Bangek Nihan

Blog berbagi tips menarik dan beragam informasi

Tuesday, April 17, 2018

Cara Menyimpan Beras yang Benar

Cara menyimpan beras yang benar, sebagian orang mengabaikan cara penyimpanan beras yang baik akibatnya beras menjadi lembab berbau apek dan berwarna kusam. Bila sudah demikian akan mempengaruhi rasa dari beras yang bagus sekalipun.


cara menyimpan beras yang benar

Kemudian bagaimana cara menyimpan beras yang benar? Sebelum kita lanjutkan pada topik yang akan dibahas perlu diketahui bahwa menyimpan beras yang kami bagikan ini adalah untuk skala rumah tangga jadi disini kami bermaksud membagikan cara menyimpan beras untuk stok di dalam rumah tangga atau keluarga. Jadi daya simpan beras tidak melebihi dari dua sampai tiga bulan saja.

Hal-hal yang perlu diperhatikam dalam menyimpan beras adalah sebagai berikut ini :

1. Pembelian

Biasakan membeli beras yang masih baru untuk menyesiasatinya yaitu belilah pada langganan atau tempat biasa kita membeli beras ini untuk menghindari pengoplosan beras lama dengan beras baru.

2. Tempat menyimpan

Usahakan tempat menyimpan beras yang ada tutupnya ini membantu mengamankan beras dari kotoran atau hal lainnya seperti serangga dan binatang pengerat juga melata, misalnya saja tikus, cicak dan lipas (coro).

3. Bersihkan tempat beras dari sisa beras lama

Selalu bersihkan beras sisa dari tempat penyimpanan beras bila akan menyimpan beras untuk stok, maksudnya sisa stok lama hal ini mampu melindungi beras dari kutu (kutu beras) dan ulat beras yang biasanya ditimbulkan oleh beras yang sudah lama.

4. Hindari air

Usahakan tempat beras terletak ditempat yang jauh dari air. Karena bila beras terkena tetesan air sedikit pun bisa merusak beras, yaitu berubah warna, beras menggumpal dan lembab, bila sudah demikian beras akan berbau apek dan menpengaruhi cita rasa nasi yang dimasak nantinya.

Mulai sekarang simpanlah beras stok bulanan dengan benar agar rasa beras saat dimasak menjadi nasi tetap nikmat dam sehat. Nadi yang enak samgat mempengaruhi selera maka seseorang, bukankah demikian? Segera pindahkan beras stok bulanan dari dalam karung ke dalam wadah yang bersih dan tertutup rapat. Beras yang disimpan dengan baik tentu saja akan menjadikan beras tetap segar dan berkualitas serta rasanya tetap enak. Disamping itu menjaga dan menyimpan beras dengan baik sangat membantu menjaga nutrisi pada beras.

Orang-orang zaman dahulu yaitu zaman nenek, biasanya menyimpan beras dalam gentong yang terbuat dari tanah liat ini bukan tanpa alasan, akan tetapi menyimpan beras di dalam gentong tanah liat ternyata mampu menjaga rasa beras dan aroma beras tetap wangi setelah ditanak menjadi nasi. Sekarang sudah sangat jarang didapati gentong dari tanah liat. Sekarang sudah tersedia tempat khusus penyimpanan beras dengan beragam merek. Tentu itu lebih baik hanya saja harus rajin membersihkannya secwra berkala, kalau tidak rutin dibersihkan bisa-bisa kutu beras dan ulat beras akan nyaman bersarang di dalam wadah beras anda. Wadah beras merek apapun tetap harus dibersihkan setiap akan mengisinya kembali, setujukan? Hehe ....

Demikianlah cara menyimpan beras yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat untuk kamu dan juga saya. Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya, in syaa Allah, ... aamiin ya Allah.

tips dan trik : Cara Menyimpan Beras yang Benar

No comments:

Post a Comment