Bangek Nihan

Blog berbagi tips menarik dan beragam informasi

Wednesday, April 18, 2018

Cara Mencuci Beras yang Benar


Cara mencuci beras yang benar


Halo, selamat pagi bunda-bunda cantik. Pagi ini matahari bersinar cerah tampak ada sedikit gumpalan awan hitam malu-malu mendekati hangatnya sinar matahari bak putri hujan yang enggan mendekat karena khawatir menutupi keceriaan bunda-bunda cantik di pagi ini.

Terlihat senyum simpul menghias wajah cantik bunda-bunda cerdas di pagi yang indah ini. Sesekali siul sang burung di pucuk pohon kelengkeng bersautan menambah semaraknya semangat wanita Indonesia menyambut hari yang penuh dengan misteri, hehe .... Sudah siap dengan tantangan hari ini? Atau sudah sibuk dengan tantangan merayu sang permata hati untuk menghabiskan sarapan paginya? Ok apa pun itu hadapi dengan penuh semangat dan percaya diri. Wanita Indonesia yang cerdas adalah wanita yang penuh semangat dan selalu punya kiat untuk setiap tantangan yang bakal dihadapi.

Oh ya, ... hari ini Ummi Hanni ingin berbagi sedikit pengetahuan, semoga bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan, hem, apakah gerangan itu wahai Ummi Hanni? Ingin tahu apa mau tahu banget nih! Hehe, becanda ya jangan marah eh jadi inget hadist indah ini, begini bunyinya "janganlah marah maka surga untukmu." Pasti ingin dong surganya Allah, aamiin ya Robbal'allamiin.

Dah ya basa-basi kita pagi ini saatnya lanjut ke topik utama kita, yaitu : Cara mencuci beras yang benar ala Ummi Hanni, penasaran? Baca yuk, semoga bisa membantu ya.

1. Mencuci beras di air yang mengalir

Maksud dari mencuci beras dengan menggunakan air mengalir disini adalah menggunakan air keran rumah tangga. Caranya masukkan butiran beras dalam wadah yang berlubang-lubang halus, misalnya bakul dari bambu, bakul yang terbuat dari plastik juga ada. Kemudian letakkan bakul yang beisi beras tadi di bawah keran air bersih. Alirkan air ke dalam bakul lalu aduk-aduk bulir beras dan air dengan tanpa mematikan aliran air dan biarkan air cucian beras keluar dari lubang-lubang halus yang ada pada wadah beras tersebut, lakukan perlahan agar tidak mengikis habis kulit ari pada beras. Jangan meremas bulir beras terlalu keras karena akan mengikis habis kulit ari beras. Mencuci beras tidak harus sampai jernih air cuciannya cukup dicuci untuk menghilangkan debu-debu yang mungkin terbawa dalam beras saja. Segera tiriskan airnya lanjutkan untuk di tanak menjadi nasi.

2. Mencuci beras dengan cara membilas

Masukkan bulir beras dalam baskom atau panci atau wadah lainnya. Tambahkan air kemudian remas bulir padi pelan-pelan saja tidak perlu terlalu kuat, kemudian buang air cucian beras dan bilas dengan air bersih, bisa diulang dua kali bilasan kemudian masukkan ke dalam alat penanak nasi.

Bunda cantik dan cerdas saat mencuci beras tidak disarankan meremas beras terlalu kuat agar tidak mengikis kulit ari beras sebagai sumber serat dan sumber vitamin B yang sangat diperlukan oleh tubuh kita.

Membilas beras juga tidak disarankan terlalu sering atau sampai air cucian beras jernih semua itu untuk menghindari habisnya zat-zat yang terbawa atau terlarut dalam air bilasan, begitu bunda. Mencuci beras sifatnya membersihkan beras dari debu-debu yang mungkin melekat pada beras jadi tidak harus mencuci beras hingga air cucian beras jernih.

Bagaimana bun? Sangat mudah dan simpel ya. Demikian sharing hari ini semoga menjadi informasi yang bisa membantu bunda-bunda dimanapun berada ya. Tetap semangat warnai hidup dengan keceriaan selalu sampai jumpa di artikel Ummi Hanni yang akan datang. Selamat pagi!

tips dan trik : Cara Mencuci Beras yang Benar

4 comments:

  1. biasa saya 2 kali bilas aja sih mba :P ada juga ya tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya dua kali bilas cukup bersih
      ada dong buat yang belum tahu

      Delete
  2. biasanya saya pakai yang cara nomor dua mbak
    masak nasi dengan rice cooker
    yang nomor satu takutnya banyak yang lari biji berasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mencuci beras dengan cara membilas lebih umum digunakan karena sekarang banyak yang menanak nasi dengan cara liwet menggunakan rice cooker

      Delete