Bangek Nihan

Blog berbagi tips menarik dan beragam informasi

Tuesday, April 24, 2018

Cara Mudah dan Alami agar Warna Hijau Sayuran Tetap Cantik Setelah Dimasak



Cara alami dan mudah agar warna hijau sayuran tetap cantik setelah dimasak. Selamat datang di blog B2SAT. Semoga hari-harimu menyenangkan selalu. Ummi izin tanya dulu ya sekedar pemanasan saja, santai saja tak perlu merasa cemas ini bukan UAS, hehe .... Pernahkah kamu perhatikan warna hijau daun sayuran yang telah dimasak? Kalau ia, tentu kamu bisa membedakan ada warna yang hijau segar juga terang cantik dan ada pula warna hijau gelap agak hijau kehitaman. Kamu suka yang mana? Tentu saja yang cantik ya. Tahukah kamu cara mendapatkan warna hijau segar pada sayuran setelah dimasak secara alami itu?

Nah kali ini Ummi sangat ingin berbagi informasi yang sangat sederhana ini, harapan Ummi kamu dan Ummi bisa mendapatkan manfaat dari postingan yang biasa-biasa saja ini dalam artian bisa saling menguntungkan yang istilah lainnya mutualisme.

Menurut info yang pernah Ummi baca mutualisme adalah saling. Jadi kalau kamu jumpa kata Simbiosis Mutualisme itu artinya interaksi dua makhluk hidup yang saling menguntungkan. Apa hubungannya Ummi? Kamu baca postingan Ummi lalu tinggalkan komentar nanti Ummi balik berkunjung ke blog kamu juga membaca postingan kamu lalu tinggalkan komentar. Semoga cara ini bisa menguntungkan kita sesama pemilik blog. Dah sampai disitu aja pembukanya ntar terlanjur ngambek! Hehe ....

Ummi aku ini cowok nggak suka masak! Cowok tidak masalah dan tidak perlu suka masak juga toh ini adalah info yang mungkin bisa kamu bagikan pada siapa yang mungkin membutuhkan 😊😊😊🙏🏻 Oh ya banyak loh cheff cowok ternama. Masak itu bukan pekerjaan mutlak cewek kok.

Ayo kita mulai ke topik kita hari ini, yaitu : Cara alami dan mudah agar warna hijau sayuran tetap cantik setelah dimasak.

1. Pilih sayur yang masih segar

Untuk mendapatkan sayuran yang berkwalitas sudah barang tentu kita harus memilih sayuran yang masih segar bukan sayuran yang sudah layu biasanya ditampakkan pada warna daun yang kekuningan. Daun sayuran apa tuh Ummi? Banyak contohnya seperti, daun bayam, daun kangkung, daun sawi dan masih banyak lagi sayuran daun lainnya.

2. Cuci sayuran dengan benar

Ini sangat penting untuk diketahui, sayuran yang segar dan berkualitas bila tidak dicuci dengan benar bukan tak mungkin nutrisinya akan hilang. Jadi perlu benar-benar diperhatikan saat mencuci sayuran seperti yang Ummi sebutkan di Cara Mencuci Sayuran Agar Tetap Terjaga Nutrisinya kamu bisa dapat informasinya dengan lengkap disitu.

3. Didihkan dulu airnya

Nah ini yang sangat menentukan agar sayuran hijau tetap berwarna hijau cantik, yaitu : kamu harus rebus dulu hingga airnya mendidih, setelah dipastikan airnya benar-benar mendidih baru kamu masukkan sayuran hijaunya. Air untuk merebus sayur juga harus disesuaikan dengan banyaknya sayuran usahakan sayur yang kita rebus tenggelam di dalam airnya. Sayuran yang tidak terendam dengan sempurna akan berwarna kehitaman nantinya.

4. Jangan terlalu lama

Rebus sayuran hijau tidak perlu terlalu lama kita hanya menunggu airnya mendidih kembali setelah sayuran dimasukkan bolak-balik seperlunya lebih kurang tiga hingga lima menit segera matikan kompor atau angkat panci yang digunakan untuk merebus atau memasak sayur kemudian segera pindahkan kemangkuk saji. Jangan biarkan sayur tetap di dalam panci karena pemanasan akan terus berlangsung sampai panci dingin meskipun sudah tidak di atas api atau kompor. Pemanasan sayuran yang terlalu lama akan membuat warna hijau menjadi hijau gelap dan sudah tentu merusak nutrisi baik yang ada pada sayuran.



Wah ternyata mudah banget ya caranya, jadi didihkan dulu airnya baru masukkan sayurannya tunggu hingga mendidih kembali sebentar saja dengan waktu lebih kurang tiga hingga lima menit kemudian angkat dan sajikan.



Kalau tumis gimana Ummi? Kalau tumis airnya sedikit saja. Kamu tumis seperti biasa dan jangan terlalu lama segera angkat dari alat penumismu lalu pindahkan di mangkuk saji.



Demikian berbagi cinta hari ini semoga bermanfaat ya. Fii amanillah ( semoga dirimu selalu dalam lindungan Allah Subhanahu Wata'alla ), dan semoga berkah perjumpaan kita di blog B2SAT ini, ... aamiin ya Allah.

Tips dan trik : Cara alami dan mudah agar warna hijau sayuran tetap cantik setelah dimasak.

10 comments:

  1. Ternyata air setelah mendidih baru dimasukin sayurnya ya ummi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya begitu, tinggu air mendidih dulu baru masukkan sayuran yang akan kita rebus

      Delete
  2. Oh, gitu. Kesalahan saya rebusnya terlalu lama nih, Teh..hehe
    Baiknya memang kalau itu nggak usah di tinggal ya, jadi harus ditunggu aja, karena waktu perebusan nggak lama..
    Btw, makasih follownya, dan udah di follback, supaya mudah mengikuti updatan blog ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagusnya begitu jangan disambil BW nanti sayurnya terlalu matang dan warnanya tidak cantik lagi parahnya nutrisinya jadi rusak hehe

      Delete
  3. aku suka tumis kangkung
    tapi pada beberapa waktu aku lihat di penjual kok kayaknya kangkungnya layu amat, dan tidak hijau seperti kankung biasanya kenapa ya itu

    apa mungkin terlalu lama di kulkas(simpanan)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya penjual kangkung membeli dari agen sayur dan bisa jadi sudah menginap dulu baru terjual

      kalau warna daunnya sudah menguning itu sudah tidak segar lagi namanya

      Delete
  4. sayuran juga cantik ya he,,, ya memang kalau terlihat cantik berpengaruh ga orang ga makanan, kalau terlihat cantik menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kadang penampilan bisa saja menipu
      Supaya tak tertipu ada baiknya kita olah sendiri hehe

      Delete
  5. ooo baru faham... terima kasih mbak saya akan cuba praktis di rumah nanti ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan
      semoga bermanfaat
      terima kasih kembali 😊

      Delete