menambahkan air panas pada rebusan. Kacang merah matang ditandai dengan cara menekan biji kacang bila kacang merah tidak kranji lagi atau tidak renyah lagi dan hancur saat di tekan ini berarti kacang merah sudah matang.
- Angkat kacang merah matang kemudian tiriskan siram dengan air dingin. Saatnya kamu mengolah aneka masakan dengan bahan kacang merah yang aman dan sehat.
- Ummi aku lebih suka merebus kacang merah dengan presto atau panci tekan, tentu saja boleh silahkan gunakan panci tekan.
Demikian cara menghilangkan racun alami fitohemaglutinin pada kacang merah. Kalau kamu ikuti tips di atas kamu tak perlu cemas lagi dengan bisik-bisik Hati-hati Kacang Merah Mengandung Racun fitohemaglutinin. Setelah mengetahui cara merebus kacang merah supaya aman dari racun kamu juga ingin tahu cara praktis merebus kacang hijau agar tidak merusak nutrisinya hemat bahan bakar dan cepat lunak.
Ok selamat membaca dan semoga kita terlindungi dari semua yang membahayakan kesehatan tubuh kita dan keluarga kita, aamiin.






























22 comments:

  1. kacang memang enak dimakan jika sudah direbus
    kagak tahu jika yang merah ada racunnya, tapi syukurlah bisa dihilangkan dengan mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bisa dihilangkan dengan cara pengolahan yang benar

      Delete
  2. cara merendam semalam bisa mengurangi racun di kacang karena racun akan perlahan-lahan larut dalam air rendaman

    ReplyDelete
  3. jadi keingat es kacang merah nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kacang merah memang enak dibuat es, bahkan ada yang menyebutnya kacang es

      Delete
  4. wah.. ternyata prosesnya g instan ya..
    saya mah tinggal makan aja.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya untuk menghilangkan racun alami fitohemaglutinin pada kacang merah

      Delete
  5. Halo umi salam kenal yaaaa.. salam blogger juga yaaa... pantesan banyak banget yang suka bilang kacang merah mengandung racun, makanya bumil kan suka takut yaa kalau konsumsi yang begtu.. Tapi makasih sharenya yaaa kak.. Snagat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya halo juga salam kembali senang dengan kehadiranmu, oh bumil ya say, hem selamat ya
      ya hati-hati demi kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan

      Delete
  6. Ternyata mengandung racun, saya suka yang masih segar. Kalau masak dirumah, tahapannya hanya cuci dan rebus, jadi deh sayurnya. Belum pernah direndam sampai semalaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banyak artikel yang menyebutkan
      alhamdulillah terlindungi,
      racunnya takut dengan kang Djangkaru 😊

      Delete
  7. Oh,aku baru tau kalau kacang merah punya zat racun alami,kak ...
    Beruntung selama ini aku ngga pernah kena efek racunnya, aku sering banget makan sop kacang merah karena makanan ini salah satu makanan khas kotaku.
    Peninggalan resep jaman VOC dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah
      semoga selalu terlindungi ya

      oh gitu ya, yang khas biasanya memang cocok di lidah ya hehe
      terima kasih

      Delete
  8. Hemm, ternyata mengandung racun yaa ... padahal saya suka sekali dengan es kacang merah. Jadi ngeri2 sedap untuk konsumsi es kacang merah selanjutnya. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Racun alami fitohemaglutinin pada kacang merah bisa dihilangkan dengan cara pengolahan yang benar

      daya tahan tubuh seseorang tidak sama, itu kang Djangkaru mengarakan tanpa melewati tahapan di atas utk konsumsi kacang merah
      namun lebih disarankan berhati-hati

      Delete
  9. Ooh...gua kira nggak bisa dimakan lagi, tapi kalau diolah secara benar bakalan mantapp hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mencegah lebih baik dari pada mengobati
      lebih baik diolah dengan benar dari pada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan
      kacang merah memang mantap rasa dan kandungan gizinya
      salam sehat selalu

      Delete
  10. beberapakali pernah makan kacang merah ini tapi gak tau kalo ternyata mengandung racun, tapi sejauh ini gak terjadi apa-apa pasa makan kacang merah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah terlindungi, banyak yang belum tahu hal ini, semoga sehat selalu ya

      Delete
  11. Kacang ini sering jadi cemilan keluarga ternyata perlu diwaspadai juga hati hati ya jangan asal makan.

    ReplyDelete
  12. aku jadi keinget kuliah kimia bahan alam dulu
    PHA ini salah satu lektin (karbohidrat yang tertaut pada protein) dari tanaman
    emang kodratnya untuk adaptasi tanaman tsb
    yang penting perebusan dilakukan secara kontinyu agar ikatan dipeptidanya bisa terurai

    ReplyDelete