Bangek Nihan

Blog berbagi tips menarik dan beragam informasi

Monday, April 30, 2018

Cara Praktis Mengawetkan Cabai Agar tidak Busuk


Cara praktis mengawetkan cabai agar tidak busuk. Kembali hadir di blog B2SAT. Kali ini Ummi Hani ingin berbagi cara praktis agar cabe tidak cepat menjadi busuk.

Sebagian orang makan tak ada rasa pedas akan merasa hambar tak berselera, tak nikmat bahkan ada yang bilang "makan kalau tak ada rasa pedas tak kenyang rasanya." Ini menunjukkan keberadaan cabai menjadi suatu yang cukup penting keberadaannya dalam dapur kita.
Meskipun ada juga yang tidak begitu suka pedas. Tapi, untuk mengetahui cara mejadikan cabai awet dan selalu tersedia bukan suatu larangan loh. Jadi buat yang tidak suka pedas boleh tahu juga hal ini apa lagi bagi yang suka pedas. Umumnya orang Indonesia suka pedas.
Ibu dan Ummi yang cantik, ada kebiasaan dari sebagian Ummi atau Bunda atau kaum wanita dewasa umumnya, yaitu pada saat cabai murah membeli agak banyak si cabai ini, katanya, "mumpung murah, ah beli cabai agak banyak buat stok." Ada juga yang bilang "beli cabai agak banyak untuk persiapan bulan Ramadhan dan Hari Raya." Dan masih banyak lagi alasan lainnya yang sudah tentu demi memenuhi keperluan, kebutuhan juga untuk membuat senang bagi anggota keluarganya.
Tapi sayangnya cabai yang dibeli tidak bertahan lama atau tidak awet sudah busuk dan tidak bisa digunakan lagi akhirnya mubazir tuh cabai. Nah untuk menghindari mubazir ini Ummi Hani lewat Blog Beragam Bergizi Seimbang Aman dan Tersedia (B2SAT) ingin berbagi sedikit ilmu yang Ummi dapat dari blog tetangga dan pengalaman pribadi Ummi sendiri, mungkin saja sharing di blog Ummi Hani bisa membantu dan bermanfaat untuk pembaca yang sudah tentu bagi yang membutuhkan cara membuat awet cabai agar tidak cepat membusuk dan terbuang begitu saja.

Cara Praktis Mengawetkan Cabai Agar Tidak Busuk dengan tiga metode, yaitu :
1. Menyimpan cabai dengan kondisi cabai segar utuh
Pisahkan cabai yang masih berwarna hijau dengan cabai yang sudah matang. Buang cabai yang sudah tidak terlihat segar, mendekati busuk dan kondisi tidak bagus lagi ini untuk menghindari penularan pada cabai yang masih dalam kondisi baik. Cuci bersih cabai kemudian tiriskan untuk menghilangkan sisa-sisa air hasil pencucian. Kemudian siapkan kantong plastik kecil-kecil atau wadah yang ada tutupnya sesuaikan dengan ukuran cabai yang akan digunakan sekali pakai habis. Masukkan cabai ke dalam kantong plastik atau wadah yang sudah kita siapkan sesuai dengan warna cabai (yang masih hijau dalam satu wadah dan yang sudah matang dalam satu wadah hindari pencampuran keduanya) kemudian tutup rapat. Simpan kantong plastik berisi cabai ke dalam lemari es atau frezer. Saat akan menggunakan cabai ambil satu wadah atau satu kantong plastik cabai dan habiskan.
2. Menyimpan cabai dengan cara menghaluskannya atau menggilingnya terlebih dahulu.
Cara ini paling Ummi sukai karena tidak repot lagi saat akan menggunakannya. Ambil cabai yang masih dalam kondisi baik dan pisahkan sesuai dengan warnanya. Cuci bersih cabai dan tiriskan hingga air sisa pencucian benar-benar hilang. Kemudian giling cabai tadi sesuai dengan warnanya (banyak penggilingan cabai di pasar atau kalau bisa menggiling dengan tangan dan lumpang batu ini lebih bagus dan lebih awet, biasanya di kampung-kampung ada jasa giling cabai tradisional yang manual menggunakan lumpang batu. Perbandingan harga jasa penggilingan dengan lumpang batu memang lebih mahal bila dibandingkan dengan jasa penggilingan dengan menggunakan mesin. Tambahkan garam pada cabai giling.
Kemudian untuk mengurangi kadar air dari cabai giling gongseng cabai giling dalam kuali boleh dengan atau tanpa minyak sesuaikan dengan kebutuhan. Lalu masukkan cabai giling yang sudah digongseng ke dalam kantung-kantung plastik atau wadah plastik atau toples-toples kecil yang bisa ditutup rapat setiap wadah untuk isinya disesuaikan untuk sekali pakai habis untuk menghindari sisa, karena sisa cabai setelah digunakan tidak awet lagi kalau disimpan. Simpan wadah cabe di dalam frezer.



3. Menyimpan cabai dengan mengeringkan
Ummi aku nggak punya kulkas nih gimana dong?
Baiklah sayang Ummi di Blog B2SAT akan memberikan solusi. Tentu kamu tetap bisa menyimpan cabai agar tidak busuk jangan berkecil hati selalu ada solusi kok. Begini menyimpan cabai bila belum sempat punya kulkas, tapi punya cabai yang banyak. Seperti biasa kita tetap harus memilih cabai yang masih dalam kondisi baik. Cabai yang sudah mendekati busuk pisahkan saja. Cuci bersih cabai kemudian letakkan dalam tetampah atau tampah kemudian dianginkan atau dijemur langsung di bawah trik matahari. Setelah cabai benar-benar kering simpan dalam wadah tertutup. Kamu bisa juga menyimpannya setelah digiling dulu menjadi bubuk cabai, ini sangat praktis saat akan menggunakan tinggal menaburkan pada masakan. Untuk cabai kering utuh saat akan menggunakan ambil cabai sesuai kebutuhan rendam sebentar siap untuk digunakan.
Semoga saja tips Cara praktis mengawetkan cabai agar tidak busuk yang Ummi bagikan di blog B2SAT hari ini ada manfaatnya dan bisa menjadi solusi untuk Ummi yang lainnya dimanapun berada.

24 comments:

  1. Kalo dikeringkan memang bisa awet dan rasanya lebih pedas, cuma bobotnya jadi berkurang ya ummi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung rongdonya kang Agus..😂😂

      Delete
    2. Ya sudah tentu beratnya menyusut karena sudah mengalami proses pengeringan

      Delete
    3. Waduh, kok kang Satria nyasar kesini ummi.😂😂😂

      Delete
  2. Waahh!!tips menarik nih ummi tentang cara mengeringkan cabai...aku save yaa!!..

    Memang membuat bumbu lebih asik menggunakan yang alami yaa!! Ketimbang bumbu sacset atau saus yaa! Ummi..😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mas semoga bermanfaat,
      Yang alami kadang butuh mengalami proses terlebih dahulu sebelum digunakan
      yang sachet tinggal buka bungkusnya bisa langsung
      digunakan, tergantung selera dan kebutuhan saja

      Delete
    2. Biar lebih awet lagi cabenya taruh di penyimpanan yang alami kang Satria yakni perut.😁😀

      Delete
  3. Sampai saat ini ga kepikiran kalau cabe mending sekalian digiling terus masukin ke kulkas yaa.. Biasanya suka gak kepake tau2 busuk semua huhuh sedih.. Makasih sharenya ya ummi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, sebainya membeli sesuai kebutuhan saja tapi adakalanya kita ingin selalu tersedia di rumah
      apalagi bagi yang sibuk biasa belanja nunggu hari libur hehe
      ya sana-sama

      Delete
  4. Iya ya cabe itu gampang busuk
    Lebih baik di keringkan dan dijadikan busuk
    Jika mau masak tinggal aduk-aduk

    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya dijadikan bubuk cabe ya biar praktis dan awet

      Delete
  5. Betul bngat, ibu ku juga sering jemur cabe di kampung. Biar gak cepat busuk katanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang tua kita pasti lebih berpengalaman
      kebanyakan mereka lebih banyak solusi untuk masalah bahan-bahan dapur agar selalu tersedia di rumah

      Delete
  6. Kalau saya lebih suka ditaruh difrezzer, lebih praktis. Kalau beli cabe tidak perlu banyak-banyak ,secukupnya saja. kira-kira habis dalam satu hari. Kalau cabe sudah dikeringkan, rasanya gimana gitu. Kurang sedap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya begitu ya, setiap individu pasti punya cara masing-masing juga keinginan atau selera yang tak sama
      hehe

      Delete
  7. cabe busuk itu bisa menuluar ke kawan-kawannya yang masih bagus. Yang sakit dia kok menularkan ke teman lainnya si cabe ini ya. Bukan hanya cabe saja namun bahan lainnya juga berlaku demikian.

    Cara nomor satu lebih praktis dan mudah, tinggal memasukkan cabe ke dalam kulkas bahkan ke freezernya biar awet beberapa hari mendatang. Tapi jangan lama-lama menympannya karema kulkas ada yang tidak auto dengan hilangnya bau

    untuk cara yang lain seperti dengan menumbuknya agar menjadi bubuk cabe, terlalu lama pengerjaannya. Pada umumnya orang enggan melakukannya kecuali kalau memang untuk dijual dan bernilai uang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ada semacam penularan penyakit gitu
      Silahkan ingin mengawetkan dengan cara yang paling disukai saja

      Delete
  8. kalo saya biasanya nyimpan pake tissu, jadi di taruh di wadah kemudian dikasih alas dari tissu, lumayan bertahan sampe 5 harian.., hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga gunakan cara ini, bahkan sayuran yang lainnya juga saya pernah bungkus dengan tisue sebelum disimpan di kulkas

      Delete
  9. Jemur cabe jadi kering biar awet belum pernah dipraktekin mamaku.
    Coba ntar kukasi tau caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini termasuk cara klasik gaya nenek zaman dulu hehe
      lebih praktis lagi kalau dijadikan bubuk cabe

      Delete
  10. tapi sebelum itu, mahu dapatkan cabai yang segar memang sukar. tambahan pula para penjual meletetakkan cabai yang sudah layu disebelah atas. manakala yang segar disimpan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita harus ekstra hati-hati kadang ada juga penjual yang demikian

      Delete
  11. Sip dirumah kalau ga makan pedes ada yang kurang, tips mengawetkan cabai ini perlu diketahui nih biar bisa terus makan pedes karena cabainya stoknya selalu ada karena sudah diawetkan.

    ReplyDelete